25+ Inspirasi Warna Cat Rumah Terlengkap untuk Hunian Anda

Published: 6 January 2023
Author:
Daftar Isi

Warna cat rumah merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk finishing rumah. Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus, namun tidak ada salahnya Anda punya beberapa referensi terbaik untuk hunian impian. Pemilihan cat lebih baik sesuai dengan kepribadian dan selera kita. Secara tidak langsung dengan mempresentasikan warna dan desain rumah yang tepat, orang lain sedikit mengetahui kepribadian kita.

Warna cat rumah bisa memberikan kesegaran baru untuk hunian atau rumah Anda. Jika Anda ingin merenovasi rumah, tidak ada salahnya melakukan penggantian warna cat rumah. Simak penjabaran mengenai warna cat rumah yang sesuai dengan desain dan selera Anda.

Warna Cat Rumah Bold

Masih banyak pemilik rumah mengaplikasikan warna cat ini sebagai finishing dinding. Beberapa warna dengan tema solid cocok untuk referensi Anda. Warna solid itu hanya terdiri satu warna saja. Apa saja warnanya?

1. Warna Cat Rumah Kuning

contoh warna cat rumah kuning
Contoh Warna Cat Kuning © Unsplash.com

Cat dinding berwarna kuning terlihat segar dan energik, bukan? Warna kuning identik dengan keceriaan, kebahagiaan, dan rasa optimis. Sangat cocok diaplikasikan pada kamar anak atau ruang keluarga. Warna kuning secara tidak langsung menstimulus seseorang untuk lebih semangat. Rupanya, warna ini akan menghadirkan kesegaran baru untuk keluarga Anda. 

2. Warna Cat Rumah Merah

contoh warna cat merah
Contoh Warna Cat Merah © Unsplash.com

Warna ini terkesan impulsif, energik dan bold. Warna merah  bisa mempertegas kepribadian seorang Alpha. Dinding rumah yang mempresentasikan warna merah mampu membuat rumah sedikit lebih sempit. Jika Anda penyuka warna merah namun ingin rumah terasa lapang, sebaiknya lakukan pengecatan ini pada ruangan yang lebih besar seperti ruang keluarga. 

Namun, jika Anda memiliki rumah minimalis, bisa mencoba trik dengan cara memasang cermin untuk menimbulkan kesan lapang.

3. Warna Cat Rumah Hitam

Contoh Warna Cat Hitam
Contoh Warna Cat Rumah © Unsplash.com

Hmmm… bagaimana jika warna cat rumah adalah berwarna hitam? Boleh dicoba, karena memang tidak seburuk itu. Warna hitam mengesankan formalitas, kekuatan, keseriusan, dan misteri. Orang dengan sisi maskulin yang tinggi sekiranya tidak merasa keberatan memilih cat rumah hitam.

Pada pengaplikasiannya memang harus teliti, karena memang warna ini lebih mendominasi. Padupadankan dengan warna terang supaya ruangan terlihat lebih terang.

4. Warna Cat Rumah Biru

Contoh Warna Cat Biru
Contoh Warna Cat Biru © Unsplash.com

Ocean blue? Why not! Rumah dengan pemilihan warna biru melambangkan kebebasan dan kreativitas. Warna ini tidak mati gaya dan menjadi warna solid favorit sebagian orang. Biru memberikan semangat dan energi positif untuk pemilik rumah dan keluarga. Tak ada salahnya memilih warna ini untuk dipoles di ruang keluarga.

Warna Cat Rumah yang Sejuk

Rumah yang sejuk identik dengan pemilihan warna yang netral dan earth tone. Warna cat rumah ini mengedepankan pada pemberian rasa nyaman. Berikut adalah inspirasi warna cat rumah yang sejuk sebagai referensi untuk rumah menggunakan asbes dinding.

