Real Estate: Pengertian, Jenis, Keuntungan & Cara Berbisnis

Published: 24 May 2023
Author:
Daftar Isi

Real estate adalah sektor yang merujuk pada properti atau lahan tanah, termasuk bangunan, tanah kosong, dan berbagai jenis properti lainnya.

Perkembangan industri real estate di indonesia juga terjadi seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan akan properti yang terus meningkat. Selain itu, real estate juga terbagi menjadi berbagai jenis mulai dari residential hingga untuk tujuan khusus.

Dalam dunia properti, istilah “real estate” sering kali terdengar. Namun, sebenarnya apa itu real estate? Apa saja faktor-faktor yang memengaruhi perkembangannya, jenis-jenis, dan apa perbedaannya dengan real property? Artikel ini akan membahas hal-hal tersebut secara rinci.

Apa itu Real Estate?

Sektor real estate adalah sektor yang merujuk pada properti atau tanah yang meliputi semua hal yang ada di atas atau di bawah permukaan tanah. Ini termasuk bangunan, tanah kosong, perumahan, kantor, apartemen, dan berbagai jenis properti lainnya.

Real estate (real estat) atau juga disebut lahan yasan juga mencakup hak kepemilikan atas properti dan semua kegiatan yang terkait dengan pengembangan, pembelian, penjualan, dan pengelolaan properti tersebut.

Diperlukan real estate developer untuk mengembangkan bisnis properti real estat ini. Mereka bertanggung jawab untuk merencanakan, mendesain, membangun, dan memasarkan proyek properti.

Real estate developer memiliki peran penting mengubah lahan kosong menjadi properti yang bernilai tinggi dan menguntungkan.

Industri real estate adalah sektor ekonomi yang berkaitan dengan pengembangan, pembelian, penjualan, dan pengelolaan properti real estat. Industri real estat melibatkan banyak pihak, termasuk pengembang, investor, agen properti, perusahaan konstruksi, dan institusi keuangan.

Industri real estat adalah salah satu sektor yang memiliki dampak ekonomi yang signifikan karena melibatkan investasi yang besar dan memberikan lapangan kerja bagi banyak orang.

Faktor yang Memengaruhi Perkembangan Real Estate

Ilustrasi real estate yang digambarkan dengan tampak atas dari suatu perumahan elit yang memperlihatkan sejumlah rumah dengan kavling luas dan jalan yang tertata
Ilustrasi Real Estat (Avi Waxman/Unsplash)

Industri real estate adalah salah satu sektor yang mengalami perkembangan yang menarik. Perkembangan industri real estate di indonesia ini terjadi seiring dengan pertumbuhan ekonomi, perkembangan kota, dan kebutuhan akan properti yang terus meningkat.

Simak beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan industri real estate di Indonesia berikut ini.

1. Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi yang stabil dan positif memiliki dampak langsung pada perkembangan industri real estat. Ketika perekonomian suatu negara tumbuh, permintaan akan properti, baik untuk tempat tinggal maupun komersial, juga meningkat.

Investasi dalam pembangunan properti dan pengembangan proyek real estat menjadi lebih menarik dan menguntungkan. Oleh karena itu, industri real estate tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang baik.

2. Perkembangan Kota

Perkembangan kota atau urbanisasi juga berkontribusi pada perkembangan industri real estat. Seiring dengan pertumbuhan penduduk dan peningkatan aktivitas ekonomi di kota-kota, permintaan akan properti juga meningkat.

Kebutuhan akan hunian, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan fasilitas komersial lainnya semakin meningkat. Hal ini mendorong pengembang real estat untuk berinvestasi dalam pengembangan proyek properti yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan kota.

3. Permintaan Properti yang Tinggi

Permintaan yang tinggi terhadap properti merupakan salah satu faktor utama yang mendorong perkembangan industri real estat. Masyarakat memiliki kebutuhan akan hunian yang layak dan nyaman, serta bisnis membutuhkan tempat untuk beroperasi.

Faktor-faktor demografis, perubahan gaya hidup, dan perkembangan industri juga berperan dalam meningkatnya permintaan properti.

Hal ini memberikan peluang bagi pengembang real estat untuk memenuhi kebutuhan pasar dan menghasilkan keuntungan.

4. Dukungan Pemerintah

Dukungan dari pemerintah sangat penting dalam perkembangan industri real estat. Kebijakan yang kondusif, regulasi yang jelas, dan insentif investasi mendorong pengembang dan investor untuk terlibat dalam industri ini.

