Atap Alderon: Definisi, Fungsi, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Harganya

Published: 21 September 2023
Author:
Daftar Isi

Salah satu material bangunan penting yang perlu disiapkan dalam konstruksi bangunan adalah atap. Atap adalah material bangunan yang berfungsi sebagai penutup rumah.

Dengan menggunakan atap, rumah anda bisa terlindungi dari cuaca ekstrem. Sama halnya dengan material bangunan lain, atap juga memiliki banyak jenisnya, mulai dari atap genteng, atap beton, atap asbes, atap seng, dan lain sebagainya.

Salah satu jenis atapnya adalah atap alderon. Atap alderon merupakan sejenis atap PVC populer berbentuk gelombang.

Pada artikel berikut kita akan membahas seputar atap alderon, fungsi, jenis, kelebihan, kekurangan, dan daftar harga atap alderon. Simak selengkapnya!

Pengertian Atap Alderon

Ilustrasi alderon roof (from Unsplash)
contoh atap alderon (from Unsplash)

Atap alderon adalah jenis material atap uPVC gelombang yang memberikan solusi bagi kebutuhan atap bangunan rumah Anda. Tektsur atap alderon bergelombang sehingga memberikan kesan simpel dan menarik.

Atap ini memiliki bentuk yang unik sehingga cocok diaplikasikan pada rumah yang desainnya minimalis. Atap ini tersedia dalam dua jenis double layer dan single layer

Melansir dari situs alderon, atap uPVC Alderon dibuat dengan menggunakan material dengan formulasi khusus sehingga membuat ata ini kokoh.

Fungsi Atap Alderon

Atap ini memiliki beberapa fungsi di antaranya:

1. Atap Lapangan Futsal

Kebanyakan lapangan futsal terletak pada ruangan tertutup sehingga memerlukan sirkulasi udara yang baik. Untuk itu, kebanyakan lapangan futsal menggunakan jenis alderon roof untuk memperoleh sirkulasi udara yang lancar. 

2. Atap Pabrik

Pada sebuah ruangan pabrik biasanya menampung lebih dari 10 orang sehingga membuat ruangan terasa panas dan gerah.

Oleh karena itu, dibutuhkan sirkulasi udara yang baik dengan penggunaan bahan bangunan yang dapat memperlancar sirkulasi udara yang baik, sehingga alderon roof menjadi pilihan terbaik untuk membangun pabrik.

3. Atap Perkantoran

Sama halnya dengan pabrik, kantor juga memerlukan sirkulasi udara ynag baik mengingat jumlah karyawannya yang banyak. Alderon roof juga menjadi solusi terbaik sebagai atap perkantoran.

4. Atap Perumahan

Dalam proses konstruksi bangunan rumah, tentunya Anda pasti memilih bahan bangunan berkualitas yang cocok untuk hunian terbaik. Alderon roof dapat digunakan sebagai interior maupun eksterior rumah.

Baca Juga: Jenis, Kelebihan, Cara Pasang, dan Cara Merawat Atap Asbes

Jenis-Jenis Atap Alderon

Alderon roof memiliki dua jenis yang berbeda yaitu Alderon Twinwall Corrugated dan Alderon RS Single Wall Corrugated. Berikut penjelasan dari kedua jenis tersebut:

1. Alderon Thinwall Corrugated

Atap jenis ini berbentuk gelombang dengan rongga yang dibuat dari bahan uPVC. Lebih lanjut, atap jenis ini memiliki ketahanan yang baik dalam menghadapi teriknya sinar matahari dan cuaca ekstrem.

Jika dibandingkan dengan jenis atap lainnya, alderon thinwall corrugated lebih ampuh dalam mncegah radiasi matahari.

Selain itu, atap ini juga memiliki kemampuan soundproof sehingga bisa meredam suara bising sehingga menciptakan suasana lebih tenang.

2. Alderon RS Single Wall Corrugated

Perbedaan antara kedua jenis ini terletak pada rongganya, dimana alderon RS Single corrugated tidak mempunyai rongga seperti alderon thinwall corrugated.

Atap jenis ini diciptakan lebih ringan dan tidak berongga namun cahaya matahari masih bisa menembusnya. Selain itu, jenis atap ini sering menjadi pilihan karena pengapikasiannya yang mudah dan ringan.

Lebih lanjut, atap ini juga bersifat fire resistance. Ketika terkena api maka atap ini tidak mudah untuk terbakar dan sangat mudah dibentuk sesuai dnegan keinginan.

