Rustic: Pengertian, Ciri Khas, dan Inspirasi Gayanya

Published: 16 October 2023
Author:
Daftar Isi

Gaya rustic kini digemari oleh banyak orang karena gayanya yang terkesan alami. Hal ini karena desainnya yang alami membuat rumah lebih nyaman. 

Penggunaan material dari konsep ini menitikberatkan pada kesan alam. Gaya ini pun menggunakan material yang tidak dihaluskan, seperti kayu, batu, logam, dan sebagainya.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai rustic mulai dari pengertian, ciri khas dan inspirasi gaya untuk rumah Anda. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa itu Rustic?

Rustic adalah salah satu gaya dalam desain yang mengutamakan suasana santai dan kesan alami dari material yang digunakan. Material yang sering digunakan oleh gaya rustic adalah kayu, batu, logam, dan sebagainya.

Elemen utama yang ditonjolkan pada gaya ini adalah elemen kayu yang digunakan dengan bentuk yang tidak sempurna. Semakin tidak sempurna dan kasar konstruksinya, maka akan menimbulkan kesan yang semakin baik.

Dahulu, dekor rustic sering digunakan pada rumah di kawasan pedesaan, rumah adat, dan rumah tua yang terdiri dari kayu kasar.

Namun, saat ini dekorasi rustic banyak digunakan pada rumah yang terinspirasi dari alam, natural, dan sederhana.

Ciri-Ciri Gaya Rustic

Rumah dengan tema rustic adalah rumah yang memiliki desain terinspirasi oleh alam dan kehidupan pedesaan. Berikut ini adalah ciri khas rustic pada rumah-rumah.

1. Material Kayu

Konsep gaya ini memiliki karakteristik penggunaan bahan-bahan alami. Bahan alami tersebut biasanya adalah unfinished wood atau desain kayu dengan tekstur yang kasar dan tepiannya tanpa polesan dari mesin.

Tiang penyangga dari rumah bergaya ini biasanya menggunakan tiang penyangga kayu. Kayu mentah dengan warna asli biasanya digunakan untuk memperkuat gaya ini. Penggunaan tiang kayu tersebut memberikan karakteristik kuat pada keseluruhan ruangan.

2. Warna Cat yang Netral

Rumah bergaya ini sering menggunakan warna-warna netral, seperti cokelat, abu-abu, khaki, putih tulang, dan warna hangat atau natural lainnya. Pilihan warna lainnya terinspirasi dari warna bebatuan, batang kayu, lumpur, dan tanah.

Penggunaan warna yang netral ini membuat rumah terlihat lebih luas, cerah, dan menciptakan suasana pedesaan yang segar. Selain itu, rumah dengan tema ini akan memunculkan kesan yang hangat dan nyaman.

Baca Juga: 25+ Inspirasi Warna Cat Rumah Terlengkap untuk Hunian Anda

3. Unsur Alam

Konsep rustic sangat berkaitan dengan unsur alami dan ruangan yang bebas. Unsur alam didapat dari pemasangan jendela kaca yang berukuran besar, dinding atau pintu material kaca, dan juga dapat ditambahkan skylight

Selain itu, unsur alam juga dapat ditambahkan dengan penempatan tanaman hijau dan dedaunan di dalam rumah.

Anda dapat meletakkan beberapa tanaman yang aman untuk indoor dengan pot kayu atau ranting-ranting yang disusun dengan rapi.

4. Tata Ruang Terbuka

Tata ruang yang terbuka memberikan kesan ruangan yang luas dan cerah. Hal ini didapat dari penempatan furniture yang tepat sehingga dapat menampilkan ruangan dengan kesan yang luas. Warna furniture juga memengaruhi suasana ruangan.

Selain furniture dalam ruangan, penggunaan jendela juga perlu diperhatikan. Jendela dengan ukuran yang besar dapat digunakan pada rumah dengan gaya ini karena cahaya akan leluasa masuk ruangan dan menimbulkan kesan luas.

5. Sentuhan Tradisional

Dengan sentuhan yang tradisional dapat membuat rumah dengan konsep ini menjadi lebih hidup. Sentuhan tradisional didapat dari penggunaan furniture-furniture tua yang memiliki kesan tradisional.

