GRC Board : Pengertian, Fungsi, dan 3 Kelebihannya

Published: 17 April 2024
Author:
Daftar Isi

Dalam sebuah bangunan diperlukan beberapa material tambahan. Salah satunya adalah GRC board. GRC Board merupakan salah satu inovasi yang memberikan dekorasi dan gaya baru untuk dinding pada sebuah bangunan.

Dalam sebuah bangunan, terutama dinding, GRC Board menjadi salah satu alternatif untuk mempertebal dinding bangunan dan memberikan tambahan nilai estetika. Bahan GRC yang umumnya terbuat dari semen dan serat fiber memudahkan GRC Board untuk dibentuk sesuai dengan preferensi bangunan.

GRC Board juga sangat penting bagi sebuah bangunan dengan gaya minimalis. Gaya minimalis umumnya tidak memerlukan material yang banyak dan tebal, sehingga cocok untuk menempatkan GRC yang memiliki tekstur tipis dan fleksibel pada bangunan minimalis.

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai GRC Board beserta pengertian, fungsi, bahan pembuatan dan kelebihannya.

Pengertian GRC Board

GRC, juga disebut GRC Board atau papan GRC merupakan singkatan dari Glass-Fiber Reinforced Concrete. Merupakan sebuah papan tipis yang fleksibel dan terbuat dari semen dan fiberglass. GRC juga sering disebut sebagai papan semen. 

Bentuknya mirip dengan asbes atau seng, hanya saja dengan permukaan yang lebih halus dan tidak bergelombang. Secara umum GRC berbentuk lembaran-lembaran persegi atau persegi panjang. Namun ada juga yang berbentuk lingkaran tergantung penggunaan dan permintaan.

Selain disebut sebagai beton bertulang serat kaca, GRC adalah salah satu bahan konstruksi modern yang cukup populer saat ini. GRC biasa menjadi bahan yang diperlukan untuk bangunan bergaya minimalis.

Umumnya GRC digunakan untuk penggunaan dinding bangunan, baik indoor maupun outdoor. Dinding yang menggunakan GRC umumnya akan lebih tipis namun menjadi penghantar udara dan panas yang baik bagi bangunan.

Fungsi GRC

Atap yang terbuat GRC
Atap yang terbuat GRC (Sumber: Pexels.com)

Hal tersebut yang menyebabkan GRC sangat digemari oleh bangunan minimalis. Dikarenakan konsepnya yang sederhana dan fleksibel serta multifungsi. Berikut adalah fungsi dari papan GRC.

1. Alternatif papan multiplek

Anda dapat mengganti papan multiplek yang lebih berat dan kurang fleksibel dengan papan GRC. tekstur yang halus dan bobot yang lebih ringan membuat GRC dapat digunakan untuk pengganti papan multiplek pada dinding bangunan. Hal ini juga dikarenakan GRC dapat tidak mudah patah meskipun tipis.

2. Pengganti papan gipsum

Anda bisa mengganti papan gipsum pada bangunan anda yang lebih keras dengan GRC board yang lebih halus. Sehingga bangunan anda akan terkesan lebih minimalis dan memberikan kesan lembut pada arsitekturnya.

3. Penutup dinding eksterior

Dinding eksterior umumnya rentan retak dan diserang lumut. Karena dinding eksterior tidak memiliki pelapis atau penutup yang mampu melindungi dinding eksterior dari tekanan suhu dan air hujan. GRC mampu menjadi penutup dan pelapis dinding eksterior supaya tidak mudah terkena lumut.

4. Alternatif plin lantai

Apabila suatu bangunan memerlukan plin lantai yang halus namun bersifat temporal atau bisa dipindah-pindah, maka GRC dapat menjadi alternatif yang cocok. Sehingga anda dapat mengganti atau mengubah posisi GRC sebagai pengganti plin lantai. 

Plin lantai yang terbuat dari GRC dapat dibuat sendiri. Sehingga anda dapat mengukur dan membentuk GRC untuk plin lantai bangunan sesuai kebutuhan dan preferensi anda.

5. Dekorasi dinding

GRC dapat digunakan sebagai salah satu media untuk dekorasi dinding pada bangunan. Anda dapat memotong dan mengukur GRC sesuai dengan gaya atau tampilan dekorasi yang cocok untuk bangunan anda.

Sebagai dekorasi dinding, GRC memiliki bobot yang ringan dan tidak mudah rusak. Bentuk awal GRC yang fleksibel memudahkan anda untuk membentuk GRC dengan banyak tema dan corak yang menambah nilai estetika dan dekorasi bangunan.

Bahan Pembuatan GRC Board

GRC Board umumnya digunakan dengan beberapa bahan yang sederhana, terutama fiberglass atau serat fiber dan semen. Berikut adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat GRC board atau papan semen.