1. Warna Cat Rumah Coklat Cream

contoh warna cat coklat cream
Contoh Warna Cat Coklat Cream © Unsplash.com

Coklat cream termasuk ke dalam earth tone. Penggunaan warna coklat cream cocok untuk Anda yang menginginkan kenyamanan. Selain itu, warna cat rumah yang sejuk ini mengedepankan unsur bumi yaitu tanah. Warna coklat cream dapat memberikan suasana hangat saat berkumpul dengan keluarga. 

2. Warna Cat Rumah Coklat Susu

contoh warna cat coklat susu
Contoh Warna Cat Coklat Susu © Unsplash.com

Mungkin Anda sudah pernah melihat warna cat rumah coklat susu dengan tampilan yang memukau? Coklat susu melambangkan warna bumi. Orang yang menyukai warna ini adalah kepribadian yang stabil dan terstruktur. Anda sebagai pemilik rumah boleh mencoba warna ini untuk tampil beda. Rekomendasi bagus untuk  pengaplikasiannya adalaha di kamar tidur atau keluarga.  

3. Warna Cat Rumah Hijau Tosca

contoh warna cat tosca
Contoh Warna Cat Tosca © Unsplash.com

Hijau tosca merupakan warna cat rumah dengan sensasi sejuk dan sekaligus elegan. Beberapa orang memilih cat rumah hijau tosca karena meneduhkan. Ruangan bisa terlihat menarik jika ada perpaduan warna hijau tosca dengan warna senada lainnya.

Agar terlihat memukau, gunakan hiasan yang menarik berwarna earthy atau kuning keemasan. Perpaduan warna tersebut akan menghadirkan rasa luxury dan kesan mahal. Cat warna ini lebih baik diaplikasi pada rumah model minimalis atau semi-klasik.

4. Warna Cat Rumah Hijau Lumut

contoh warna cat hijau lumut
Contoh Warna Cat Hijau Lumut © Unsplash.com

Warna ini mungkin terlihat jarang dipakai untuk finishing rumah, mengapa? Karena memang warna ini menampilkan kesan sedikit gelap namun tetap terlihat alami. Bila ingin menerapkan warna cat ini lebih baik aplikasikan pada ruangan yang memiliki pencahayaan yang cukup. 

5. Warna Cat Rumah Hijau

contoh warna cat hijau
Contoh Warna Cat Hijau © Unsplash.com

Sudah menjadi rahasia umum, jika hijau adalah warna cat rumah yang sejuk Penggunaan hijau pada eksterior dan interior ruangan selalu menyegarkan mata. Cocok untuk rumah minimalis namun tidak meninggalkan kesan alam yang natural. 

6. Warna Cat Rumah Mint

Contoh Warna Cat Rumah Mint
Contoh Warna Cat Mint © Unsplash.com

Pilih mint untuk warna kamar? Why not! Warna mint memberikan arti feminin dan segar. Anda bisa memilih mint karena memang salah satu warna terbaik untuk visual elegan. Konsep rumah yang sesuai dengan mint adalah shabby chic, skandinavia maupun minimalis.  

Warna Cat Rumah Kekinian

Nah, apa yang kalian pikirkan tentang cat rumah kekinian? Identik dengan vibes millennial? Belakangan ini sedang “naik daun” warna-warna seperti fuchsia atau merah fanta, marigold, lilac, very pery, dll. Warna-warna tersebut memberikan angin segar pada dunia arsitektur 

1. Warna Cat Rumah Fuchsia

Contoh warna cat Fuschia
Contoh warna cat fuschia © unsplash.com

Sekilas, warna ini mirip seperti warna buah naga. Warna ini sedang ngetrend karena banyak orang terutama kaum hawa menyukai visual warna ini. Warna ini memberikan kesan feminin dan memikat hati.  Warna ini sedikit lebih mencolok dan membuat ruangan lebih terang. Tidak ada salahnya mencoba warna kekinian ini!

2. Warna Cat Rumah Marigold

Contoh Warna Cat Marigold
Contoh Warna Cat Marigold © Pinterest.com

Marigold sendiri seperti warna bunga mitir. Visual yang ditampilkan tidak seperti warna kuning neon atau kuning metalik. Namun, warna tersebut perpaduan antara kuning gelap yang diberi sentuhan warna pastel. Perkembangan warna ternyata tidak sampai di sini dunia mode saja, namun sudah merambah ke dunia desain dan arsitektur. 

