Mengenal Rumah Atap Miring dan Berbagai Macam Jenisnya

Terakhir Diperbarui: 8 July 2024
Penulis:
Dilihat:
Daftar Isi

Dalam memilih jenis dan tipe bangunan rumah, Anda harus mengetahui berbagai macamnya untuk memastikan bangunan rumah Anda sesuai dengan kebutuhan dan preferensi sehingga terjamin kenyamanannya. Salah satu tipe bangunan yang sangat populer adalah tipe bangunan rumah atap miring.

Rumah dengan atap miring telah menjadi primadona di berbagai belahan dunia selama berabad-abad. Desainnya yang unik dan menawan tidak hanya memanjakan mata, tetapi juga menawarkan fungsionalitas dan estetika yang tak lekang oleh waktu.

Atap miring hadir dalam berbagai bentuk dan gaya, mulai dari atap pelana klasik hingga modern kontemporer. Setiap desain memiliki karakteristik dan keunikannya sendiri, memberikan sentuhan personal pada hunian Anda.

Lebih dari sekadar estetika, atap miring juga memiliki beberapa keunggulan fungsional. Kemiringan atap yang ideal memungkinkan aliran air hujan yang lancar, mencegah kebocoran dan kerusakan pada struktur bangunan.

Selain itu, desain ini juga mampu menciptakan ruang loteng yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang tambahan atau area penyimpanan.

Mari kita menyelami lebih dalam tentang tipe rumah atap miring beserta jenisnya. Anda akan kami arahkan mulai dari pengertian rumah atap miring dan karakteristiknya, hingga berbagai macam jenis rumah atap miring. Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Rumah Atap Miring

Sebelumnya, apakah Anda sudah mengetahui mengenai jenis rumah atap miring? Apa itu rumah atap miring? Atau apakah Anda belum mengetahui tentang jenis rumah berdasarkan atap sebelumnya.

Secara umum, rumah atap miring adalah tipe rumah yang memiliki atap dengan bentuk miring dan tidak tegak lurus.

Rumah atap miring juga dikenal sebagai tipe rumah dengan desain atap yang menawan dan memberikan kesan klasik, elegan, dan modern.

Fungsi Rumah Atap Miring

Atap miring tidak hanya indah dipandang, tetapi juga memiliki beberapa manfaat fungsional. Berikut adalah fungsi dari rumah atap miring.

1. Mencegah kebocoran

Kemiringan atap memungkinkan air hujan mengalir dengan lancar, sehingga mampu mengurangi risiko kebocoran dan kerusakan struktur bangunan.

2. Menciptakan ruang loteng

Desain atap miring memungkinkan pemanfaatan ruang di bawah atap sebagai loteng rumah, yang dapat Anda manfaatkan sebagai ruang tambahan, ruang penyimpanan, atau area kreatif.

3. Meningkatkan estetika

Atap miring tersedia dalam berbagai bentuk dan gaya, memberikan banyak pilihan bagi pemilik rumah untuk menciptakan tampilan eksterior yang sesuai dengan selera dan gaya arsitektur yang diinginkan.

Sedangkan menurut pengertiannya secara spesifik, rumah atap miring adalah tipe hunian yang memiliki atap dengan permukaan yang tidak datar, melainkan miring ke satu arah atau lebih.

Kemiringan atap ini umumnya minimal 30 derajat untuk memastikan aliran air hujan yang lancar dan mencegah kebocoran.

Karakteristik Rumah Atap Miring

Nah, setelah Anda mengetahui pengertian rumah atap miring beserta fungsi utamanya, Anda perlu mengetahui karakteristik dari rumah atap miring yang cocok untuk Anda gunakan.

Karakteristik ini telah dirancang sedemikian rupa untuk menyesuaikan ukuran atap dan dinding bangunan agar terhubung dengan baik dan sinkron.

1. Sudut

Sudut kemiringan atap bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti iklim, gaya arsitektur, dan material yang digunakan.

Di daerah dengan curah hujan tinggi, atap umumnya dibuat lebih curam untuk mempercepat aliran air hujan.

Sedangkan di daerah dengan iklim panas, atap dibuat lebih landai untuk meminimalkan penyerapan panas matahari.

2. Bentuk

Bentuk atap miring dapat bervariasi, mulai dari pelana klasik hingga gambrel, mansard, hip roof, dan berbagai desain modern lainnya.

Masing-masing bentuk memiliki karakteristik dan keunikannya sendiri, memberikan estetika dan fungsionalitas yang berbeda pada hunian.

Jenis Rumah Atap Miring

Setelah mengetahui dua karakteristik yang membawa nama tipe rumah atap miring populer, Anda akan kami ajak untuk mengetahui berbagai macam jenis rumah atap miring yang dapat Anda jadikan referensi saat akan membangun rumah dengan atap miring.

