Struktur Kantilever: Fungsi, Keunggulan, Contoh, dan Tips Pembangunan

Published: 13 February 2023
Author:
Daftar Isi

Apakah Anda familiar dengan istilah kantilever? Istilah ini cukup asing untuk beberapa orang, namun tanpa sadar mereka sering menemuinya di lingkungan sekitar.

Kita dapat menemukan kantilever di berbagai bangunan, mulai dari rumah minimalis yang baru dibangun, restoran di sekitar lingkungan tempat tinggal hingga hotel mewah di pusat kota. Tapi penggunaannya tidak hanya terbatas di tempat-tempat tersebut. Faktanya kita dapat mengaplikasikannya di berbagai tempat sesuai dengan tujuan yang ingin diraih.

Sebenarnya apakah cantilever dan apa fungsinya? Kami akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di sini.

Apa Itu Kantilever

Kantilever adalah bagian dari bangunan yang biasanya terdiri dari pelat atau balok dengan salah satu ujung menempel pada penyangga sedangkan ujung lainnya menonjol bebas. Dengan model seperti ini, ujung dari balok dapat menonjol dan terlihat seperti menggantung. Sehingga desain ini mampu menambah nilai estetika dan karakteristik dari bangunan tersebut.

Sebelum aktif diaplikasikan pada rumah, kafe, restoran, dan tempat lainnya, kantilever digunakan untuk konstruksi jembatan. Namun seiring perkembangan jaman, desain ini ternyata mampu diaplikasikan untuk berbagai konstruksi dari skala kecil hingga besar.

Penggunaan yang tidak terbatas ini menjadi salah satu nilai tambah bagi Anda yang tertarik untuk mencoba desain ini pada hunian nantinya. Akan tetapi alangkah baiknya jika Anda menyimak penjelasan di bawah sebelum membuat keputusan besar.

Baca Juga: Pondasi Cakar Ayam: Pengertian, Kelebihan & Cara Membuat

Fungsi Kantilever pada Bangunan

Berikut ini adalah beberapa fungsinya dalam sebuah bangunan. Simak penjelasannya!

1. Tangga Melayang Bergaya Minimalis

Struktur dan desain bangunan terus berkembang untuk beradaptasi dengan keinginan dan kebutuhan dari penghuninya. Tidak terkecuali desain tangga, salah satu pilar penting dalam bangunan bertingkat satu ini. 

Penggunaan kantilever sebagai tangga ini biasanya disebut dengan floating stairs, dan sudah diterapkan oleh berbagai konstruksi yang ingin tampak lebih modern.

Anda dapat menghemat biaya dari material pembangunan dengan bantuan struktur kantilever. Tak hanya biaya, tapi floating stairs juga menawarkan ruang yang lebih luas dan lega untuk kenyamanan hunian. Seringkali orang meanfaatkan ruang kosong di bawah tangga tersebut sebagai tempat peletakan tanaman, penyimpanan, hingga ornamen cantik untuk memperindah area tangga.

2. Alternatif Ruang dan Kanopi yang Unik 

Kantilever membantu kita memodifikasi ruang dan kanopi menjadi lebih menarik dan menonjol sebagai keunikan bangunan.

Biasanya lantai kantilever menonjol meninggalkan kanopi di bawahnya. Area di bawah emperan tersebut akan membentuk ruang lompong yang bisa digunakan untuk teras, ruang tamu, hingga ruang rahasia yang bisa digunakan untuk apa saja.

Baca Juga: 5 Model Kanopi Minimalis dan Tips untuk Desain Rumah Modern 

3. Kolam Renang Melayang Untuk Pengalaman Lebih Baik

Kolam renang kantilever
(Sumber: Pinterest)

Bosan dengan kolam renang biasa dan menginginkan suasana baru? Kantilever dapat menjadi solusi Anda.

Desain ini memungkinkan Anda, memiliki kolam renang melayang. Mayoritas kolam renang tersebut menggunakan material kaca sebagai bahan utamanya. Oleh karena itu letaknya juga tidak sama dengan kolam pada umumnya.

Kantilever pada kolam renang memudahkan Anda membangun kolam di hunian bertingkat anda. Tidak perlu lagi khawatir dengan luas tanah yang sempit, karena hal tersebut tidak dibutuhkan. Kini Anda juga bisa membuat kolam di lantai dua atau bahkan lebih tinggi, tergantung dengan selera Anda.