Kelebihan Atap Alderon

contoh atap alderon
contoh rumah atap alderon (from Unsplash)

Sebelum memutuskan untuk memakai atap jenis ini, ada baiknya untuk mempelajari kelebihan atap ini terlebih dahulu:

1. Menciptakan Suasana Sejuk

Alderon roof mampu meredam panas dengan efektif. Rongga udara yang terdapat pada jenis atap ini dapat menghantarkan panas, tetapi dalam skala rendah karena dirancang khusus menjadi penghabat panas yang baik. 

Selain itu, pemasangan lapisan insulasi di bawah atap metal sangat penting untuk mencegah panas masuk.

2. Kokoh

Dinding rongga pada alderon roof mempunyai formula yang unik sehingga menghasilkan struktur yang padat. Formulasi struktur atap ini menjadikannya kokoh dan kuat. 

Melansir dari situs rumahcom, berdasar hasil pengetesan yang telah dilakuka, atap ini mampu menahan beban mencapai 540kg sehingga menjadikannya atap yang kuat.

3. Kedap Suara

Melansir dari situs alderon, alderon roof dengan ketebalan 10mm dapat meredam suara hingga 27% (ASTM E90). Ini membuktikan bahwa alderon roof merupakan material bangunan dengan kemampuan soundproof.

4. Tahan Lama

Alderon roof dilengkapi dengan formula pelindung sinar ultraviolet, sehingga membuat atap ini tidak mudah luntur dan tahan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, atap ini juga bersifat anti korosi dan karat sehingga tahan terhadap cuaca ekstrim.

5. Biaya Perawatan Rendah

Untuk membersihkan atap ini, Anda hanya perlu menyemprotkan air yang dicampur dengan sedikit sabun. Hal ini dikarenakan atap ini diciptakan dengan formula spesial, sehingga dengan menggunakan atap jenis ini, Anda bisa menghemat biaya.

6. Mudah Dibentuk dan Ramah Lingkungan

Alderon roof dibuat dengan bahan yang mudah untuk dibentuk dan dipotong sesuai dngan kebutuhan. Untuk memotongnya, Anda hanya perlu menyiapkan gergaji tanpa alat khusus. Atap jenis ini juga dibuat dari bahan yang ramah lingkungan yaitu UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride).

Kekurangan Atap Alderon

Di samping kelebihannya, alderon roof juga memiliki kekurangan, di antaranya:

1. Harga Cenderung Mahal

Alderon roof dibuat dari bahan yang berkualitas tinggi sehingga mengakibatkan harganya cenderung lebih mahal. Namun, harga tersebut setara dengan kualitas yang didapatkan.

2. Pilihan Warna Terbatas

Alderon roof hanya memiliki dua jenis warna hingga saat ini, yaitu putih dan biru muda. Karena terbatasnya pilihan warna yang ditawarkan, maka Anda harus bisa menyesuaikan warna interior dan eksterior dengan atap, sehingga warna bangunan Anda bisa selaras.

Harga Atap Alderon

Harga atap Alderon dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti ukuran atap alderon, jenis material, lokasi geografis, dan penyedia atau toko tempat Anda membelinya. 

Untuk mendapat harga yang akurat, sebaiknya Anda menghubungi supplier atau toko bangunan terdekat di wilayah Anda atau melalui situs web resmi penyedia Alderon.

Pastikan Anda juga mempertimbangkan faktor lain seperti biaya pemasangan, biaya pengiriman, dan biaya tambahan lainnya yang mungkin terkait dengan proyek pemasangan atap. 

Alangkah lebih baiknya jika Anda berkonsultasi langsung dengan penyedia atau kontraktor bangunan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang harga dan spesifikasi atap Alderon.

Baca Juga: Jenis dan Model Atap Rumah untuk Hunian

Itulah penjelasan mengenai alderon roof yang dapat kami sampaikan. Dapat disimpulkan bahwa alderon roof adalah salah satu jenis atap dengan kualitas tinggi yang populer di kalangan masyarakat.

Atap Alderon dibuat dari material yang berkualitas dan ramah lingkungan. Harga alderon cenderung tinggi daripada atap lainnya seimbang dengan kualitas yang didapatkan.

Selain atap alderon, atap asbes juga merupakan salah satu jenis atap dengan kualitas tinggi. Asbes dibuat dari campuran fiber dan semen dengan bentuk lembaran gelombang. Atap asbes memiliki kekuatan dan ketangguhan tinggi dengan kemudahan pemasangan. 

Nah, bagi Anda yang memerlukan produk asbes, adimas menyediakan atap asbes dengan kualitas unggulan. Kunjungi website kami untuk melihat detail produk secara lengkap!

Rekomendasi Artikel Terkait