1. Rumah Atap Miring Sederhana

Rumah Atap Miring Sederhana
Rumah Atap Miring Sederhana (Sumber: BLKP)

Rumah atap miring sederhana adalah rumah atap miring yang memiliki desain sederhana dan tidak memerlukan tambahan ornamental dan artistik.

Jenis rumah atap miring ini adalah yang paling sering Anda temui baik di perkotaan maupun pedesaan. Jenis ini sangat populer dikarenakan fleksibilitasnya saat pembangunan dan biaya yang cukup terjangkau.

2. Rumah Atap Miring Satu Sisi

Rumah Atap Miring Satu Sisi
Rumah Atap Miring Satu Sisi (Sumber: Pinterest)

Rumah atap miring satu sisi adalah tipe selanjutnya. Tipe satu sisi berarti hanya ada satu sisi atap saja yang menghadap kedepan bagian rumah. Sehingga, bagian belakang akan kosong atau dapat Anda tembok.

Tipe ini sering Anda temui pada jenis-jenis rumah atap miring minimalis dengan gaya futuristik. Anda dapat menambahkan panel surya di atap Anda dengan jenis ini.

3. Rumah Atap Miring Kedepan

Rumah Atap Miring Kedepan
Rumah Atap Miring Kedepan (Sumber: Pinterest)

Rumah atap miring ke depan adalah tipe rumah yang menghadap ke depan. Hampir sama dengan jenis satu sisi hanya saja ada tambahan variasi pada bagian atap seperti lebar dan ukuran atap.

Dengan jenis ini, atap Anda akan lebih fleksibel dan multifungsi.

4. Rumah Atap Miring Kebelakang

Rumah Atap Miring Kebelakang
Rumah Atap Miring Kebelakang (Sumber: Pinterest)

Rumah atap miring ke belakang adalah tipe rumah yang seluruh atapnya menghadap ke belakang rumah.

Rumah akan nampak semakin minimalis dan terasa seperti gedung dengan atap yang menghadap ke belakang.

Ada beberapa alasa mengapa seseorang memilih tipe ini. Salah satunya adalah supaya bangunan semakin terlihat kokoh.

5. Rumah Atap Miring Minimalis

Rumah Atap Miring Minimalis
Rumah Atap Miring Minimalis (Sumber: Pinterest)

Model Rumah atap miring minimalis adalah tipe yang sering Anda temui pada bangunan rumah tipe minimalis.

Tipe ini memiliki berbagai macam jenis atap rumah minimalis seperti scandinavian, futuristik, natural dan lain sebagainya.

Tipe ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengimplementasikan rumah atap miring pada konsep minimalis yang sederhana namun fleksibel dan multifungsi serta ramah lingkungan.

6. Model Rumah Atap Gambrel

Rumah Atap Miring Gambrel
Rumah Atap Miring Gambrel (Sumber: Pinterest)

Mirip dengan pelana, atap gambrel memiliki dua sisi miring, tetapi dengan tambahan dua sisi datar di bagian bawahnya.

Bentuk ini memberikan ruang loteng yang lebih luas dan menciptakan estetika yang lebih unik dan modern.

7. Model Rumah Atap Mansard

Rumah Atap Miring Mansard
Rumah Atap Miring Mansard (Sumber: Pinterest)

Desain atap mansard lebih kompleks, dengan empat sisi miring yang terdiri dari dua sisi curam di bagian atas dan dua sisi landai di bagian bawah.

Tipe ini sering dijumpai pada arsitektur Eropa dan memberikan kesan mewah dan berkelas.

8. Model Rumah Atap Hip Roof

Rumah Atap Hip Roof
Rumah Atap Miring Hip Roof (Sumber: Pinterest)

Atap hip roof memiliki empat sisi miring yang bertemu di satu titik di atas. Bentuknya yang simetris dan kompak memberikan kesan modern dan minimalis, cocok untuk hunian kontemporer.

Penutup

Demikian penjelasan artikel ini terkait rumah atap miring beserta jenis-jenis tipenya. Memilih rumah atap miring bukan hanya tentang keindahan eksterior, tetapi juga tentang menciptakan ruang hidup yang nyaman dan fungsional. 

Dalam artikel ini Anda telah menyelami lebih dalam pesona rumah atap miring. Anda dapat menjadikan beberapa jenis tersebut sebagai referensi bagi Anda dalam membangun sebuah bangunan rumah berjenis atap miring dengan berbagai konsep yang tentunya fleksibel dan sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan Anda.

Salah satu komponen dapat mempercantik atap miring yang baik adalah lisplang GRC.

Adimas menyediakan berbagai macam lisplang GRC berkualitas dengan berbagai jenis sesuai kebutuhan salah satunya adalah untuk rumah atap miring. Kunjungi website kami untuk penawaran dan informasi lebih lanjut.

Rekomendasi Artikel Terkait