Model ini membantu kolam renang tampak lebih berkelas. Tak hanya indah, tapi juga memungkinkan kita berenang dengan pengalaman yang baru dari kolam renang biasa.

4. Atap Kanopi yang Menonjol

Anda mungkin bosan dengan model atap yang hunian yang saat ini dimiliki. Tapi tenang, kantilever bisa menjadi alternatif model atap yang bisa dicoba.

Penggunaannya biasa berupa atap yang lebih panjang dari ruang di bawahnya, sehingga memungkinkan area non ruangan juga terlindungi oleh atap. Maka dari itu seringkali area di bawah atap kanopi mengambang ini digunakan sebagai carport atau sekedar area bersantai untuk minum teh.

5. Balkon Modern untuk Segala Kebutuhan Anda

Balkon kantilever
(Sumber: Pinterest)

Balkon adalah salah satu bagian yang cukup krusial untuk berbagai bangunan khususnya  rumah. Bagian ini memungkinkan kita untuk merasakan angin segar atau melakukan aktivitas seperti menanam tanaman tanpa tambahan luas tanah. Lalu bagaimana jadinya jika bagian ini menjadi lebih cantik dengan kantilever?

Selain cantik, pembuatan balkon dengan struktur kantilever juga tidak sulit atau memakan biaya besar. Sebaliknya, cantilever pada balkon termasuk desain yang mudah jika dibandingkan dengan bagian lainnya.

Baca Juga:
Apa Itu Rooftop? 10 Model dan Fungsinya Pada Bangunan
Mengenal Arsitektur Jengki Sebagai Gaya Arsitektur Indonesia

Keunggulan Kantilever

Mengaplikasikan balok kantilever adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan nilai estetika hunian. Namun, keuntungannya tidak hanya terbatas pada nilai estetika saja. Berikut beberapa keunggulan struktur kantilever sebagai referensi untuk memantapkan pilihan. 

1. Menyediakan Area Tambahan 

Kantilever tangga
(Sumber: Pinterest)

Struktur ini membantu Anda mendapat area tambahan, walaupun luas lahan awal terbatas. 

Salah satu contohnya adalah floating stairs yang sempat disebutkan di atas. Model ini memungkinkan pemiliknya untuk memakai ruang kosong di bawah tangga tadi menjadi lebih bermanfaat. Seperti tangga yang satu ini memiliki rak penyimpanan dan ruang untuk televisi yang luas.

2. Nilai Tambah 

Struktur cantilever hadir untuk membantu Anda membuat bangunan Anda tampak berbeda atau unik daripada yang lain. Perlu Anda ketahui, struktur ini tidak hanya bisa digunakan dalam desain modern saja. Bahkan model bangunan lama hingga tradisional bisa diaplikasikan juga.

Selain itu, menambahkannya dalam bangunan juga mampu mencerminkan karakter Anda dalam berkreasi pada hunian sendiri.

3. Menciptakan Ilusi Ruangan yang Luas

Tidak hanya menambah ruang, struktur ini juga bisa anda pilih untuk membuat hunian terasa lebih luas. Walaupun lahannya kecil jika didesain dengan baik dan menonjolkan area tertentu, maka akan terasa lebih luas dan dapat digunakan untuk hal lain di luar dari fungsi asli ruangan tersebut.

4. Menarik Perhatian

Jika diterapkan pada bangunan yang bersifat komersial, maka Anda dapat dengan mudah menarik perhatian tujuan pasar Anda. 

Sebagai contoh, Anda adalah pemilik hotel yang berlokasi di atas bukit dengan pemandangan luar biasa di sekitarnya. Jika Anda membuat kolam renang dengan struktur cantilever, maka fasilitas tersebut menjadi nilai tambahan yang besar untuk hotel Anda jika dibandingkan dengan pesaing. 

Tak jarang banyak tempat menjadi terkenal karena desain mengambang yang satu ini, dan menjadi ciri khas saat orang-orang membicarakan tempat-tempat tersebut.

Baca Juga: 25+ Inspirasi Warna Cat Rumah Terlengkap untuk Hunian Anda

Kelemahan Kantilever

Sayangnya ada beberapa kelemahan kantilever yang juga harus Anda perhatikan, agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

1. Tiap struktur kantilever memiliki rentang biaya pembangunan yang berbeda

Kita tidak dapat menyamakan hitungan biaya untuk membangun struktur ini untuk tiap bagian bangunan. Hal ini dikarenakan tiap bagian memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Semakin sulit pembangunannya, semakin mahal juga biayanya. Tak jarang biaya yang keluar ternyata berbeda dengan rancangan yang sudah dibuat. 

