Apa itu SketchUp? Pengertian, Sejarah, Fungsi, & 4 Versinya

Published: 23 May 2023
Author:
Daftar Isi

SketchUp adalah perangkat lunak desain 3D yang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam membuat model 3D yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai bidang pekerjaan mulai dari arsitek hingga civil engineering.

Karena fungsi dan fiturnya yang sangat menarik, software ini menjadi populer. Maka dari itu, artikel ini akan membahas secara detail mengenai perangkat lunak SketchUp, termasuk definisinya, sejarahnya, fungsi-fungsinya, serta empat jenis SketchUp.

Pengertian SketchUp

SketchUp adalah software yang memungkinkan penggunanya untuk dengan mudah dan intuitif membuat desain serta model 3D.

Dengan SketchUp, Anda dapat dengan cepat menghasilkan gambar visual untuk beragam jenis proyek, termasuk desain arsitektur, desain interior, perencanaan perkotaan, dan rekayasa mesin.

Salah satu kelebihan utama dari SketchUp adalah antarmuka pengguna yang ramah dan mudah digunakan. Sehingga Anda tidak perlu memiliki pengetahuan teknis yang mendalam atau keahlian khusus dalam desain 3D untuk bisa menggunakannya.

Fitur yang tersedia dalam Sketch Up mudah dipahami dan dapat digunakan dengan cepat, sehingga Anda dapat dengan mudah membuat model 3D yang akurat dan menarik.

Satu hal yang membuat banyak orang menggunakan Sketch Up adalah kemampuannya untuk berkolaborasi. Anda dapat berbagi proyek dengan rekan tim atau klien Anda, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan masukan dan feedback dari mereka.

Selain itu, SketchUp adalah software yang juga mendukung ekspor dan impor berbagai format file, sehingga Anda dapat berbagi model Anda dengan perangkat lunak desain lainnya.

Sejarah SketchUp

SketchUp memiliki sejarah yang menarik dalam perkembangannya sebagai perangkat lunak desain 3D. Dikembangkan oleh perusahaan @Last Software, Sketch Up pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000 sebagai alat yang intuitif untuk membuat model 3D yang mudah digunakan oleh orang awam.

Pada awalnya, Sketch Up adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu pengguna dengan sedikit atau tanpa pengalaman desain untuk menciptakan model 3D dengan cepat dan mudah.

Pendekatan ini berbeda dari perangkat lunak desain 3D tradisional yang cenderung rumit dan membutuhkan keahlian teknis yang mendalam. Seiring berjalannya waktu, Sketch Up semakin populer dan mendapatkan pengakuan di industri desain.

Pada tahun 2006, perusahaan Google membeli @Last Software dan memasukkan Sketch Up ke dalam portofolio produknya. Hal ini membantu meningkatkan visibilitas dan penggunaan Sketch Up di seluruh dunia.

Google SketchUp adalah seperti nama yang digunakan saat itu, menjadi alat yang banyak digunakan oleh arsitek, desainer interior, dan profesional kreatif lainnya. Perangkat lunak ini memungkinkan mereka untuk menciptakan model 3D yang realistis dan mengkomunikasikan ide desain dengan lebih baik kepada klien dan rekan kerja.

Pada tahun 2012, Google merilis versi gratis dari Sketch Up yang dikenal sebagai Sketch Up Make, dengan tujuan untuk membuatnya lebih terjangkau dan dapat diakses oleh lebih banyak orang.

Versi ini masih memiliki sebagian besar fitur dasar yang diperlukan untuk desain 3D, namun beberapa fitur lanjutan tersedia hanya dalam versi berbayar yang dikenal sebagai SketchUp Pro.

Pada tahun 2012 juga, Google melepaskan Sketch Up dan mentransfernya ke Trimble Inc., perusahaan teknologi pemetaan dan pemodelan 3D. Dalam kepemilikan Trimble, Sketch Up terus berkembang dengan peningkatan fitur dan fungsionalitasnya.

Hingga saat ini, Sketch Up adalah salah satu perangkat lunak desain 3D yang paling populer dan digunakan secara luas di seluruh dunia.

Dengan antarmuka pengguna yang intuitif, kemampuan kolaborasi, dan beragam fitur yang disediakan, Sketch Up terus membantu profesional kreatif untuk mewujudkan ide-ide mereka menjadi kenyataan dalam bentuk model 3D yang mengesankan.

Fungsi SketchUp

Tampak belakang dua orang yang sedang berada di kantor dan mengerjakan desain 3D sebuah sepeda motor dengan SketchUp menggunakan monitor
(Photo: Unsplash.com)

Dengan berbagai fungsi yang dimilikinya, software SketchUp adalah perangkat lunak yang dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti arsitektur, desain interior, perencanaan perkotaan, rekayasa mesin, dan banyak lagi.

Beberapa fungsi SketchUp adalah sebagai berikut.

1. Desain Arsitektur

Sketch Up adalah software yang digunakan secara luas dalam desain arsitektur. Anda dapat membuat model 3D dari bangunan, rumah, atau proyek arsitektur lainnya dengan detail yang akurat.

Ini membantu para arsitek untuk memvisualisasikan dan mengkomunikasikan ide desain mereka kepada klien dan rekan tim.

2. Desain Interior

Aplikasi SketchUp adalah aplikasi yang juga sangat berguna dalam desain interior. Anda dapat membuat model 3D dari ruangan, tata letak furnitur, dan elemen-elemen interior lainnya.

Dengan Sketch Up, Anda dapat mencoba berbagai desain dan melihat bagaimana mereka terlihat sebelum melakukan perubahan fisik pada ruangan tersebut.

3. Perencanaan Perkotaan

Dalam perencanaan perkotaan, aplikasi SketchUp adalah alat yang dapat digunakan untuk membuat model 3D dari lingkungan perkotaan.

