7 Contoh Desain Rumah Modern Minimalis dan Karakteristiknya

Published: 22 August 2023
Author:
Daftar Isi

Dari masa ke masa, model atau desain rumah terus berkembang menjadi lebih beragam. Model rumah yang berkembangan mulai dari model klasik, modern, sampai kontemporer. Perkembangan tersebut tentu ada karena zaman dan juga kondisi ruang serta material yang juga terus berkembang. 

Ada beberapa desain rumah yang saat ini populer di kalangan banyak orang dan banyak diminati. Desain rumah tersebut adalah rumah modern minimalis.

Rumah minimalis tentu tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Hal tersebut karena rumah minimalis menjadi primadona karena gayanya yang sederhana, tetapi tetap indah.

Lalu, apa itu rumah modern? Rumah modern merupakan salah satu pelopor munculnya konsep rumah minimalis saat ini.

Namun, kini banyak juga yang menggabungkan rumah bergaya modern dengan rumah minimalis. Rumah bergaya modern memiliki desain yang simpel tanpa banyak menggunakan material. 

Artikel berikut akan membahas lebih jauh mengenai ciri dan karakteristik serta model-model rumah modern minimalis. Yuk, simak!

Pengertian Rumah Modern Minimalis

Rumah modern adalah konsep desain rumah yang populer saat ini. Konsep desain ini hadir pada Abad Pertengahan sekitar abad ke-19 dan ke-20 bersamaan dengan perkembangan industri. Perkembangan industri inilah yang menjadikan inovasi dan alternatif gaya tradisional dan klasik pada saat itu.

Rumah modern memiliki andil besar dalam melahirkan konsep rumah minimalis yang populer saat ini. Oleh karena itu, rumah bergaya modern memiliki tampilan yang hampir sama dengan rumah minimalis atau kontemporer. 

Sama seperti pada rumah minimalis, rumah bergaya modern memperhatikan kesederhanaan pada tiap desainnya. Nilai kesederhanaan tersebut diterapkan dalam bentuk ruangan yang minim dekorasi dan furniture.

Selain itu, penggunaan warna-warna yang netral juga menjadi salah satu ciri utama dari rumah modern minimalis.

Ruang keluarga rumah modern minimalis modern
Ilustrasi Ruang Keluarga Rumah Modern (R Architecture/Unsplash)

Baca Juga: Struktur Denah Rumah dan Gambar Rumah Minimalis

Ciri dan Karakteristik Rumah Modern Minimalis

Berikut ini adalah beberapa ciri rumah bergaya modern minimalis:

  1. Memiliki visual eksterior dengan bentuk yang simetris dan atap yang datar. 
  2. Rumah bergaya modern sering menggunakan jendela dengan model yang besar untuk memaksimalkan cahaya yang masuk.
  3. Gaya modern menerapkan menerapkan konsep terbuka sehingga memberikan kesan luas dan lega.
  4. Kesan luas dan lega juga dipengaruhi oleh minimnya sekat yang digunakan.
  5. Rumah bergaya modern ini banyak menggunakan material berupa beton ekspos, plastiik, baja, dan kayu.
  6. Rumah bergaya modern menggunakan furniture yang minimalis dan didominasi furnitur berbahan krom atau kaca sehingga terlihat lebih bersih.
  7. Rumah bergaya modern memiliki prinsip minim dekorasi sehingga memberi kesan yang mewah, misalnya warna kursi yang banyak menggunakan bahan kayu dengan warna yang selaras.

Contoh Desain Rumah Modern Minimalis

Rumah bergaya modern minimalis memiliki prinsip kesederhanaan dan efektivitas yang dapat memberikan karakter bagi pemiliknya sehingga diminati banyak orang. Model rumah ini banyak diminati oleh berbaga kalangan.

Dengan banyaknya peminat dari rumah modern minimalis ini, tentu banyak pula yang mencari desain rumah modern. Berikut ini adalah desain dan gambar rumah modern minimalis yang dapat kalian jadikan inspirasi.