2. Membutuhkan Keahlian Tinggi

Anda perlu menggunakan jasa profesional dan berpengalaman dalam desain serupa untuk mencapai hasil yang diinginkan. Anda tidak bisa sembarang memilih jasa yang akan anda percayai untuk membangun bagian-bagian tersebut. Oleh karena itu proyek seperti ini umumnya diberikan oleh tenaga yang benar-benar ahli. Tentu hal ini juga mempengaruhi pengeluaran, karena semakin ahli jasa tersebut semakin mahal pula biayanya.

Tak usah khawatir, karena saat ini sudah banyak perusahaan atau penyedia jasa konstruksi dengan spesialisasi kantilever. 

3. Tidak Bisa Asal Pilih Material

Dalam membangun bangunan apapun, kita memang tidak bisa sembarangan memilih material. Namun, pemilihan material untuk struktur cantilever perlu diperhatikan lebih cermat. Karena desain ini umumnya membutuhkan material dengan karakteristik ringan namun kokoh dan fleksibel untuk dikreasikan sesuai dengan desain terbaik.

4. Memperhatikan Lahan atau Bidang

Dalam beberapa kasus, beberapa lahan atau bangunan tidak masuk kualifikasi layak untuk pembuatan kantilever. Maka dari itu, konsultasi adalah hal wajib yang harus dilakukan sebelum membuat keputusan.

Adimas menyediakan berbagai variasi asbes dinding untuk perkuat bangunan rumah dengan berstandar SNI. Cek ukuran dan jenis nya pada website Kami.

Contoh Penerapan Struktur Kantilever di Rumah

Struktur kantilever juga dapat diterapkan di rumah. Berikut ini adalah beberapa contoh penerapannya yang mungkin bisa Anda gunakan sebagai referensi.

1. Balkon yang menonjol keluar dari dinding

Salah satu penerapan yang umum dari struktur cantilever dalam rumah adalah dengan menggunakan balkon. Balkon kantilever adalah desain balkon yang menonjol keluar dari dinding tanpa adanya dukungan vertikal yang terlihat. Struktur ini memberikan efek visual yang menarik dan memberikan ruang tambahan di luar ruangan.

2. Atap yang menyebar keluar tanpa tiang penyangga

Penerapan struktur ini juga dapat ditemukan dalam desain atap rumah. Atap cantilever adalah model atap yang menyebar keluar dari dinding tanpa adanya tiang penyangga yang jelas. Desain atap kantilever menciptakan kesan visual yang menarik dan memberikan perlindungan dari sinar matahari atau hujan di area teras atau balkon.

3. Jendela yang tidak memiliki penyangga vertikal

Selain itu, juga dapat diterapkan pada desain jendela di rumah. Jendela kantilever adalah model jendela yang keluar dari dinding dan tidak memiliki penyangga vertikal yang terlihat. Desain ini memberikan tampilan yang modern dan memungkinkan pencahayaan alami yang lebih maksimal.

4. Tangga yang terlihat terapung

Tak hanya itu, penerapannya juga dapat ditemukan dalam desain tangga rumah. Tangga kantilever adalah tangga yang terlihat terapung atau tidak memiliki penyangga yang terlihat. Desain ini menciptakan tampilan yang elegan dan memberikan kesan ruang yang terbuka.

Penerapan struktur cantilever di rumah tidak hanya memberikan tampilan arsitektur yang menarik, tetapi juga memberikan keuntungan fungsional seperti penggunaan ruang tambahan dan pencahayaan alami yang optimal. Namun, penting untuk memperhatikan faktor keamanan dan kestabilan saat merancang dan menerapkan struktur ini agar memenuhi standar konstruksi yang aman dan tahan lama.

Panduan Pembangunan Kantilever

Pertama, dalam panduan pembangunan kantilever pada hunian, penting untuk melakukan perencanaan yang matang. Pertimbangkan kebutuhan dan tujuan Anda dalam membangun cantilever, seperti menambahkan ruang terbuka di atas kolom kantilever, atau menciptakan platform tambahan dengan plat cantilever. Konsultasikan dengan arsitek atau insinyur sipil untuk mendapatkan saran profesional dalam merancang kantilever yang tepat untuk hunian Anda. Pastikan Anda mempertimbangkan penggunaan pelat kantilever yang kuat dan tahan lama sebagai bagian dari desain struktur.

