Ukuran Garasi Mobil yang Ideal, Cocok untuk Segala Tipe!

Published: 5 September 2023
Author:
Daftar Isi

Salah satu bagian rumah yang tidak kalah penting adalah garasi. Sejalan dengan peraturan salah satu daerah yang mewajibkan pemilik kendaraan bermobil harus memiliki garasi. Hal ini bertujuan agar pemilik mobil tertib dalam menyimpan kendaraannya. 

Menentukan ukuran garasi mobil tidaklah mudah. Terlebih lagi ketersediaan tanah yang terbatas dan harus dibagi menjadi beberapa bagian rumah lainnya. Oleh karena itu, mengetahui ukuran-ukuran garasi mobil yang ideal harus dilakukan.

Standar ukuran garasi mobil untuk sebuah rumah harus diperhatikan agar proporsi setiap ruangan menjadi pas. Ukuran garasi mobil yang ideal tergantung pada ukuran kendaraan yang dimiliki.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai ukuran-ukuran garasi mobil yang wajib Anda ketahui!

Ukuran Garasi Mobil yang Ideal

Garasi mobil tentu harus memenuhi beberapa aspek, yaitu layak, aman, dan nyaman. Manfaat mempertimbangkan garasi mobil adalah dapat mempermudah ketika akan merenovasi rumah. Pemilik rumah tidak perlu khawatir lagi dengan penyimpanan kendaraan.

Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam membangun garasi mobil, yaitu ventilasi udara, lantai yang tepat, model pintu garasi, ruangan yang cukup, dan atap yang aman. Oleh karena itu, mengetahui ukuran garasi mobil sangat perlu dipahami.

Ukuran Garasi Mobil dan Motor

Ukuran garasi yang muat untuk mobil dan motor dapat bervariasi ukurannya tergantung dari jenis kendaraan yang dimiliki. Berikut ini adalah ukuran umum yang dibutuhkan untuk menyimpan mobil dan motor secara bersamaan.

  • Panjang yang diperlukan untuk menyimpan mobil sekitar 5,4 m hingga 6,1 m. Sedangkan untuk motor, dapat dialokasikan sekitar 2,4 m sampai 3,7 m tergantung dengan jumlah motor yang akan disimpan.
  • Lebar standar untuk garasi mobil biasanya 2,4 m hingga 3,7 m. Lebar untuk motor sekitar 1,2 m hingga 1,5 m per motor.
  • Tinggi garasi biasanya minimal 2,1 m hingga 2,4 m.

Ukuran Garasi Dua Mobil

ukuran garasi mobil untuk dua mobil
From Carro.id

Apabila kalian memiliki dua mobil, bentuk garasi yang paling ideal adalah bentuk persegi empat dengan panjang dan lebar yang sama rata. Panjang dan lebar garasi untuk menyimpan dua mobil sekitar 6 m sampai 6,5 m.

Dengan ukuran tersebut, memungkinkan untuk menyimpan mobil dengan jarak sekitar 80 cm. Ketika pintu salah satu mobil terbuka tidak akan mengenai mobil lainnya.

Ukuran Garasi Mobil Standar

Ukuran standar garasi mobil harus disesuaikan dengan letak standar dan wilayah geografisnya. Di Indonesia sendiri, ukuran garasi yang standar yang berbeda-beda tergantung dengan wilayah geografi dan tipe mobil.

Berikut ini adalah ukuran standar garasi mobil di Indonesia:

  • Panjang garasi standar antara 4,5 m hingga 5,5 m untuk mobil sedan atau kendaraan kompak. Sedangkan untuk jenis SUV dan MPV, panjang yang diperlukan sekitar 5,5 m hingga 6,5 m.
  • Lebar garasi standar sekitar 2,4 m hingga 2,7 m untuk satu mobil. Untuk dua mobil, ukuran yang tepat sekitar 4,8 m hingga 5,5 m.
  • Tinggi standar untuk garasi mobil biasanya sekitar 2,1 m hingga 2,4 m.

Ukuran Garasi Mobil Paling Kecil

Saat ini, jenis mobil berukuran kecil sangat banyak. Salah satunya adalah mobil sport. Oleh karena itu, garasi mobil dengan ukuran paling ideal juga diperlukan.

  • Panjang untuk garasi mobil kecil sekitar 4,3 m hingga 4,9 m.
  • Lebar garasi untuk mobil kecil sekitar 1,5 m hingga 1,8 m.
  • Tinggi yang pas untuk garasi mobil kecil sekitar 1,2 m sampai 1,5 m.

Ukuran Garasi Mobil Minimalis

ukuran garasi mobil untuk 1 mobil
From arsindo.com

Garasi mobil yang minimalis ini dirancang untuk memaksimalkan ruangan yang tersedia. Seperti yang kita tahu, rumah minimalis sangat terbatas dari segi lahannya sehingga penggunaan garasi harus dimaksimalkan. Berikut adalah ukuran garasi untuk rumah minimalis.