Pemerintah juga berperan dalam menyediakan infrastruktur yang mendukung pengembangan properti, seperti jalan, air, dan listrik. Dukungan pemerintah menciptakan iklim investasi yang baik dan membantu mempercepat perkembangan industri real estat.

Baca Juga: Ring Balk: Definisi, Ukuran, Detail, Fungsi dan Jenisnya

5. Inovasi dan Teknologi

Perkembangan industri real estat tidak lepas dari inovasi dan kemajuan teknologi. Penggunaan teknologi dalam perencanaan, desain, konstruksi, dan pemasaran properti telah membawa perubahan signifikan dalam industri ini.

Penggunaan perangkat lunak, sistem manajemen properti, dan teknologi konstruksi modern mempercepat proses pengembangan properti, meningkatkan efisiensi, dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen.

Perkembangan industri real estat merupakan hasil dari berbagai faktor, termasuk pertumbuhan ekonomi, perkembangan kota, permintaan properti yang tinggi, dukungan pemerintah, dan inovasi teknologi.

Dengan memahami dinamika ini, dapat dilihat menariknya industri real estat dan potensinya dalam memberikan manfaat ekonomi dan kebutuhan properti bagi masyarakat.

Keuntungan Usaha Real Estate

Sebelum masuk pada bidang real estate, baiknya adalah kalian mengetahui keuntungan dari bisnis usaha real estat ini. Berikut ini adalah keuntungan usaha dari real estat.

1. Nilai yang Konstan Naik

Seiring berjalannya waktu, nilai real estate akan naik. Nilai real estate yang naik tersebut akan mengungguli tingkat inflasi. Dengan memberikan properti yang berkualitas, dapat juga membantu menaikkan harga real estat.

2. Sumber Penghasilan

Properti real estate yang dimiliki dapat disewakan kepada orang lain sehingga akan menjadi sumber penghasilan. Penghasilan dari real estat dapat menjadi penghasilan pasif atau sampingan.  

3.  Inflansi Dilawan

Barang-barang nilainya akan sama apabila inflasi terjadi. Dengan melakukan bisnis real estat ini, harga properti yang dimiliki akan meningkat. Harga dapat sama atau bahkan melebihi nilai inflasi.

Jenis-jenis Real Estate

Dalam dunia properti, terdapat beberapa jenis real estat yang penting untuk dipahami. Setiap jenis real estate memiliki karakteristik dan tujuan penggunaan yang berbeda.

Berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa jenis real estat yang umum ditemui.

1. Residential Real Estate

Jenis residential mencakup properti yang digunakan untuk tempat tinggal. Contohnya adalah rumah, apartemen, kondominium, townhouse, dan vila. Residential ini biasanya dibeli atau disewa oleh individu atau keluarga untuk keperluan tinggal.

Properti residensial sering ditempati oleh pemiliknya sendiri, meskipun ada juga yang disewakan kepada penyewa.

2. Commercial Real Estate

Jenis komersial ini digunakan untuk kegiatan bisnis dan komersial. Jenis commercial umumnya mencakup properti seperti kantor, toko, pusat perbelanjaan, hotel, restoran, dan gedung-gedung perkantoran.

3. Industrial Real Estate

Jenis ini digunakan untuk kegiatan industri dan manufaktur. Properti industrial biasanya berupa pabrik, gudang, lahan industri, atau kompleks industri. Jenis real estat ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan produksi dan distribusi barang serta infrastruktur yang mendukung aktivitas industri.

4. Tanah

Tanah sebagai jenis real estat merujuk pada lahan yang belum memiliki bangunan atau struktur apapun di atasnya. Tanah dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti pengembangan perumahan, komersial, pertanian, atau industri.

Tanah sering kali menjadi aset berharga yang dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perencanaan.

5. Tujuan Khusus

Jenis real estat ini mencakup properti yang memiliki tujuan penggunaan khusus yang spesifik. Contohnya adalah sekolah, rumah sakit, tempat ibadah, area rekreasi, atau properti publik lainnya.

Properti tujuan khusus didesain dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan tertentu dalam masyarakat, seperti pendidikan, perawatan kesehatan, atau aktivitas keagamaan.