Ini membantu para perencana kota untuk memvisualisasikan dan menganalisis konfigurasi ruang, tata letak jalan, dan elemen-elemen perkotaan lainnya.

Dengan Sketch Up, mereka dapat menguji berbagai skenario dan mengambil keputusan yang lebih baik dalam merencanakan perkotaan.

4. Rekayasa Mesin

Sketch Up juga dapat digunakan dalam rekayasa mesin. Dengan perangkat lunak ini, Anda dapat membuat model 3D dari komponen mesin, mesin lengkap, atau sistem mekanis.

Ini memungkinkan para insinyur untuk memvisualisasikan dan menganalisis desain mereka sebelum memulai proses produksi.

5. Presentasi dan Komunikasi

Salah satu keunggulan dari SketchUp adalah kemampuannya untuk membuat presentasi visual yang menarik.

Anda dapat menggunakan model 3D yang telah Anda buat untuk membuat gambar, animasi, atau tur virtual yang membantu dalam mengkomunikasikan ide atau desain kepada klien, rekan tim, atau pemangku kepentingan lainnya.

6. Kolaborasi

SketchUp adalah aplikasi yang memungkinkan kolaborasi antara anggota tim. Jadi, Anda dapat berbagi model Anda dengan orang lain.

Ini memungkinkan mereka untuk melihat, mengedit, dan memberikan masukan pada proyek yang sedang berjalan. Ini memfasilitasi kerja tim yang efisien dan memungkinkan Anda untuk memperoleh perspektif yang berbeda.

7. Ekspor dan Impor Format File

Sketch Up mendukung berbagai format file, seperti DWG, DXF, OBJ, dan 3DS. Ini memungkinkan Anda untuk berbagi model Anda dengan perangkat lunak desain lainnya atau mengimpor model yang telah dibuat sebelumnya ke dalam Sketch Up.

Dalam keseluruhan, SketchUp memiliki berbagai fungsi yang meliputi desain arsitektur, desain interior, perencanaan perkotaan, rekayasa mesin, presentasi, kolaborasi, dan kompatibilitas dengan format file lainnya. Ini membuatnya menjadi alat yang serbaguna dan berguna dalam berbagai bidang profesional dan kreatif.

Versi SketchUp

terdapat 2 orang yang sedang mengunakan software SketchUp
(Photo: Unsplash.com)

Sketch Up memiliki beberapa jenis yang memenuhi kebutuhan berbeda dalam desain 3D. Adapun beberapa jenis SketchUp adalah sebagai berikut:

1. SketchUp Free

Sketch Up Free adalah versi gratis dari Sketch Up yang dapat diakses melalui web browser. Ini adalah pilihan yang baik bagi mereka yang ingin mulai belajar atau mencoba desain 3D tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Meskipun versi gratis ini memiliki beberapa keterbatasan dalam hal fitur dan fungsionalitas, tetapi tetap memungkinkan Anda untuk membuat model 3D yang sederhana dan memvisualisasikan ide-ide dasar.

2. SketchUp Pro

Sketch Up Pro adalah versi berbayar dari Sketch Up yang menyediakan lebih banyak fitur dan fungsionalitas yang canggih.

Dalam versi ini, Anda memiliki akses penuh ke semua alat dan fitur dalam SketchUp, termasuk fitur-fitur yang tidak tersedia dalam versi gratis.

Sketch Up Pro menawarkan fleksibilitas dan kontrol yang lebih besar dalam membuat dan mengedit model 3D, serta menghasilkan presentasi yang lebih profesional.

3. Layout

Layout adalah komponen tambahan yang disertakan dalam Sketch Up Pro. Ini adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membuat tata letak presentasi dan dokumentasi dari model 3D yang telah Anda buat di Sketch Up.

Dengan Layout, Anda dapat membuat gambar teknis, membuat rencana tata letak, atau membuat presentasi visual yang menarik dari desain Anda. Terdapat 2 fitur utama yang populer digunakan pada versi pro nya yaitu sebagai berikut.

  • Style Builder: Style Builder sketchup adalah fitur lain yang tersedia dalam Sketch Up Pro. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat gaya atau sketsa garis yang unik dan khusus untuk digunakan dalam model 3D Anda. Dengan Style Builder, Anda dapat mengkustomisasi gaya visual yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan desain Anda.
  • 3D Warehouse: 3D Warehouse adalah sebuah platform online yang terintegrasi dengan SketchUp di mana Anda dapat menemukan dan mengunduh berbagai 3D modeling sketchup  yang telah dibuat oleh pengguna lain. Ini memungkinkan Anda untuk memperluas katalog 3D modeling sketchup yang dapat digunakan dalam proyek Anda, menyimpan waktu dan usaha dalam membuat model dari awal.

4. Extension Warehouse

Extension Warehouse adalah toko online yang menyediakan berbagai ekstensi (plugins) yang dapat memperluas fungsionalitas SketchUp.

Dengan menggunakan ekstensi dari Extension Warehouse, Anda dapat menambahkan alat tambahan, efek visual, atau fungsionalitas khusus ke dalam SketchUp, sesuai dengan kebutuhan desain Anda.

Jenis-jenis SketchUp ini memberikan pilihan kepada pengguna sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keahlian mereka dalam desain 3D.

Dari versi gratis hingga versi Pro dengan fitur tambahan seperti Layout dan Style Builder, serta akses ke 3D Warehouse dan Extension Warehouse, SketchUp dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu untuk mencapai hasil desain yang optimal.

Adimas menyediakan pembelian produk asbes rata dengan beberapa variasi ukuran. Yuk, cek informasi detail dan ukuran di website Adimas!

Rekomendasi Artikel Terkait