20 Cara Membasmi Rayap Terlengkap dan Efektif

Published: 19 January 2023
Author:
Daftar Isi

Cara membasmi rayap merupakan pengetahuan yang setidaknya harus Anda tahu ketika sudah mempunyai rumah, terlebih lagi jika furnitur dan konsep rumah banyak menggunakan aksen kayu. Selain pada furnitur, rayap juga seringkali menggerogoti bagian pintu, kusen, dan jendela.

Rayap atau anai-anai adalah hewan merugikan, tidak bisa dipungkiri serangga dengan ordo blattodea ini cukup meresahkan pemilik rumah. Pasalnya rayap mampu mengeroposi kayu hingga menjadi ringkih.

Keropos yang disebabkan oleh rayap bisa menurunkan kualitas material serta nilai furniture. Sebelum membahas tips dan cara membasmi rayap, alangkah baiknya kita mengetahui penyebab rayap datang. Rayap datang karena terdapat ketersediaan kayu dan tingkat kelembapan yang tinggi.

Oleh karena itu, kita harus waspada terhadap faktor yang mempengaruhi aktivitas rayap. Berikut ini akan dijelaskan terkait beberapa cara membasmi rayap yang solutif dan efektif yang perlu Anda ketahui. Simak ya!

1. Membersihkan Halaman dari Genangan Air

Sesuai dengan penjabaran faktor di atas, pastikan rumah Anda bebas dari genangan air. Genangan air inilah menjadi tempat berkembang biakan rayap secara masih. Bila tidak segera diperbaiki jangan heran rayap akan terus menjadi tamu tak diundang di rumahmu. Solusinya adalah membangun sistem drainase yang baik dan terencana supaya rumah terhindar dari genangan air. 

cara membasmi rayap dengan membersihkan genangan air
Genangan air dapat menjadi tempat perkembang biakkan rayap (Foto: Pexels)

2. Perbanyak Ventilasi

cara membasmi rayap dengan membuat ventilasi sebagai keluar masuknya sinar matahari
Ventilasi Sebagai Jalan Masuknya Sinar Matahari (Foto: Unsplash)

Nah, hewan ini sebenarnya tidak suka cuaca yang panas. Pastikan rumahmu sejuk, cara membasmi rayap adalah mengusahakan pembuatan ventilasi sehingga setiap sudut ruangan terkena paparan sinar matahari. Dengan begitu, rumah akan senantiasa kering sehingga furniture kayu Anda tetap terawat dan tahan lama.

3. Memperbaiki Keramik dan Saluran Air Yang Rusak

Perhatian dalam memelihara rumah seharusnya sampai detail seperti mengecek kualitas keramik dan saluran air. Keramik yang sudah retak dan berpeluang menjadi sarang rayap harus segera mendapatkan perbaikan. Begitupun saluran air yang rusak. Saluran air yang rusak berpotensi menyebabkan kondisi uap air di dalam rumah menjadi bertambah. Lakukan penggantian saluran air sekarang juga.

4. Memperbaiki Dinding Rumah

cara membasmi rayap dengan menambal retakan dinding
Dinding Retak Perlu Ditambal Untuk Mencegah Rayap Masuk (Foto: Unsplash)

Anda pasti pernah mengalami dinding rumah yang retak. Tapi apakah benar hanya lapisan cat saja yang retak atau sampai lapisan semen? Lapisan semen mulai rusak atau material yang sudah berpori besar sudah saatnya melakukan finishing ulang. Sela akibat keretakan pada dinding rumah bisa menjadi jalan masuknya anai-anai. Cara membasmi rayap adalah dengan menambalnya dengan adukan semen.

Untuk mengurangi resiko dinding retak dan munculnya rayap, Anda dapat menggunakan asbes rata sebagai material dinding rumah. Asbes rata memiliki keunggulan ketahanan yang baik terhadap rayap, air dan api.

5. Menghindari Kontak Furniture Dengan Tanah

Pernah mendengar solusi tersebut, tidak? Furniture yang terbuat dari kayu harus mendapatkan perhatian khusus. Khusus di sini dalam artian di sini tidak hanya terkait dengan melapisinya dengan cat anti rayap namun peletakkan furniture dengan media perantara dengan tanah yang merupakan salah satu bahan alami yang multifungsi, contohnya bisa dengan karpet atau tikar. Media tersebut mampu membuat furniture terhindar dari rayap. Cara membasmi rayap dengan bahan alami ini bisa Anda gunakan kapanpun. 