  • Panjang garasi rumah minimalis sekitar 4,5 m hingga 6 m yang cukup untuk menyimpan mobil.
  • Lebar garasi sekitar 2,5 m hingga 3 m untuk satu mobil. Untuk ukuran dua mobil, lebar yang dibutuhkan sekitar 4,8 m hingga 5,5 m.
  • Tinggi garasi pada rumah minimalis sekitar 2,1 m hingga 2,4 m sesuai standar kendaraan.

Baca Juga: 7 Contoh Desain Rumah Modern Minimalis dan Karakteristiknya

Ukuran Garasi Berdasarkan Tipe Mobil

Banyak jenis-jenis dan merek mobil yang saat ini beredar. Ukuran dari mobil-mobil tersebut pun berbeda-beda. Oleh karena itu, menyesuaikan ukuran garasi dengan mobil yang dimiliki akan sangat pas. Berikut ukuran garasi berdasarkan jenis-jenis mobil.

1. Ukuran Garasi Mobil Avanza

Ukuran garasi untuk mobil Avanza yang ideal adalah mengacu pada dimensi ukuran mobil tersebut. Berikut ukuran garasi untuk mobil Avanza mengacu pada tipe Toyota New Avanza.

Ukuran mobil tipe tersebut adalah dengan panjang 4,1 m, lebar 1,6 m, dan tinggi 1,6 m.

Dengan mengacu pada ukuran mobil tersebut, maka ukuran garasi yang ideal adalah sekitar panjang 4,5 m, lebar 2 m, dan tinggi 2,75 m.

2. Ukuran Garasi Mobil Innova

Untuk mengetahui ukuran garasi Innova, ketahui terlebih dahulu ukuran dari mobil Innova yang dimiliki. Patokan yang digunakan untuk ukuran garasi adalah panjang sekitar 6 m, lebar 3 m, dan tinggi 2,8 m. 

Ukuran tersebut dapat dikatakan ukuran yang paling aman untuk sebuah garasi mobil Innova. Ukuran tersebut juga mampu menampung mobil Innova tipe apapun termasuk mobil Innova dengan ukuran yang besar.

3. Ukuran Garasi Mobil Fortuner

Untuk mengetahui ukuran garasi yang akan dibuat, ketahui dahulu mengenai ukuran mobil Fortuner. Ukuran mobil Fortuner yang harus diketahui adalah panjang, lebar, dan tingginya. Mengetahui tipe mobil yang digunakan juga akan sangat pas.

Tipe mobil Fortuner kali ini adalah Toyota New Fortuner. Ukuran yang tepat untuk mobil Toyota New Fortuner adalah dengan panjang sekitar 6 m, lebar 3 m, dan tinggi sekitar 2,8 hingga 3 m.

4. Ukuran Garasi Mobil Ayla

Mobil Ayla adalah salah satu mobil yang populer di Indonesia. Banyak keluarga-keluarga kecil yang memiliki mobil ini. Ukuran dari mobil Ayla sendiri adalah dengan panjang sekitar 3,6 m sampai 3,7 m, lebar 1,6 m, dan tinggi sekitar 1,5 m.

Dengan patokan ukuran mobil Ayla tersebut, pemilik dapat memberikan estimasi ukuran yang pas untuk garasi. Panjang untuk garasi mobil Ayla sekitar 4,5 m, dengan lebar 2,4 m, dan tinggi sekitar 2,5 m.

5. Ukuran Garasi Mobil Brio

 Mobil Brio juga cukup populer di Indonesia. Ukuran dari mobil Brio adalah panjang 3,8 m, lebar 1,7 m, dan tinggi 1,5 m. 

Dari ukuran mobil Brio tersebut dapat diperkirakan ukuran garasi yang tepat. Ukuran garasi untuk mobil Brio memiliki panjang sekitar 4,5 m, dengan lebar 2,4 m, dan tinggi sekitar 2,5 m. 

Baca Juga: 5 Model Kanopi Minimalis dan Tips untuk Desain Rumah Modern

Itulah dia uraian lengkap mengenai standar ukuran garasi mobil di Indonesia yang ideal dan cocok untuk berbagai tipe.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa untuk menghitung ukuran garasi yang pas, Anda dapat menghitung dengan rumus menambahkan ruang sekitar 70–80 cm untuk menjaraki kendaraan dengan tembok garasi. 

Selain memperhatikan ukuran dari sebuah mobil, memperhatikan desain garasi juga harus diperhatikan. Garasi yang ideal harus memenuhi berupa standar ventilasi ruang dan material yang digunakan harus berkualitas.

Material untuk pembangunan garasi haruslah material yang berkualitas. Salah satunya adalah material asbes yang digunakan untuk atap garasi. Berkenaan dengan ini, pastikan asbes yang digunakan memiliki kualitas yang tinggi.

Asbes dengan kualitas tinggi, Adimas solusinya! Adimas menyediakan asbes gelombang sebagai solusi untuk atap bangunan tetap bertahan lama. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

Rekomendasi Artikel Terkait