Batu Granit Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan 4 Kegunaannya

Terakhir Diperbarui: 20 June 2024
Penulis:
Dilihat:
Daftar Isi

Anda pasti tidak akan terlepas dalam material batu dalam sebuah konstruksi bangunan. Batu merupakan bahan bangunan yang paling penting dalam membangun sebuah struktur konstruksi bangunan. Batu seringkali menjadi bahan utama dalam pembuatan pondasi, dinding, dan tiang. Batu sendiri memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah batu granit.

Batu granit adalah jenis batu yang sering menjadi bahan utama dalam desain konstruksi interior dan eksterior bangunan. Batuan ini sangat keras dan tentunya tahan lama dan tahan segala tekanan cuaca. Anda pasti sering menjadikan atau menemukan batu ini menjadi pelapis dinding utama baik pada halaman luar rumah maupun pada bagian interior rumah.

Batu ini memiliki unsur minimalis dan natural yang sangat kental, sehingga cocok untuk bangunan yang alami dan mengedepankan konsep minimalistik namun elegan. Batu granit juga sering menjadi bahan utama dari dekorasi rumah seperti kerajinan patung, keramik dan lain sebagainya.

Batu granit menjadi slah satu simbol utama dari nuansa elegan dan alami suatu bangunan. Sehingga banyak dari rumah model minimalis yang sering menggunakannya baik sebagai bahan struktur konstruksi utama maupun dekorasi. Berikut adalah pengertian dari batu granit beserta fungsi serta empat kegunaannya pada sebuah bangunan.

Pengertian Batu Granit

Sebelumnya, apakah Anda mengenal apa itu jenis batuan granit? Apa yang dimaksud dengan batu granit dan bagaimana bentuknya? Secara umum batu granit adalah jenis batuan yang berasal dari lapisan beku atau endapan yang telah mengeras jutaan tahun yang lalu.

Proses pembuatan batu ini secara alami dan terjadi selama jutaan tahun yang lalu ini menyebabkan batuan ini memiliki warna yang cenderung terang dan putih.

Meskipun begitu ada jenis batu granit yang memiliki warna lebih gelap daripada biasanya. Hal ini tergantung proses pengendapan yang terpengaruh oleh cahaya dan tekanan udara.

Batuan ini memiliki nama yang berasal dari Bahasa Latin “granium” yang berarti butiran. Karena sesuai dengan namanya, batuan ini berasal dari butiran-butiran yang telah mengendap selama jutaan tahun yang lalu.

Selain itu batuan ini juga memiliki kandungan kuarsa yang juga menyebabkan batuan ini sekilas terlihat berkilauan.

Batuan ini menjadi salah satu bahan utama dalam konstruksi bangunan yang sangat berharga karena batuan ini memiliki nilai natural yang sangat tinggi. Selain itu, batuan ini memiliki aura minimalis yang sangat kuat.

Sekilas batu ini memiliki kesan yang sederhana saja, namun jika Anda dapat menaruhnya pada posisi dan kegunaan yang tepat, Anda akan mendapatkan nuansa elegan yang mewah juga.

Batuan ini seringkali menjadi bahan dekorasi maupun konstruksi interior pada bangunan yang memiliki nuansa warna cerah, atau memiliki tipe minimalis. Seperti misalnya pada dapur rumah dan rumah makan ataupun ruang keluarga.

Kegunaan Batu Granit 

Dari kelebihan batu granit, kita bisa menyimpulkan bahwa batu granit adalah bahan yang sangat fleksibel dalam pengaplikasiannya. Sehingga batu granit memiliki banyak pengaplikasian atau kegunaan pada bangunan yang mungkin Anda belum mengetahuinya. Inilah kegunaan batu granit pada bangunan.

1. Bahan Dasar Konstruksi Eksterior

Kegunaan batu granit yang pertama menjadi bahan dasar dari semua kerangka konstruksi eksterior yang berada pada lapisan luar seperti lapisan luar dinding garasi, atau lapisan luar dari dinding pagar.

Hal ini akan menambah kesan mewah pada rumah dan akan membuat rumah memiliki nuansa minimalis meskipun bukan sebuah rumah atau bangunan minimalis.

2. Material Dinding dan Lantai Rumah

Kegunaan batu granit lainnya adalah menjadi material dinding dan lantai rumah. Sudah jelas bahwa batu granit sangat bisa untuk menjadi dinding karena ketahanannya.