Selain itu, pemilihan bahan yang tepat sangat penting untuk membangun kantilever yang kokoh dan tahan lama. Pilihlah bahan konstruksi yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan hunian Anda. Misalnya, dalam pembangunan kolom kantilever, menggunakan beton bertulang yang kuat dan tahan terhadap beban adalah pilihan yang umum. Sementara itu, dalam pembangunan plat cantilever, bahan seperti baja atau beton bertulang juga sering digunakan untuk memberikan kekuatan ekstra pada platform tersebut. Pastikan bahan yang Anda pilih memiliki kualitas yang baik dan tahan terhadap cuaca, kelembapan, atau serangan hama, sehingga cantilever dapat bertahan lama dengan performa yang baik.

Terakhir, penting untuk memperhatikan konstruksi yang akurat dan profesional. Pastikan proses pembangunan dilakukan oleh tenaga kerja yang berpengalaman dan terlatih dalam membangun kolom kantilever, plat kantilever, dan pelat cantilever. Pastikan pemasangan kolom kantilever dilakukan dengan tepat dan kuat, sehingga dapat menopang beban dengan aman. Konstruksi plat cantilever harus dilakukan dengan presisi dan memperhatikan kekuatan dan stabilitasnya. Selain itu, pastikan pelat kantilever terpasang dengan baik, mengikuti instruksi dan panduan dari arsitek atau insinyur sipil Anda, sehingga dapat memberikan platform yang stabil dan aman untuk hunian Anda.

Tips Pembangunan Kantilever pada Hunian

Berikut ini adalah beberapa tips pembangunan kantiveler pada hunian yang bisa Anda terapkan.

1. Konsultasikan dengan Ahli

Sebelum memulai pembangunan kantilever, konsultasikan rencana Anda dengan seorang arsitek atau insinyur sipil yang berpengalaman. Ahli ini dapat memberikan saran yang berharga tentang desain, struktur, dan teknik konstruksi yang tepat untuk cantilever Anda. Konsultasi dengan ahli juga membantu memastikan bahwa proyek pembangunan sesuai dengan peraturan dan standar konstruksi yang berlaku.

2. Perencanaan yang Teliti

Lakukan perencanaan yang matang sebelum memulai pembangunan kantilever. Pertimbangkan ukuran, bentuk, dan tujuan cantilever dengan cermat. Perhatikan aspek keamanan, kestabilan, dan kebutuhan struktural dalam perencanaan Anda.

3. Pemilihan Bahan yang Tepat

Pilihlah bahan konstruksi yang tepat dan berkualitas untuk membangun kantilever yang kuat dan tahan lama. Bahan seperti beton bertulang, baja, atau kayu yang diperkuat sering digunakan dalam pembangunan kantilever. Pastikan bahan yang Anda pilih sesuai dengan lingkungan dan iklim setempat untuk menghindari kerusakan akibat cuaca atau kelembapan.

4. Pastikan Fondasi yang Kuat

Fondasi yang kuat sangat penting dalam pembangunan cantilever. Pastikan fondasi kantilever dirancang dan dibangun dengan benar, sesuai dengan instruksi dari ahli konstruksi. Fondasi yang kuat akan menjamin kestabilan dan keamanan kantilever Anda.

5. Jaga Kebersihan dan Perawatan Rutin

Setelah pembangunan selesai, jaga kebersihan kantilever secara rutin untuk mencegah penumpukan kotoran atau kerusakan akibat kelembapan. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap cantilever untuk mendeteksi kerusakan atau keretakan pada bahan atau struktur. Jika ada kerusakan, segera lakukan perbaikan yang diperlukan agar cantilever tetap berfungsi dengan baik.

Dengan mengikuti tips pembangunan kantilever ini, Anda dapat memastikan bahwa kantilever yang dibangun pada hunian Anda memiliki kekuatan, keamanan, dan kinerja yang optimal. Pastikan untuk bekerja sama dengan profesional konstruksi yang berpengalaman, ikuti peraturan dan standar konstruksi yang berlaku, dan jaga kebersihan serta perawatan rutin setelah pembangunan selesai.

Rekomendasi Artikel Terkait