6. Menjemur Perabotan

Ini adalah cara konvensional yang biasa orang zaman dahulu lakukan. Langkah ini cukup efektif, lho! Perabotan yang lembab akan menjadi kering ketika terkena sinar matahari. Lakukan penjemuran di pagi hari, 2-3 jam sudah cukup.

cara membasmi rayap dengan menjemur perabotan
(Foto: Pexels)

7. Cara Membasmi Rayap dengan Kapur Barus

Cara Membasmi Rayap dengan Kapur Barus
Gambar kapur barus (Photo: Pinterest)

Kapur barus mengandung senyawa naftalena yang memiliki efek yang tidak disukai oleh anai-anai. Naftalena adalah senyawa hidrokarbon polisiklik aromatik yang menghasilkan bau yang tajam, sehingga kapur barus cocok ditempatkan di dalam lemari pakaian. Dengan demikian, anai-anai akan diusir dan bau yang tidak diinginkan dapat dihindari.

8. Cara Membasmi Rayap dengan Minyak Tanah

Cara ini mungkin sudah Anda ketahui. Bila Anda memiliki minyak tanah di rumah tidak ada salahnya menggunakannya untuk membasmi anai-anai. Minyak tanah secara empiris adalah bahan alami yang manjur sebagai cara membasmi rayap. Namun, penggunaan minyak tanah tetap harus hati-hati karena sifatnya yang mudah terbakar dan tidak aman maka jauhkan dari jangkauan anak-anak. 

Baca Juga:
Mengenal Finishing Untuk Menambah Estetika Bangunan
Mengenal HPL, Jenis, Kelebihan & Kekurangan Untuk Finishing
25+ Inspirasi Warna Cat Rumah Terlengkap untuk Hunian Anda

9. Menurunkan Suhu Ruangan

Rayap adalah hewan abadi yang perkembang biakan hewan ini begitu cepat sehingga membentuk koloni rayap yang besar. Mereka bisa hidup dan membentuk sebuah habitat pada ketinggian 0-300 mpdl. Ketinggian tersebut termasuk dalam dataran rendah. Dataran rendah identik dengan suhu yang panas, sehingga untuk menghilangkan hewan ini aturkan suhu ruangan menjadi lebih dingin. Cara ini bisa menghambat reproduksi anai-anai.

10. Cara Membasmi Rayap dengan Asam Borat

Cara Membasmi Rayap dengan Asam Borat
Gambar asam borat atau boric acid (Photo: Pinterest)

Asam borat atau formalin merupakan metode efektif dalam memerangi rayap. Asam borat mengandung senyawa yang dapat mengawetkan benda, sehingga cocok untuk menjaga furnitur atau perkakas agar tetap awet. Untuk melakukannya, campurkan asam borat dengan air dan semprotkan ke permukaan area atau benda yang ingin dijaga keawetannya.

11. Membuat Jebakan Kardus

Tidak hanya manusia, hewan pun dapat dijebak. Meskipun terlihat menggelikan, metode ini dapat efektif jika pemasangannya tepat. Caranya adalah dengan menempatkan kardus yang telah dibasahi di atas area yang diduga sering dikunjungi oleh rayap. Ketika rayap datang dan berkumpul di dalam kardus, tutuplah kardus tersebut dan segera musnahkan bersama-sama dengan rayap yang terperangkap di dalamnya.

12. Cara Membasmi Rayap dengan Air Sabun

cara membasmi rayap menggunakan air sabun
(Foto: Pexels)

Air sabun memiliki pH di atas 7, sehingga bersifat alkali. Rayap tidak dapat bertahan hidup dalam lingkungan yang bersifat basa. Oleh karena itu, cara efektif untuk mengusir rayap adalah dengan menyemprotkan air sabun pada area yang terkena serangan rayap.

13. Menggunakan Lampu UV

Jika Anda memiliki anggaran yang cukup, tidak ada salahnya mempertimbangkan penggunaan lampu UV untuk mengatasi masalah rayap. Dengan memasang lampu UV di sebelah lemari, Anda dapat melindungi lemari Anda dari serangan rayap yang mengganggu. Cahaya UV dapat menarik rayap dan membantu mengendalikan populasi mereka.

