Apa itu Gypsum? Ini Kegunaan, Kelebihan, 7 Jenis & Harganya

Published: 8 June 2023
Author:
Daftar Isi

Jika kita ingin membangun sebuah rumah atau gedung, kita tentu memerlukan berbagai macam material dan bahan, seperti gypsum (gipsum/gips).

Bahan yang ringan ini memiliki harga yang cukup terjangkau serta memiliki berbagai kelebihan. Karena hal tersebut, bahan ini sering dijadikan pilihan oleh masyarakat.

Di dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang pengertian, kegunaan, kelebihan, jenis-jenis serta bahan bangunan yang mudah diaplikasikan pada ruangan ini. Simak penjelasannya di bawah!

Apa itu Gypsum?

Gambar plafon rumah menggunakan gipsum warna putih
Plafon rumah dengan gips (Ricardo Gomez Angel/Unsplash)

Gypsum adalah salah satu jenis mineral yang biasa digunakan pada alat campur untuk material bangunan.

Selain untuk bahan bangunan, terkadang bahan ini juga dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan tangan yang patah dan lain sebagainya.

Manfaat dan Kegunaan Gypsum

Setelah mengenal pengertiannya, berikut adalah manfaat serta kegunaan dari material ini.

1. Bahan Konstruksi Plafon

Manfaat serta kegunaan yang pertama adalah biasa dimanfaatkan sebagai bahan plafon rumah. Bahan ini dikenal sebagai bahan yang tahan terhadap bocor dibanding dengan bahan plafon lain yang beredar di pasaran.

Bahan ini dikenal tahan terhadap api dan mudah dipasang sehingga akan cocok jika digunakan sebagai pembatas atap rumah. Selain itu, penggunaannya bisa membuat konstruksi lebih kuat dan juga rapi. 

Dengan bentuknya yang berupa lembaran, gips dapat menutup bagian batas atap sehingga dapat membuat proses pemasangannya lebih cepat.

Satu lembarnya dapat menutupi permukaan yang luas dibandingkan dengan batu bata yang biasa disusun satu per satu.

Hal ini dapat membuat proses instalasi tidak memakan waktu yang lama ataupun membutuhkan banyak tenaga.

2. Menambah Ornamen pada Dekorasi Rumah

Kegunaan bahan ramah lingkungan ini ternyata tidak hanya untuk sebatas untuk konstruksi utama, misalnya seperti sekat, dinding, ataupun plafon. Namun, material satu ini juga dapat kita manfaatkan sebagai ornamen rumah. 

Penggunaan gipsum pada bingkai plafon (lis) dan ornamen dekorasi plafon
Bingkai plafon (lis) dan ornamen dekorasi plafon berbahan gipsum (Apryan Widodo/Unsplash)

Terdapat satu konsep penerapan penghias plafon yang dapat memberi fungsi keindahan pada ruangan, yaitu Lis dan ceiling center. Misalnya diolah menjadi wujud kubah (dome), bertingkat (drop up celling), dan lainnya.

Selain daripada itu, material ini tergolong ke bahan yang mudah dalam urusan perawatannya. Anda sudah tidak perlu mengecat kembali permukaan gypsum yang sudah mulai kotor ataupun terlihat berdebu. Cukup lap dengan kain basah dan selanjutnya bisa dikeringkan. 

3. Bahan Pelapis Dinding

Gypsum dapat dijadikan sebagai sekat dinding. Dengan menggunakan bahan ini, Anda dapat dengan mudah mengaplikasikan cat tembok tanpa harus melakukan blok lagi.

Sifat dari gipsum ini bisa dengan mudah menyerap cat sehingga kita dapat bebas memilih berbagai jenis ataupun warna cat. Selain mudah menyerap, material ini juga mempunyai daya rekat yang baik untuk cat.

4. Bahan Dasar Kapur Tulis

Apakah Anda sudah tahu kalau kapur tulis yang sering digunakan di sekolah dulu terbuat dari gipsum? Material ini biasa dimanfaatkan untuk bahan dasar pembuatan kapur tulis putih ataupun berwarna.

Untuk membuat kapur tulis dari gipsum, sebelumnya bahan ini akan diolah terlebih dahulu hingga berwujud batangan seperti yang biasanya diketahui dan kemudian didistribusikan ke berbagai sekolah yang akan menggunakannya.

5. Bahan untuk Keperluan Medis

Manfaat dan kegunaan gypsum yang selanjutnya adalah untuk keperluan medis. Saat seseorang mengalami kecelakaan dan patah tulang, dokter akan memanfaatkan material ini untuk penampang atau pelapis tulang tersebut.

Material ini digunakan sebab mempunyai karakteristik yang kuat sehingga bisa menahan tulang supaya tidak bergeser.

6. Bahan untuk Dinding Kamar Mandi

Sekarang, Anda bisa menemukan papan gipsum rumah yang tahan terhadap air serta benturan. Kekuatan dari papan bahan ini mendekati dengan batu bata serta mudah dibentuk. Material ini akan sangat cocok untuk Anda yang tidak mau repot-repot saat ingin merenovasi kamar mandi.