Perlu diperhatikan, penggunaan furniture tradisional tetap harus memperhatikan kesan alam. Hal ini didapat dari penggunaan perabot dengan warna yang netral. Selain itu, perabot yang dipilih juga memiliki kesan sederhana dan monokromatik.

4 Inspirasi Gaya Rustic 

Rumah dengan gaya alam ini cocok dipadukan dengan rumah modern saat ini. Hal ini karena rumah rustic memiliki elemen yang etnik dan dapat digunakan sebagai akses pada interior modern.

Berikut ini adalah inspirasi desain rumah bergaya alam.

1. Rumah Gaya Rustic Modern

rumah modern dengan gaya rustic dapat menambah kesan alami
Rumah Modern (Vu Anh/Unsplash)

Rumah dengan gaya alam ini banyak menggunakan material dengan bahan alami seperti kayu, batu, dan logam.

Kayu pada rumah bergaya ini diterapkan pada lantai dan dinding. Dengan menerapkan kayu pada dinding akan menumbuhkan kesan alami.

Meskipun menampilkan kesan gaya alami dan lebih tradisional, rumah modern dengan tema ini cenderung menampilkan kesan bersih dan minimalis. Penempatan jendela dan pintu dibuat dengan proporsional dan tepat.

2. Rumah Rustic Minimalis

rumah minimalis dengan gaya rustic yang banyak digemari
Rumah Minimalis (Naomi Ellsworth/Unsplash)

Rumah minimalis yang mengusung konsep alam ini memiliki banyak dekorasi yang menggunakan material alami.

Warna yang dominan pada rumah dengan konsep ini adalah cokelat, abu-abu, krem, dan putih yang menampilkan kesan hangat dan netral.

Penambahan tanaman dengan gaya ini memberikan tambahan akses yang alami pada hunian. Tanaman dapat diletakkan pada indoor atau outdoor.

3. Rumah Rustic Industrial 

rumah gaya rustic industrial dengan penggunaan jendela yang lebar
Rumah Industralis (Unsplash)

Rumah bergaya industrial dirancang untuk memaksimalkan penggunaan cahaya yang alami. Ciri khasnya terletak pada penggunaan jendela-jendela dan pintu besar yang memungkinkan cahaya matahari masuk dalam bangunan tersebut.

Rumah minimalis dengan konsep alam menonjolkan kesan yang bersih dan simpel. Warna yang digunakan biasanya adalah warna netral seperti abu-abu, cokelat, krem, putih, dan hitam. Warna-warna yang netral itu menimbulkan kesan minimalis sekaligus modern.

4. Rumah Bernuansa Kayu

rumah rustic dengan nuansa kayu pada bangunan dan tangga
Rumah Material Kayu (Erik Mclean/Unsplash)

Rumah dengan nuansa material kayu memberikan kesan alami dan kehangatan. Rumah dengan material kayu tentu dibangun dengan bahan utama kayu yang memiliki tekstur alami dan serat alam kayu yang khas.

Dengan penggunaan pintu dan jendela yang besar memberikan akses terhadap cahaya dan sirkulasi yang alami. Rumah dengan material kayu menampilkan kesan nyaman dan sederhana, tetapi tetap estetis.

Baca Juga: Mengenal Ciri, Konsep dan Desain Rumah Ramah Lingkungan

Itulah dia penjelasan mengenai gaya rustic yang banyak digunakan pada dekorasi rumah-rumah masa kini.

Rustic artinya adalah pedesaan atau dapat disebut dengan gaya atau konsep yang mengangkat kesan alami.

Apabila Anda ingin membangun rumah dengan dekorasi rustic, Asbes bisa digunakan sebagai material atap rumah. 

Rumah dengan gaya ini membutuhkan material atap asbes dengan kualitas yang terbaik. Solusinya adalah atap asbes gelombang dari Asbes Adimas yang menyediakan asbes dengan kualitas tinggi dan harga relatif lebih murah dibandingkan material atap lainnya.

Yuk, kunjungi laman web Adimas untuk informasi selegkapnya terkat pemesanan produk asbes dengan harga terjangkau!

Rekomendasi Artikel Terkait