1. Semen portland

Semen portland adalah bahan utama dalam pembuatan papan GRC. Jenis semen portland yang dapat digunakan juga bervariasi tergantung keinginan. Anda dapat menggunakan jenis semen portland I, II, maupun III. Semen portland berfungsi untuk binder utama yang mengikat semua komponen.

Selain itu semen portland dapat memberikan ketahanan pada GRC terhadap air dan api. Sehingga papan GRC tidak mudah terbakar karena api ataupun lembab terkena air.

2. Serat

Serat yang digunakan sebagai pembuatan papan GRC ada tiga jenis yaitu:

  • Serat selulosa: Serat yang terbuat dari kayu, bambu, dan limbah kertas.
  • Fiberglass: Serat ini akan memberikan ketahanan yang tinggi pada GRC terhadap api dan daya tarik yang kuat.
  • Serat mineral: bentuk dan sifatnya mirip dengan serat asbestos, namun jarang digunakan karena alasan kesehatan.

Serat berfungsi sebagai bahan reinforcement untuk memperkuat papan semen GRC. Sehingga papan GRC tidak mudah retak ataupun pecah karena tekanan.

3. Air

Air digunakan untuk mencampur serat dan semen portland menjadi adonan yang utuh. Gunakan air secukupnya agar adonan papan GRC tidak terlalu lembab ataupun terlalu kering. Apabila terlalu basah maka GRC yang dihasilkan akan mudah diserang lumut, sementara jika terlalu kering akan mudah retak.

Selain itu beberapa bahan tambahan seperti pasir dan aditif juga diperlukan. Pasir diperlukan untuk meningkatkan ketahanan pada papan GRC dan meningkatkan ketahanan semen sebagai bahan utama GRC. Kemudian aditif akan memudahkan proses pengerjaan atau workability.

Jenis Papan GRC

Berdasarkan bahan pembuatannya, ada beberapa jenis papan semen GRC yang perlu diketahui sebelum memasangnya pada sebuah bangunan. Berikut adalah jenis papan semen GRC sesuai dengan bahan pembuatan dan fungsinya.

1. Cement GRC board:

Terbuat dari semen dan dan serat selulosa sebagai bahan utama. Sering digunakan sebagai 

2. Calcium Silicate GRC board:

Terbuat dari serat mineral dan semen portland. Umumnya digunakan untuk pengganti papan gipsum dan dekorasi dinding. 

3. Magnesium Oxide GRC board:

Digunakan untuk dekorasi dinding dan tidak terbuat dari serat. Melainkan terbuat dari campuran semen dan magnesium oksida dan beberapa bahan tambahan seperti aditif.

Kelebihan Papan Semen GRC

Papan yang Terbuat dari GRC
Papan yang Terbuat dari GRC (Sumber: Pexels.com)

Papan semen GRC memiliki banyak kelebihan dan kegunaan yang bermanfaat bagi sebuah bangunan. Adapun kelebihan dari papan semen GRC adalah sebagai berikut.

1. Kekuatan dan Ketahanan

Papan semen GRC memiliki kekuatan dan ketahanan terhadap air dan api. Sehingga cocok digunakan untuk pelapis dinding terutama dinding luar. Ketahanan ini juga membuat GRC menjadi penghantar udara yang baik pada sebuah bangunan.

2. Fleksibilitas

GRC sangat fleksibel dan dapat digunakan secara temporal atau tidak permanen. Sehingga anda dapat memasangnya dimanapun dan memindahkannya kapanpun tanpa perlu waktu yang banyak. GRC juga memiliki bobot yang ringan dan tipis sehingga mudah untuk dipindahkan sesuai kebutuhan.

3. Ramah Lingkungan dan Menambah Nilai Estetika

GRC sangat ramah lingkungan dan cocok bagi bangunan yang mengedepankan konsep minimalisme dan eco-green. Hal ini dikarenakan GRC memiliki ukuran yang dapat disesuaikan dengan kondisi bangunan dan ringan.

GRC juga dapat menambah nilai estetika suatu bangunan. Terutama jika digunakan sebagai pelapis dinding, dekorasi dinding, dan juga plin lantai.

Demikian penjelasan artikel ini terkait papan semen GRC atau Glass-Fiber Reinforced Concrete. GRC memiliki banyak manfaat dan berfungsi sebagai pelapis dinding pada sebuah bangunan. Selain itu GRC juga dapat menjadi media dekorasi untuk menambah nilai estetika dan seni pada dinding bangunan. 

Salah satu jenis GRC adalah GRC lisplang bermotif kayu yang menjadi salah satu alternatif untuk mempercantik bangunan. Adimas menyediakan beragam jenis lisplang bermotif kayu dengan nilai estetika yang tinggi. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Rekomendasi Artikel Terkait