7. Bahan Pembuat Semen

Bahan bangunan ini akan sangat cocok jika dicampur dengan pembuatan semen. Hal ini dikarenakan gipsum dapat memberikan kekuatan tambahan di dinding sebab daya rekatnya yang baik dibandingkan dengan semen biasa.

Kelebihan Gypsum

Selain karena harganya yang murah, material yang identik dengan warna putih ini juga memiliki beberapa keunggulan lainnya.

Seperti mempunyai bobot yang ringan, fleksibel, pemasangannya lebih cepat serta mudah, hasil finishing lebih rata dan mulus, tidak mudah terbakar, anti rayap, perawatan dan perbaikannya tergolong mudah, materialnya mudah ditemukan, mempunyai motif yang beragam, dan dapat digunakan untuk meredam suara.

Dengan beberapa keunggulan serta kelebihan di atas, hal ini membuat gips sangat digemari oleh masyarakat.

Jenis-Jenis Gypsum

Di pasaran, terdapat bermacam-macam jenis, merk, dan harga gypsum yang cukup beragam. Harga gips umumnya dipengaruhi oleh tingkat ketebalan dari bahan itu sendiri. Harga gypsum tipis biasanya lebih murah dibandingkan dengan yang lebih tebal. 

1. Gypsum Peredam Suara

Jenis gypsum yang pertama adalah gips peredam suara. Sesuai namanya, material ini memiliki tujuan untuk meredam suara dari luar ruangan supaya tidak terdengar oleh orang yang sedang berada di dalam ruangan. Cocok jika dimanfaatkan untuk meredam gema dan gaung.

Jika Anda memilih jenis ini, Anda sebaiknya tidak menggunakannya di daerah yang mempunyai suhu ekstrim dikarenakan bisa membuat gips menjadi mudah rusak.

2. Gypsum Reguler

Jenis kedua adalah gipsum yang biasanya dibungkus dengan kertas serta digunakan pada langit-langit ruangan untuk penutup.

Gypsum ini akan cocok jika diberi cat sehingga penggunaannya bisa mengekspresikan warna yang disukai. Pemasangan material ini cukup sederhana, Anda bisa menggunakan sekrup, lem, atau paku.

3. Gypsum Tahan Api

Material jenis tahan api ini dibuat dengan serat kaca yang sudah dibenamkan. Tujuan dari proses ini adalah untuk memperkuat gipsum dari suhu panas dari luar ruangan dan juga terhadap api.

Anda dapat menggunakan bahan jenis ini untuk daerah sekitar tungku memasak, dinding dapur, tungku perapian, atau tembok luar ruangan.

4. Gypsum Foil Aluminium

Bahan ini mempunyai ketahanan terhadap panas sehingga akan cocok untuk digunakan di daerah ataupun ruangan yang memiliki temperatur panas yang tergolong tinggi.

5. Gypsum Tahan Air

Gypsum ini biasanya dimanfaatkan untuk ubin. Zat pelapis yang ada pada material ini dapat memberikan kemampuan tahan terhadap air karena material ini mengandung zat yang berupa lilin atau silikon.

Gipsum jenis ini akan cocok untuk dinding rumah Anda, tetapi tidak disarankan untuk penggunaan plafon rumah. 

Anda bisa menggunakan gipsum ini untuk daerah-daerah rumah yang lembap, seperti dapur atau kamar mandi.

6. Gypsum Perforated

Gipsum yang selanjutnya adalah jenis gips yang mempunyai motif di permukaan papannya sehingga dapat menambah nilai dari segi dekoratif. Biasanya, gypsum perforated digunakan pada plafon ruangan bangunan atau langit-langit ruangan.

7. Gypsum Laminasi PVC

Gipsum jenis terakhir ini mempunyai PVC dengan berbagai motif yang memiliki tujuan untuk memberikan kesan mewah pada ruangan serta memperindah tampilan. Gypsum laminasi PVC ini terbilang cukup mudah untuk perawatannya. 

Harga Gypsum

Jika Anda ingin menggunakan gypsum pada ruangan di rumah, Anda dapat membelinya di toko bangunan maupun di toko online. Harga dari gips sendiri tergantung dari kualitas, kegunaan, dan ketebalannya.

Harga gypsum tahun 2023 saat ini ada pada harga sekitar Rp. 45.000 dengan ukuran 1200 mm x 2400 mm, tebal 9 mm, dan berat 13,5 kg hingga  Rp. 66.900 dengan ukuran 1200 mm x 2400 mm, tebal 9 mm, dan berat 5,1 kg per-lembarnya.

Gipsum akan sangat berguna untuk bagian-bagian rumah Anda. Apabila Anda ingin menggunakan gipsum yang berkualitas, Anda dapat membeli dan melihat kualitas gypsum secara langsung di toko bangunan atau terdekat.

Pastikan juga untuk selalu mempertimbangkan kualitas produk supaya Anda mendapat gipsum yang sesuai dengan spesifikasi serta kebutuhan Anda.

Demikianlah informasi yang kami berikan tentang gypsum mulai dari pengertian, manfaat, kelebihan, jenis-jenis, dan harga gypsum.

Apabila Anda menginginkan material bangunan berkualitas, seperti asbes, yuk kunjungi laman Adimas untuk informasi selengkapnya!

Rekomendasi Artikel Terkait