Struktur Denah Rumah dan Gambar Rumah Minimalis

Published: 11 August 2023
Author:
Daftar Isi

Denah rumah minimalis saat ini diminati oleh banyak orang, terutama anak muda. Namun, masih banyak orang yang belum paham mengenai membuat denah ini. Cara terbaik yang dapat dijalankan adalah dengan membuat denah rumah. Denah rumah dibuat dengan tujuan agar dapat mengetahui gambaran nyata bentuk rumah yang diinginkan. 

Sayangnya, tidak semua orang paham dalam membuat denah rumah. Padahal dengan membuat denah ini didapatkan banyak manfaat. Selain itu, denah juga dapat membantu perencanaan pembangunan rumah menjadi lebih matang.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai struktur, fungsi, gambar, serta perencanaan dalam membuat denah pada rumah. Simak penjelasan lebih lanjut melalui artikel berikut.

Apa itu Denah Rumah?

Denah rumah merupakan sebuah gambaran atau ilustrasi yang dibuat untuk merencanakan dan menyiapkan segala urusan sebelum membangun rumah. Pembuatan dari denah ini juga tidak terlepas dari fungsinya. Denah ini berguna sebagai petunjuk untuk memudahkan penggunanya melacak dan mengetahui sebuah lokasi di dalam rumah.

Denah rumah berbeda dengan peta. Peta dirancang dengan wilayah yang lebih luas, sedangkan denah hanya mengilustrasikan atau menggambarkan satu area bangunan saja. Denah dirancang untuk menunjukkan setiap titip letak ruangan.

Selain sebagai petunjuk letak ruangan, denah juga berfungsi sebagai sirkulasi dan dimensi ruang untuk mendapatkan gambaran tentang jalan masuk atau keluar udara. Adanya denah impian akan memudahkan pemilik dari rumah untuk menemukan lokasi-lokasi dan mengetahui letak furnitur di dalam rumahnya.

Fungsi Denah Rumah

Berikut akan dijelaskan beberapa fungsi dari pembuatan denah rumah.

1. Rencana Awal Pembangunan

Ketika membangun sebuah rumah atau bangunan, pekerja atau tukang akan membangun sesuai denah atau keinginan pemilik rumah. Denah berfungsi sebagai pedoman untuk menghindari kesalahan dalam ukuran ruangan atau rumah secara menyeluruh. Jadi, hal ini dapat dikatakan bahwa denah sebagai tahap awal dalam rencana pembangunan rumah.

2. Membantu Rencana Anggaran

Fungsi denah lainnya adalah untuk mengetahui rencana anggaran biaya yang akan digunakan dalam proses pembuatan rumah. Jadi, anggaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tetap memperhatikan ketelitian dan detail dari berbagai sisi.

3. Memudahkan Proses Instalasi

Adanya denah juga mempermudah tukang instalasi listrik untuk memasang instalasi listrik. Dengan hal tersebut, dapat menjadi acuan untuk menentukan titik-titik penerangan yang harus dipasang dan tentunya membantu rencana anggaran biaya instalasi listrik.

5. Menggambarkan Sirkulasi Ruangan

Denah membantu menggambarkan sirkulasi ruangan, yaitu arus lalu lintas penghuni di dalam ruangan tersebut. Jadi, denah dapat menggambarkan letak pintu agar akses dapat lebih mudah.

Baca Juga: Kenali Furniture: Arti, Sejarah, Fungsi, Jenis, dan Material

Perencanaan pembangunan rumah
Ilustrasi proses pembangunan rumah (Avel Chuklanov/Unsplash)

Perencanaan Denah Rumah

Sebelum membuat rumah, pastikan untuk membuat perencanaan denah rumah. Hal tersebut berguna agar denah rumah yang dihasilkan dapat maksimal sesuai dengan keinginan. Berikut adalah perencanaan denah sebelum membangun rumah.

1. Merancang Anggaran

Anggaran merupakan hal yang sangat penting dalam membangun sebuah rumah. Anggaran yang realistis akan menjadi perhitungan biaya yang diperlukan untuk membangun rumah impian. Perencanaan anggaran akan menghitung mulai dari harga tanah, jasa arsitek, biaya kontraktor, bahan konstruksi, dan peralatan saat pembangunan serta furnitur bagian dalam rumah.

2. Pilih Lokasi yang Nyaman

Pemilihan lokasi ini nantinya akan berhubungan dengan harga tanah di sekitar. Mulai tentukan lokasi daerah yang akan ditinggali di pinggiran kota atau di pedesaan. Periksa juga faktor penting lainnya, seperti kondisi tanah, drainase, dan kebersihan wilayah.

3. Pilih Denah Rumah

Pembuatan denah rumah dapat direncanakan secara pribadi dengan melihat ide-ide pada media sosial. Jika ingin hasil yang lebih, gunakan jasa kontraktor, arsitek, atau desainer interior untuk merancang anggaran serta rumah impian. Penggunaan jasa profesional tersebut akan membuat rancangan menjadi lebih matang dan dapat memperhitungkan anggaran dengan baik.

Denah Rumah Minimalis

Di era sekarang, rumah minimalis menjadi tipe rumah atau hunian yang diminati banyak orang. Peminat utama dari rumah minimalis ini adalah pasangan keluarga muda yang baru saja menikah. Rumah minimalis ini banyak diminati karena penggunaan lahan yang cenderung kecil dan dana yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. 