Batu granit juga dapat menjadi bahan untuk lantai rumah. Banyak ubin berasal dari batu granit karena lantai akan menjadi lebih berkilau dan tidak mudah retak karena kekuatan dari batu granit.

3. Bahan Pembuatan Patung

Dalam hal dekorasi, kelebihan batu granit adalah mampu menjadi material untuk pembuatan patung yang cukup kuat. Banyak patung berukuran besar bertema realis mengambil bahan dari batu granit yang kuat dan tidak mudah berlumut.

Adanya dekorasi patung berbahan batu granit akan menambah kesan mewah pada ruangan Anda.

4. Media Panjat Tebing

Meskipun batu granit merupakan batuan yang berkilauan, jenis batu ini tidak licin. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang menjadikan batu granit sebagai media untuk membanguna panjat tebing pada sebuah bangunan.

Sehingga media panjat tebing yang dibangun akan lebih aman dan memiliki akar pijakan yang lebih kuat.

Kelebihan Batu Granit Dalam Bangunan

Nah, dari pengertiannya itu, Anda dapat menyimpulkan bahwa batuan ini sangat populer dalam menjadi bahan utama untuk eksterior dan interior rumah.

Sehingga ada banyak kelebihan dan keunggulan dari batu granit pada sebuah bangunan. Berikut adalah kelebihan dari batuan granit.

1. Motif yang beragam

Seperti yang Anda ketahui, batu granit ini merupakan sebuah jenis batuan yang memiliki beragam corak yang terang dan memberikan kesan mewah dan ceria pada bangunan.

Batu granit ini memiliki beragam motif dan corak yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan desain konstruksi bangunan yang Anda inginkan.

2. Tahan Air dan Jamur

Tidak seperti batu lainnya yang mudah berlumut dan terserang jamur saat terkena tekanan dari air dan udara, batu granit merupakan batuan yang kedap air. Sehingga setiap batuan tidak memiliki pori pori untuk menyerap air dan udara.

Hal inilah yang menyebabkan batu granit tahan air dan jamur karena kelembaban yang tidak bisa menembus permukaan dan volume batu ini. 

Kelebihan batu granit ini cocok untuk Anda apabila membangun kamar mandi atau toilet. Hal ini akan memberikan hawa yang lebih sejuk pada kamar mandi tersebut.

3. Kuat

Selain itu, kelebihan batu granit lainnya adalah batuan ini memiliki ketahanan fisik dan volume yang baik. Sehingga batu granit sangat kuat dan tidak mudah dipatahkan atau hancur karena sebab-sebab fisik dan lainnya.

Sehingga batu ini sering digunakan sebagai lapisan luar sebuah dinding atau tiang karena hal ini akan meminimalisir keretakan pada bagian luar sehingga tampilanya akan tetap bagus.

4. Membawa Nuansa Alami dan Minimalis Elegan

Kelebihan batu granit yang ini adalah kelebihan yang mungkin Anda juga akan menjawabnya saat memilih batu granit sebagai jawaban dari bahan desain bangunan.

Kelebihan batu granit dalam membawakan nuansa alami dan minimalis sudah tidak terbantahkan lagi. Selain itu, warnanya yang cenderung terang menambah kesan mewah pada ruangan.

Sehingga Anda dapat memberikan konsep ini dengan batu granit pada ruangan seperti ruang tamu dan ruang keluarga. Hal ini akan menambah kesan nyaman pada setiap orang yang berada pada ruangan Anda.

Penutup

Demikian penjelasan artikel ini tentang batuan granit beserta pengertian, kelebihan dan empat  kegunaannya dalam konstruksi bangunan.

Sekilas ada banyak fleksibilitas yang bermanfaat pada batu granit sebagai bahan dari setiap kerangka konstruksi dan kerangka interior maupun eksterior bangunan. Batu granit adalah bahan yang kuat dan tahan lama.

Selain batu granit, bahan lainnya yang dapat mempercantik bangunan adalah asbes gelombang. Adimas menyediakan berbagai macam asbes gelombang dan nok yang dapat melapisi plafon dan atap rumah Anda.

Sehingga atap bangunan Anda akan lebih kuat dan memiliki kesan estetika lebih. Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut.

Rekomendasi Artikel Terkait