Mengenali jenis-jenis real estate ini penting karena setiap jenis memiliki karakteristik dan peraturan yang berbeda. Selain itu, pemahaman tentang jenis real estat juga membantu dalam mengambil keputusan investasi atau kebutuhan properti yang sesuai dengan keperluan kita.

Baca Juga: Mengenal Profesi Mandor, Tugas, Jenis, dan Gajinya

Contoh Real Estate

Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis real estate yang dapat dipilih ketika ingin memulai bisnis properti.

1. Perumahan

Bentuk usaha yang paling umum dari usaha properti ini adalah perumahan. Kebutuhan yang tinggi akan perumahan membuat harga perumahan setiap tahunnya meningkat. Hal tersebut membuat perumahan menjadi usaha properti paling berpeluang.

2. Retail atau Komersil

Area retail, seperti toko kelontong, ritel, mal, minimarket, dan sebagainya adalah jenis properti yang memiliki peluang dari masa ke masa. Hal tersebut karena perlengkapan yang dijual pada properti retail merupakan kebutuhan utama dari masyarakat.

3. Hotel

Hotel juga merupakan salah satu peluang bisnis di bidang properti. Fasilitas yang diberikan hotel bukan hanya tempat menginap, tetapi juga fasilitas restoran, tempat fitness, dan sebagainya.

4. Apartemen

Bisnis apartemen kini banyak diminati oleh pengembang. Terbatasnya lahan membuat bisnis properti apartemen menjadi solusi yang tepat. Bisnis apartemen dapat dibuat dengan model pembelian atau penyewaan.

Cara Bisnis Real Estate

Berikut adalah beberapa cara untuk memulai bisnis real estat.

  1. Pahami pasar dengan mengetahui lokasi tanah yang akan dibangun real estate, fasilitas yang ditawarkan, perbandingan harga, dan ketahui iklim atau cuaca daerah yang akan dibangun real estat.
  2. Bangun Jaringan pada pihak-pihak yang mungkin untuk membeli properti yang ditawarkan. Dengan membangun jaringan atau link, bisnis yang dibangun akan semakin luas juga.
  3. Kejujuran adalah landasan utama dalam membangun sebuah bisnis. Dengan kejujuran akan menumbuhkan kepercayaan kepada pelanggan. 

Perbedaan Real Estate dengan Properti

Perbedaan Real Estate dengan Real Property
Ilustrasi Bisnis Properti (Unsplash)

Real estate dan real property sering kali digunakan secara bergantian dalam pembicaraan sehari-hari. Namun, sebenarnya ada perbedaan antara kedua istilah tersebut. Berikut adalah penjelasannya.

Real EstateReal Property
Merujuk pada properti yang meliputi tanah, bangunan, dan segala sesuatu yang ada di atas atau di bawah permukaan tanahMerujuk pada hak kepemilikan atas tanah dan segala sesuatu yang secara permanen terhubung dengan tanah tersebut.
Istilah real estat juga mencakup hak kepemilikan atas properti dan aset finansial yang terkait dengan properti tersebut.Istilah real property lebih berfokus pada kepemilikan fisik properti dan hak-hak terkait yang dimiliki oleh individu atau entitas.
Lebih fokus pada konsep properti sebagai aset dan investasi.Lebih fokus pada konsep hak kepemilikan dan pemilikan fisik properti.
Mencakup aktivitas seperti pembelian, penjualan, pengembangan, dan pengelolaan properti.Mencakup konsep kepemilikan tanah dan struktur yang melekat padanya secara permanen.

Real estat lebih menyoroti properti sebagai aset dan investasi, serta mencakup aktivitas pengembangan dan pengelolaan properti. Sementara itu, real property lebih berfokus pada hak kepemilikan fisik properti dan tanah.

Meskipun kedua istilah ini berkaitan erat, paham tentang perbedaannya penting untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang konsep properti dalam konteks hukum dan bisnis.

Baca juga: Mengenal Pondasi Raft: 5 Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Sekian pembahasan mengenai real estate yang dapat menjadi sumber bacaan sebelum memulai terjun di sektor ini.

Dalam membangun sebuah bangunan, dibutuhkan material bangunan yang berkualitas agar hasil yang diharapkan sesuai ekspetasi.

Berkenaan dengan ini, yuk manfaatkan material bangunan yang berkualitas dari Adimas seperti nok asbes gelombang kecil untuk melengkapi pembuatan atap rumah Anda!

Rekomendasi Artikel Terkait