Denah rumah minimalis memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut.

1. Tata Ruang Sederhana

Denah rumah minimalis memiliki ciri tata ruang yang sederhana. Ciri spesifik lainnya adalah bentuknya sederhana, denah lantai terbuka, dinding interior minimal, area yang sederhana, dan keleluasaan pandangan. 

2. Pengoptimalan Fungsi Jendela Kaca

Rumah minimalis dapat dilihat dari penggunaan kaca yang cukup banyak. Kaca pada rumah minimalis cenderung memiliki ukuran yang lebar dan besar. Jendela ini memiliki fungsi agar udara dan sinar matahari dapat masuk rumah dengan mudah. Pencahayaan alami ini juga dimaksudkan untuk memberikan nilai estetika atau keindahan.

3. Sekat dan Pembatas Ruangan Tidak Banyak

Sekat dan pembatas ruangan pada rumah minimalis cenderung tidak banyak karena pada rumah minimalis telah mengoptimalkan jendela. Sekat ini akan membuat ruangan menjadi terlihat sempit. Ciri dari rumah minimalis adalah ruang keluarga, meja makan, dan dapur terletak pada satu tempat atau tanah yang hanya dipisahkan oleh furnitur. 

4. Furnitur Minimalis

Rumah minimalis biasanya menggunakan furniture untuk menunjang konsep minimalis. Bentuk perabotnya cenderung tidak terlalu besar. Dengan begitu, furniture ini akan dapat menunjukkan fungsinya.

5. Warna Dinding Sederhana

Warna dinding pada rumah minimalis biasanya didominasi dengan warna yang netral, seperti abu-abu dan putih. Warna tersebut memberikan kesan bersih dan netral untuk dinding. 

Baca Juga: Cara Mengecat Tembok dengan Baik dan Benar

Cara Membuat Denah Rumah

Berikut adalah cara dan langkah-langkah dalam membuat denah rumah.

1. Mencari Inspirasi

Sebelum membuat denah, pastikan untuk mencari inspirasi dan referensi mengenai contoh denah rumah yang akan dibuat. Inspirasi ini berguna sebagai gambaran saat akan merancang rumah. Dengan referensi tersebut, dapat diketahui ukuran dan tata letak ruangannya.

2. Menentukan Model Rumah

Saat ini banyak sekali model rumah, mulai dari model rumah 3 kamar, denah rumah 2 lantai, denah sederhana, dan sebagainya. Model rumah ini akan bergantung pada sketsa rumah secara keseluruhan. Contohnya adalah denah rumah 2 lantai yang harus memiliki 2 layout atau tata letak. 

3. Mempelajari Standar Ukuran

Riset mengenai kebutuhan ruangan sangat penting dilakukan. Riset dilakukan mulai dari ukuran setiap kamar, ukuran ruang-ruangan, dan kebutuhan mendasar lainnya.

 

Membuat denah rumah
Perencanaan denah untuk rumah (Daniel Mccullough/Unsplash)

4. Menentukan Jumlah Ruangan

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menentukan jumlah ruangan. Tentukan apakah membuat denah dengan 3 kamar atau 2 kamar. Apakah perlu menggunakan garasi atau tidak.

5. Mengukur Lahan dan Bangunan

Ukuran bangunan dan lahan akan sangat berpengaruh terhadap jumlah ruangan. Pastikan juga untuk mengukur dinding, pintu, jendela, dan furniture lainnya.

6. Membuat Denah Dasar

Denah dasar dibuat dengan zonasi dan diagram yang menghubungkan antarruang. Cara membuat denah dasar ini dapat dilakukan dengan garis-garis tebal dan tipis secara sederhana. Meskipun digambarkan secara sederhana, denah ini berguna sebagai pedoman pembuatan denah rumah lebih lanjut.

7. Menggambar secara Spesifik

Gambaran spesifik ini dapat dimulai dengan membuat gambar pintu dan jendela. Berikan keterangan pada setiap gambar, seperti ketebalan dinding, simbol material, pintu, dan jendela. Furnitur juga dapat ditambahkan agar mendapat gambaran dari ruangan yang dibuat.

Gambar Denah Rumah Minimalis

Berikut adalah contoh gambar denah rumah minimalis yang dapat menjadi inspirasi kalian untuk membuat rumah.

1. Denah Rumah Minimalis 2 Kamar

Gambar denah rumah minimalis 2 kamar
Sumber: Lingkar Warna

2. Denah Rumah Minimalis 3 Kamar

Gambar denah rumah minimalis 3 kamar
Sumber: Arsitur

3. Denah Rumah Minimalis 2 lantai

Gambar denah rumah 2 lantai
Sumber: Rumah Pantura

Baca Juga: Mengenal Struktur Bangunan Bentang Lebar Hingga Contohnya

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai denah untuk rumah. Dengan penjelasan tersebut, membuat denah rumah akan semakin baik dan rumah impian didapatkan.


Adimas merupakan supplier asbes dan lisplang terpercaya yang dapat mendistribusikan ke seluruh Indonesia. Kami menyediakan asbes gelombang dengan kualitas terbaik dan unggulan untuk memenuhi kebutuhan rumah kalian.

Rekomendasi Artikel Terkait