Batako adalah: Definisi, Jenis, Kelebihan, & Kekurangannya

Published: 10 May 2024
Author:
Daftar Isi

Dalam sebuah bangunan, material, atau bahan baku utama merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan. Sebab, ini berkaitan dengan bangunan supaya tetap kokoh dan kuat dalam jangka waktu yang panjang.

Biasanya, untuk membangun sebuah rumah yang kokoh, maka salah satu material yang sering digunakan adalah batako. Terlebih lagi, batako adalah material utama dalam bangunan yang digunakan untuk menyusun konstruksi rumah.

Bahkan, sekarang ini banyak sekali berbagai jenis bangunan yang menggunakan batako sebagai material utamanya.

Hal tersebut dikarenakan batako mampu untuk membuat bangunan menjadi kokoh dan harganya cenderung lebih murah.

Lantas, apa itu batako? Tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan penjelasan lebih lengkap mengenai pengertian batako beserta dengan jenis, kelebihan, dan kekurangannya.

Yuk, simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Pengertian Batako adalah

Batako adalah batu bata yang berasal dari campuran pasir, semen, dan air yang kemudian dicetak dengan ukuran lebih besar dari batu bata merah.

Setelah dicetak, batako dikeringkan di tempat terbuka dan terhindar dari sinar matahari secara langsung. Tujuannya supaya kepadatan material lebih tinggi dari batu bata merah yang dibakar.

Biasanya, ukuran batako adalah berkisar antara 8-10 cm untuk tebal, 36-40 cm untuk panjangnya, dan 18-20 cm tingginya.

Perlu Anda ketahui, cara pembuatan batako ini berbeda dengan bata merah. Sebab, pembuatan batako tidak melalui tahapan pembakaran dengan suhu yang tinggi, melainkan melewati proses press atau cetak menggunakan alat cetak padat.

Pembuatannya yang di-press banyak yang menyebutnya dengan sebutan batako press. Selain itu, batako juga sering disebut dengan singkatan dari bata kosong karena bagian di dalamnya bolong. Bahkan, ada juga yang menyebutnya sebagai bata concrete karena terbuat dari beton.

Selain itu, ada juga batako yang berasal dari campuran kapur, air, dan batu tras. Kemudian, ada pula jenis batako yang terbuat dari campuran pasir, semen, dan tambahan batu bara.

Terlepas dari mana campuran bahan baku tersebut, terdapat manfaat batako yang mana diklaim membuat bangunan kokoh dan kuat.

Berbeda dengan batu bata merah yang sejatinya memiliki warna merah akibat proses pembakaran, sedangkan batako mempunyai warna abu-abu.

Jenis Batako

Seperti yang telah disebutkan di atas, jika batako mempunyai beragam campuran bahan baku untuk membuatnya. Tentu, ini juga akan menghasilkan beberapa jenis batako.

Nah, jenis-jenis batako adalah sebagai berikut:

1. Batako putih

Pertama, ada jenis batako putih yang mempunyai nama lain tras. Batako putih ini terbuat dari campuran batu kapur, air, dan tras. 

Namun, bahan utama dari batako putih ini adalah tras yang mana berupa tanah berwarna putih atau putih kecoklatan dan berasal dari pelapukan batuan gunung berapi.

2. Batako semen

Jenis kedua adalah batako semen yang sering disebut dengan batako press. Batako semen adalah jenis batako yang berasal dari campuran pasir, semen, dan abu batu.

Pembuatan batako ini melalui tahapan pencetakan atau press, sehingga sering kali dikenal juga dengan istilah batako press.

3. Batako beton

Terakhir, ada batako beton yang mana terbuat dari campuran material pasir dengan semen portland (PC). Proses pembuatan batako ini sama dengan batako semen, yakni melalui proses pencetakan.

Biasanya, batako beton ini supaya ukurannya tidak terlalu berat, maka terkadang memakai tambahan batu bara dan styrofoam.

Kelebihan Batako 

Terdapat dinding yang terbuat dari batako.
Dinding Terbuat dari Batako (Sumber: Freepik.com)

Batako adalah salah satu material bangunan yang penggunaannya sangat populer saat ini. Hal ini tentunya tidak lepas dari berbagai kelebihan yang ada.