3. Warna Cat Rumah Lilac

Contoh Warna Cat Lilac
Contoh Warna Cat Lilac © Unsplash.com

Kalau warna ini memang semua pada tahu. Visual lilac adalah kombinasi cantik antara warna ungu muda dan merah muda. Alhasil dari pencampuran ini adalah menampilkan warna ungu yang jauh lebih muda seolah-olah ada pencampuran warna putih. Tak hanya di dunia fashion, warna lilac sudah marak pada dunia arsitektur. bisa Di toko bangunan terdekat , pilih sesuai dengan intensitas warna yang diinginkan untuk dinding rumah Anda. 

Warna cat rumah lilac mampu memberikan kesan cerah dan eye-catching. Beberapa trik bisa Anda gunakan untuk membuat tampilan ruangan menjadi lebih hidup seperti penambahan elemen estetik simetris maupun asimetris.

4. Warna Cat Very Peri

Contoh Warna Cat Very Peri
Contoh Warna Cat Very Peri © Pinterest.com

Hampir seperti warna lilac, namun very peri merupakan warna periwinkle campuran ungu violet dipadupadankan dengan warna biru atau merah. Very peri adalah trend warna kekinian dan menjadi icon warna Gen-Z versi Panton Colour of the Year.  Ruangan yang dipoles dengan warna ini mengesankan sebuah energi yang bru, dinamis, namun tidak menghilangkan sisi femininnya. 

Baca juga:
8 Jenis Material Dinding Rumah dan Berbagai
Mengenal Finishing Untuk Menambah Estetika Bangunan
Apa itu Mezzanine, Kenali 6 Contoh Desain Minimalis di Rumah

Warna Cat Rumah Minimalis

Beberapa orang memilih cat dengan warna kalem untuk desain rumah minimalis. Rumah minimalis menggunakan area lahan yang sempit namun jangan sampai keterbatasan lahan membuat kita tidak bisa mewujudkan desain rumah yang menawan.

1, Warna Cat Rumah Mocca

Contoh Warna Cat Mocca
Contoh Warna Cat Mocca © Pexels.com

Coklat mocca membuat tampilan dinding semakin manis. Warna coklat mocca adalah warna cat rumah minimalis kombinasi warna coklat dan mocca. Memberikan nuansa yang nyaman tidak heran warna ini adalah rujukan pertama pemilihan cat untuk perlakuan finishing. Warna cat mocca ini dapat Anda gunakan untuk pagar bermaterial lisplang.

2. Warna Cat Rumah Peach

Warna peach adalah dua kombinasi warna antara dusty pink dan kuning. Hampir sama seperti salem, namun warna salem lebih gelap dan terlihat pucat. Warna peach adalah warna cat rumah minimalis yang mendeskripsikan nuansa cerah dan ringan. Cocok dipoles pada dinding ruang keluarga karena di samping meningkatkan energi serta membuat ruangan menjadi lebih terang.

3. Warna Cat Rumah  Ivory

Contoh Warna Cat Ivory
Contoh Warna Cat Ivory © Unsplash.com

Rumah minimalis bisa terlihat lapang, salah satunya dengan menggunakan warna cat yang tepat. Ivory banyak digunakan pemilik rumah untuk  mengecat ruangan. Terlihat kalem namun tetap terlihat dinamis, warna ivory cocok dipadupadankan dengan warna senada namun tidak mati. 

4. Warna Cat Rumah Putih

Contoh Warna Cat Putih
Contoh Warna Cat Putih © Unsplash.com

Benar-benar warna yang tak lekang oleh waktu. Warna cat rumah minimalis ini masih bertahan menjadi pilihan terbanyak oleh pemilik rumah. Beberapa orang memilih cat warna putih karena memang netral. Selain itu, warnanya  mampu membuat ruangan terlihat lapang. Namun, warna ini cukup membuat sedikit depresi. 