1. Rumah Modern 1 Lantai

Contoh desain rumah modern 1 lantai minimaliis
From Unsplash

Rumah bergaya modern 1 lantai ini memanfaatkan dinding atas yang dipasangi jendela sebagai jalan sirkulasi cahaya tetap masuk. Dengan begitu, rumah akan tetap terlihat lebar dan luas. Penggunaan dinding yang tinggi pada rumah 1 lantai juga membuat tampilan rumah lebih megah.

2. Rumah Modern 2 Lantai

Gambar rumah modern 2 lantai dengan taman di halaman rumahnya
From Unsplash

Rumah 2 lantai saat ini sedang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Bukan tanpa sebab, kesediaan lahan yang terbatas dan harga tanah yang semakin mahal membuat rumah 2 lantai menjadi solusinya.

Dengan desain rumah modern 2 lantai, biaya yang dikeluarkan dapat dihemat dan rumah menjadi lebih efisien.

3. Rumah Modern 3 Lantai

desain rumah modern 3 lantai dengan eksterior minimalis
From Pexels

Desain rumah 3 lantai dapat dimanfaatkan ketika lahan yang dimiliki terbatas. Pemilik rumah dapat membuat banyak ruangan dengan rumah 3 lantai ini. Dengan adanya rumah 3 lantai ini, masing-masing lantai dapat dimanfaatkan fungsinya.

4. Rumah Modern Skandinavian

Pagar rumah modern yang berwarna netral putih
From Unsplash

Rumah bergaya scandinavian mementingkan desain interior dan eksterior yan minimalis dan rapi. Selain itu, juga banyak ruang lapang sehingga banyak cahaya alami yang masuk. Pagar rumah modern skandinavian juga bergaya desain dengan menerapkan konsep minimalis dengan bentuk yang sederhana.

5. Rumah Modern Industrial

Desain rumah modern bergaya industrial
From Unsplash

Rumah ini memadukan antara desain modern dan desain industrial. Rumah bergaya industrial ini banyak didesain dengan menggunakan material besi. Pada dasarnya, rumah industrial ini juga mengadopsi gaya minimalis. Serta menerapkan pencahayaan yang khas.

6. Rumah Minimalis Modern

Gambar ruang keluarga pada rumah modern yang bercirikan funiture yang sederhana
From Unsplash

Karakteristik dari rumah modern minimalis adalah penggunaan furniture yang tidak terlalu banyak disertai dengan warna yang netral.

Pencahayaan dari rumah minimalis modern juga sangat banyak sehingga sirkulasi udara berjalan dengan baik. Penempatan furnitur yang rapi dan tepat juga membuat rumah minimalis modern terkesan mewah.

Baca juga: 10 Inspirasi Kamar Warna Biru, Ruang Tenang yang Segar!

7. Rumah Klasik Modern

Rumah modern bergaya sentuhan klasik
From Pexels

Di kota-kota besar, rumah bergaya klasik masih menjadi idaman. Elemen penting pada rumah classic ini adalah pilar-pilar rumah sebagai dekoratif atau focal point. Saat ini, rumah klasik modern menjadi simbol hunian kelas atas.

Baca Juga: Desain Interior: Pengertian, Sejarah, Elemen, dan Contohnya

Demikianlah inspirasi desain rumah modern minimalis yang dapat kalian jadikan inspirasi untuk rumah masa depan kalian.

Rumah dengan gaya modern merupakan salah satu pelopor munculnya konsep rumah minimalis saat ini. Namun, saat ini banyak juga yang menggabungkan gaya rumah bergaya modern dengan rumah minimalis. Rumah bergaya modern memiliki desain yang simpel tanpa banyak menggunakan material. 

Material yang berkualitas tentu akan menghasilkan rumah yang berkualitas juga. Adimas merupakan perusahaan yang menyediakan variasi seperti asbes gelombang, asbes rata, dan lisplang.

Produk asbes dari Adimas telah dipercaya oleh semua perusahaan di Indonesia. Yuk, segera hubungi kami untuk penawaran dan informasi lebih lanjut!

Rekomendasi Artikel Terkait