14. Membasmi Rayap dengan Obat Pembasmi Serangga / Termisida

Jika Anda adalah orang yang tidak mau ribet dan ingin mendapatkan hasil yang cepat, membeli termisida adalah solusinya. Solusi ini bisa diambil ketika Anda memang ingin membersihkan serangga ini hingga akar-akarnya. Kandungan phenylpyrazole ini merupakan zat aktif yang berfungsi untuk membunuh anai-anai.

15. Cara Membasmi Rayap Menggunakan Tembakau

Tembakau memiliki banyak manfaat sebagai bahan alami yang serbaguna. Selain digunakan untuk pembuatan rokok, ternyata tembakau juga dapat digunakan sebagai pengusir hama. Cara yang mudah dan ekonomis untuk membasmi rayap adalah dengan mencampur tembakau dengan air secara homogen, lalu menyemprotkannya di area yang terkena serangan rayap. Tembakau ini dapat mengusir anai-anai dan membantu menjaga rumah dari kerusakan yang disebabkan oleh rayap.

cara membasmi rayap menggunakan tembakau
(Foto: Pexels)

16. Cara Membasmi Rayap dengan Garam

Salah satu langkah yang efektif dalam membasmi rayap adalah menggunakan garam. Campuran garam dan air yang jenuh memiliki tingkat salinitas tinggi, yang dapat menyebabkan rayap mati karena dehidrasi. Dengan mengaplikasikan campuran garam dan air ini ke area yang terkena serangan rayap, Anda dapat mengatasi masalah rayap secara efisien dan alami.

Cara membasmi rayap dengan air garam
(Foto: Pexels)

17. Cara Membasmi Rayap dengan Kapur Sirih

Kapur memiliki kandungan kalsium karbonat yang tinggi. Bahan tersebut bersifat panas ketika digunakan di permukaan kulit. Sifat panas inilah yang mampu membuat serangga berkulit tipis seperti anai-anai menjadi mati. Cara kerja termisida adalah dengan menghambat transmisi saraf pada rayap sehingga menyebabkan kelemahan pada tubuh rayap.

18. Cara Membasmi Rayap dengan Daun Salam dan Kemangi

Cara Membasmi Rayap dengan Daun Salam dan Kemangi
Gambar daun kemangi (Photo: Pinterest.com)

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan campuran daun salam dan kemangi sebagai cara efektif untuk membasmi rayap. Baunya yang khas dapat membantu menjaga isi lemari Anda agar terbebas dari serangan anai-anai. Dengan menempatkan daun salam dan kemangi di dalam lemari, Anda dapat mencegah masalah rayap dan menjaga kebersihan serta keamanan barang-barang Anda.

19. Cara Membasmi Rayap dengan Air Cucian Beras

Air bekas cucian beras dapat digunakan sebagai salah satu cara alami yang efektif untuk membasmi rayap. Anda tidak perlu membuangnya begitu saja di wastafel. Caranya cukup sederhana, masukkan air bekas cucian beras ke dalam botol spray, lalu semprotkan pada area yang ingin Anda lindungi dari serangan rayap. Dengan memanfaatkan air ini, Anda dapat mengusir rayap secara alami dan menjaga kebersihan rumah Anda.

Cara membasmi rayap dengan air cucian beras
(Foto: Pexels)

20. Cara Membasmi Rayap dengan Minyak Mimba

Minyak ini memiliki potensi untuk membunuh rayap. Aroma yang mirip jeruk bisa mematikan telur-telur rayap dan menyebabkan mereka akan mati secara perlahan. Minyak mimba memiliki aroma yang cukup menyengat. Anda bisa membeli minyak mimba di toko terdekat atau toko online kesayangan Anda. 

Kesimpulan

Cara membasmi rayap ada beragam. Pilihlah yang dirasa sesuai dengan kebutuhan dan efektif untuk Anda. Rayap memang hama yang perlu dihilangkan dari rumah karena bisa mengeroposi furniture atau dinding rumah yang terbuat dari kayu. Maka dari itu, perlu adanya perawatan dan pemeliharaan untuk perabotan atau pakaian sehingga terhindar dari gangguan serangga tersebut.

Nah, itulah pembasahan mengenai cara membasmi rayap secara efektif. Semoga bermanfaat!Selain menyajikan artikel terbaru, Adimas hadir dengan beragam produk lisplang yang tahan terhadap rayap, api dan air serta sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Dengan menggunakan produk Adimas, menjadikan bangunan Anda kokoh dan tahan lama.

Rekomendasi Artikel Terkait