Maka, perlu adanya aksesoris, lukisan, atau elemen yang menghiasi supaya tampilan lebih seimbang.

5. Warna Cat Rumah Abu-Abu

Contoh Warna Cat Abu-Abu
Contoh Warna Cat Abu-Abu © Unsplash.com

Warna cat rumah abu-abu adalah warna familiar untuk rumah-rumah di Indonesia. Abu-abu melambangkan sebuah keseimbangan dan kenetralan. Mengapa dikatakan seimbang? Karena warna abu-abu adalah perpaduan hitam dan putih.

Namun, Anda harus cermat untuk mengolah ruangan yang telah di cat abu-abu agar lebih menarik dan tidak monoton. Dengan penambahan dekorasi dinding atau beberapa ornamen berwarna mampu membuat tampilannya tidak membosankan.

Warna Cat Rumah Mewah 

Kira-kira warna apa yang terkesan mewah untuk rumah? Inilah kami rangkumkan warna yang pas dan cocok supaya rumah terlihat elegan dan mewah.

1. Warna Cat Rumah Ungu

Contoh Warna Ungu
Contoh Warna Cat Ungu © Unsplash.com

Peringkat pertama ada warna ungu. Psikologi warna menjelaskan ungu melambangkan sebuah kekayaan, kemakmuran, dan spiritualitas. Tentu saja, dengan memilih warna ungu untuk dinding Anda maka tampilan terlihat mewah dan elegan. 

2. Warna Cat Rumah Emas

Contoh Warna Cat Emas
Contoh Warna Cat Emas © Unsplash.com

Anda tidak perlu heran jika warna ini memberikan ketakjuban pada Anda. Pasalnya warna emas memang melambang simbol kekayaan. Dengan begitu, rumah yang terpoles warna ini akan terlihat lebih berkilau, mewah, dan eksklusif. 

Dengan penambahan properti yang menarik seperti guci, hiasan patung atau lukisan, tentu akan menunjang sisi kemewahan yang terdapat pada ruangan tersebut.

3. Warna Cat Rumah Silver

Contoh Warna Cat Silver
Contoh Warna Cat Silver © Pinterest.com

Masih tergolong eksklusif, rumah dengan pengecatan silver mampu memberikan sentuhan kemewahan dan kemakmuran. Biasanya warna ini diaplikasikan pada bangunan besar seperti ruang utama sebuah gedung dan aula pertunjukan.

Kombinasi Warna Cat Rumah Minimalis

Kombinasi Contoh Warna Cat Coklat dan Putih
Contoh Warna Cat Coklat & Putih © Unsplash.com

Inilah beberapa referensi kombinasi atau perpaduan warna cat supaya hunian terlihat epik dan memikat hati!

1. Apricot Brown dan Putih Cultured

Apricord brown dan putih cultured adalah salah satu kombinasi warna cat rumah terbaik yang bisa Anda gunakan. Mengusung tema terakota adalah warna seperti tembikar tanah liat sehingga sekilas terlihat seperti earth tone. Desain yang unik dengan penambahan kombinasi ini akan memunculkan warna yang sederhana namun terlihat aesthetic.

2. Mustard dan Coklat

Anda suka rumah dengan kesan yang warm namun di sisi lain menampilkan sisi ceria? Mustard dan coklat adalah pilihan kombinasi warna cat rumah terbaik untukmu.  Mustard memberikan energi yang optimal dan dinamis untuk rumah Anda.

3. Pink dan Putih

Warna feminin ini adalah kombinasi warna cat rumah terbaik untuk konsep rumah shabby chic. Terinspirasi dari budaya Eropa, memprioritaskan penampilan yang anggun, ringan, dan lembut. Ide bagus untuk rumah supaya terlihat cerah!