Nah, berikut ini beberapa kelebihan batako yang perlu Anda ketahui:

1. Murah

Kelebihan pertama dari batako adalah harganya yang cenderung lebih terjangkau dari pada bata merah. Hal ini tidak lepas dari proses pembuatannya yang tidak memerlukan pembakaran yang tentu membutuhkan waktu lama.

Bahkan, harga batako ini bisa Anda dapatkan kisaran seribu rupiah saja untuk satu bijinya. Tentu, ini sangat terbilang murah untuk jenis material bangunan.

2. Ringan

Kedua, kelebihan batako adalah lebih ringan dari pada jenis material bangunan lainnya. Tentu, kelebihan ini menguntungkan bagi para pekerja karena proses pembangunan menjadi lebih cepat dan mudah.

3. Mempunyai sifat kedap air

Kelebihan yang cukup luar biasa dari material bangunan batako adalah mempunyai sifat yang kedap atau tahan terhadap air.

Dengan begitu, penghuni rumah tidak perlu khawatir karena air hujan tidak akan rembes ke dinding bangunan yang mungkin menyebabkan ruangan menjadi lembab.

4. Ukuran besar dan simetris

Dari segi ukuran, batako lebih besar dari pada bata merah. Hal ini memiliki manfaat bagi pekerja karena menghemat waktu saat proses konstruksi.

Selain itu, batako juga cukup simetris dibandingkan bata merah, sehingga saat proses pemasangan atau penyusunan akan terlihat lebih rapi.

5. Mampu menyerap panas dengan baik

Kelebihan terakhir adalah batako mampu menyerap panas dengan baik, sehingga cocok untuk membangun rumah di kawasan dengan suhu panas.

Dengan begitu, suhu panas yang mampu diserap dengan baik dapat berpengaruh positif bagi rumah karena akan terasa lebih sejuk.

Kekurangan Batako

Selain beberapa kelebihan dari batako, terdapat pula kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya.

1. Rentan pecah

Kekurangan pertama dari batako adalah rentan pecah karena material pembuatnya hanya dari semen, pasir, dan air. Tentu, bahan utama seperti ini cukup mudah pecah, sehingga sulit bertahan lama jika Anda tidak memilihnya dengan benar.

Maka dari itu, pastikan Anda memilih jenis batako yang benar-benar berkualitas untuk kebutuhan dinding rumah.

2. Mudah retak

Selain mudah retak, batako juga mudah retak karena bobotnya yang sangat ringan dan hanya terbuat dari semen, pasir, dan air saja.

Kemudian, batako juga memiliki rongga di bagian tengah yang mana membuat material ini mudah retak dibandingkan bata merah.

3. Lebih bising

Kekurangan terakhir adalah batako bukanlah peredam suara yang baik, sehingga di setiap ruangan rumah akan terdengar lebih bising.

Hal ini tidak lepas dari bahan material yang tidak padat layaknya bata merah serta adanya rongga di bagian tengah, sehingga suara bising dari luar tetap bisa masuk.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu batako beserta dengan jenis, kelebihan, dan kekurangannya.

Kesimpulannya, batako adalah salah satu material bangunan yang terbuat dari campuran semen, pasir, dan air serta proses pembuatannya melalui pencetakan.

Artinya, batako adalah material konstruksi yang cukup penting untuk membangun dan menciptakan rumah impian Anda karena digunakan untuk membuat dinding yang kokoh.

Selain batako, terdapat material lain dalam konstruksi bangunan yang peranannya juga sangat vital, yakni lisplang. Lisplang adalah material bidang panjang yang berguna untuk menutup bagian atas bangunan, tepatnya di bawah atap.

Maka dari itu, pastikan Anda juga memilih jenis lisplang yang terbaik dan berkualitas untuk bangunan rumah. Salah satunya adalah melalui produk Klasikplang dari Adimas yang sudah memenuhi standar kelayakan konstruksi serta tahan terhadap air dan api.

Jika tertarik untuk menggunakannya, maka segera hubungi kami dan konsultasikan semua kebutuhan Anda secara gratis!

Rekomendasi Artikel Terkait