4. Dark Electric Blue dan Putih Cultured

Apa yang melekat dengan kepribadian dengan warna ini? Kedewasaan dan ketegasan. Dark electric blue menginterpretasikan warna yang begitu mendalam. Dengan tampilan yang bold namun tetap terkesan elegan menciptakan rumah yang nyaman sekaligus enak dipandang.

5. Coklat dan Putih

Coklat dan putih adalah nuansa yang klasik dan sederhana. Warna ini tidak menonjolkan rasa senioritas namun cenderung soft dan hangat. Rumah minimalis cocok sekali memadupadankan coklat dan putih sebagai warna pada desain utamanya

6. Charcoal dan Lime

Charcoal and lime terlihat kontradiktif ya? Namun siapa sangka warna ini terlihat matching ketika di cocokan satu sama lain. Untuk Anda yang suka warna-warna extrim dan suka tampil beda. Boleh lah charcoal dan lime masuk ke dalam referensi renovasi rumahmu!

7. Aquarium Blue dan Grape

Ingin merasakan sentuhan atlantis dan feminin secara bersamaan tanpa meninggalkan kesan energik? Aquarium blu dan grape adalah kombinasi warna cat rumah yang harus kamu ciptakan. Kolaborasi warna ini begitu mengagumkan karena membuat ruangan terasa segar seperti menikmati liburan di pantai.

Tips Memilih Warna Cat Rumah untuk Rumah

1. Tentukan Arah Sinar Matahari

Pernahkan Anda mengaplikasikan cat untuk interior ruangan, namun tidak sesuai dengan ekspektasi? Bisa jadi, Anda tidak cermat dalam menentukan sinar arah sinar matahari yang masuk. Jika ruang yang Anda cat menghadap ke arah timur atau barat maka sinar matahari lebih banyak masuk. Pantulan bayangan tidak akan menyilaukan ketika Anda memilih warna lembut.

Namun, jika bagian dinding tidak terpapar sinar matahari, maka pilih warna yang terang, supaa tidak terlihat gelap saat dipandang. 

2. Sesuaikan Dengan Kepribadian

Mungkin terkesan sepele, namun warna cat rumah yang sesuai dengan kepribadian memiliki nilai plus. Kami yakin setiap  manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Tapi, yang perlu digaris bawahi adalah kepribadian bisa terlihat menonjol ketika ada pendukung yang membantu kepribadian kita untuk muncul ke permukaan. 

Pilih cat sesuai dengan kepribadianmu, maka secara tidak langsung menambah keberanian diri untuk menjadi diri sendiri.

3. Sesuaikan Dengan Luas Ruangan

Luas ruangan perlu diperhatikan.  Rumah dengan luas ruangan sempit, usahakan pemilihan warna adalah terang. Warna terang memberikan kesan lapang dan tidak sesak. Jangan lupa, sesuaikan juga dan warna plafon rumah. Jangan sampai plafon dan dinding terlihat bertabrakan sehingga rumah terlihat aneh dan tidak enak dipandang.

4. Seimbangkan Warna Gelap dan Terang Warna

Komposisi dan keseimbangan warna juga perlu diperhatikan. Pengaplikasian warna tidak sesuai maka menimbulkan kesan ruangan menjadi sempit. Jika dinding berwarna gelap usahakan jendela memiliki warna yang terang, sehingga terkesan cantik dan tidak monoton.

5. Uji Kombinasi Warna

Uji kombinasi warna bisa membuka pengetahuan dan pengalaman mu terhadap pemilihan warna. Dengan uji kombinasi, maka Anda akan mempunyai banyak pemilihan warna yang bagus untuk rumah Anda. Pilihlah sesuai selera dan tentunya yang membuat Anda dan sekeluarga nyaman. 

Demikian kumpulan warna cat rumah sebagai inspirasi Anda menemukan warna yang tepat untuk hunian impian.

Selain menyajikan artikel terbaru, Adimas hadir dengan berbagai produk asbes dengan kualitas tinggi yang telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Dengan menggunakan produk Adimas, menjadikan bangunan Anda kokoh dan tahan lama.

Rekomendasi Artikel Terkait