Genteng Bocor: Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Published: 22 April 2024
Author:
Daftar Isi

Ketika musim hujan tiba, sering kali menjadi mimpi buruk bagi pemilik rumah. Sebab, ada saja masalah yang muncul saat hujan tiba, salah satunya genteng bocor.

Genteng yang bocor menjadi masalah utama yang sering dialami saat musim hujan melanda. Hal ini dikarenakan, atap yang bocor dapat membuat rumah menjadi banjir, merusak benda, hingga mengganggu kenyamanan pemilik rumah.

Kondisi tersebut dikarenakan atap atau genteng merupakan salah satu konstruksi penting dalam sebuah bangunan. Hal ini tidak lepas dari fungsinya yaitu untuk melindungi rumah dan isinya dari sinar matahari maupun air hujan.

Namun, jika atap rumah rusak, tentu menjadi sebuah masalah serius bagi pemiliknya. Maka dari itu, Anda wajib mengetahui bagaimana cara mengatasi genteng bocor saat musim hujan supaya tidak mengganggu kenyamanan di rumah.

Kendati demikian, sebelum Anda mengetahui cara mengatasinya, lebih baik pahami terlebih dahulu penyebabnya.

Nah, berikut ini akan diberikan pembahasan lengkap mengenai penyebab genteng bocor dan cara mengatasinya.

Penyebab Genteng Bocor

Sebelum mengatasi masalah atap bocor di rumah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Hal ini supaya Anda bisa mengatasinya sesuai dengan permasalahan yang ada.

Nah, berikut ini beberapa penyebab genteng bocor yang perlu Anda ketahui:

1. Genteng rusak

Salah satu penyebab utama yang seringkali terjadi adalah genteng rumah sudah rusak. Hal ini bisa terjadi akibat cuaca ekstrem yang menyebabkan genteng menjadi rusak dan melengkung, sehingga memungkinkan air meresap ke dalam atap.

Tentu, Anda harus secara rutin memeriksa dan mengganti genteng yang rusak. Selain itu, Anda juga bisa memilih bahan atap yang berkualitas supaya menghasilkan daya tahan lebih baik.

2. Masalah flashing

Penyebab kedua yang mungkin terjadi adalah flashing buruk di sekitar cerobong, ventilasi, dah skylight bisa membuat titik masuk air saat hujan tiba.

Apalagi, seiring berjalannya waktu, flashing bisa rusak karena paparan elemen, sehingga tingkat kebocoran pada atap semakin tinggi.

3. Boot pipa ventilasi bermasalah

Selanjutnya, penyebab atap bocor adalah boot pipa ventilasi akan rusak seiring berjalannya waktu, sehingga dapat menciptakan titik yang membuat air bisa masuk.

Maka dari itu, Anda harus memeriksa dan mengganti boot pipa ventilasi yang rusak serta memastikan segel rapat supaya mencegah kebocoran.

4. Saluran air dan downspout tersumbat

Saluran air yang tersumbat nantinya dapat menghambat aliran air, sehingga membuat air menjadi tergenang di atap rumah.

Air yang menggenang tersebut nantinya akan meresap melalui genteng dan masuk ke dalam rumah.

5. Atap datar

Tahukah Anda? Jika, atap datar lebih rentan terhadap kebocoran dan tidak tahan terhadap air. Sebab, air yang menggenang di atap datar semacam ini sulit bisa mengalir dan menyebabkan kerusakan maupun kebocoran.

Baca Juga: 7 Model Atap Rumah Minimalis

Maka dari itu, solusi genteng bocor seperti ini harus menggunakan atap yang berkualitas dan hindari atap datar supaya air yang menggenang bisa mengalir.

Cara Mengatasi Genteng Bocor

Setelah Anda mengetahui penyebab genteng bocor, maka saatnya untuk membahas mengenai cara mengatasinya.

Cara mengatasi ini berarti menjadi sebuah solusi genteng bocor yang bisa Anda lakukan di rumah.

Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi atap bocor di rumah:

1.Ganti genteng yang rusak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab atap bocor adalah karena genteng sudah rusak. Maka dari itu, solusinya adalah mengganti genteng yang rusak dengan yang baru.

Cara mengatasi ini tentu sangat ampuh karena genteng yang Anda pasang adalah baru dan sudah pasti tidak ada yang rusak.

2. Memperbaiki dengan semen

Selain mengganti genteng yang rusak, Anda juga bisa memperbaiki dengan semen. Hal ini bisa Anda lakukan ketika genteng rumah ada retakan, sehingga bisa ditambal dengan semen.

Semen menjadi solusi terbaik untuk menambal genteng yang bocor akibat retakan, sehingga nantinya akan membuat genteng rumah tampak seperti baru.

3. Perbaiki retakan kecil

Bukan tidak mungkin, nantinya genteng akan mengalami retakan kecil akibat cuaca yang ekstrem atau lainnya. 

Nah, untuk memperbaikinya, Anda bisa melakukan cat ulang bagian genteng yang retak menggunakan material waterproofing plus dan kasa.

Caranya, Anda hanya perlu memotong serat kasa dan menyesuaikan dengan ukuran genteng. Kemudian, olesi dengan larutan waterproof di atas kasa tersebut.

4. Pastikan sirkulasi udara aman

Permasalahan genteng bocor tidak hanya karena rusak atau retak saja. Sebab, kebocoran pada genteng juga bisa disebabkan oleh atap yang terlalu lembab saat musim hujan tiba.

Maka dari itu, untuk menghindari atap keropos, Anda harus memastikan bahwa di dalam rumah mempunyai sistem sirkulasi yang baik.

5. Periksa kondisi nok

Pernah mendengar istilah Nok? Ya, Nok adalah bagian atas atau puncak atap bangunan. Elemen ini berfungsi sebagai penutup dan penahan air hujan agar tidak masuk ke dalam rumah.

Layaknya genteng, nok juga bisa retak dan rusak akibat kondisi semen yang sudah jelek atau dimakan usia.

Maka dari itu, jika nok sudah retak dan rusak, sebaiknya segera tambal dengan pelapis anti bocor atu semen yang baru.

6. Renovasi konstruksi atap rumah

Selanjutnya, apabila cara atasi genteng bocor dengan mengganti maupun menambal pada bagian yang retak tidak berpengaruh, maka segera lakukan renovasi konstruksi atap.

Hal ini dikarenakan, genteng yang bocor juga bisa disebabkan oleh konstruksi yang tidak kuat menahan beban hingga kondisinya yang melengkung.

7. Merapikan posisi genteng

Genteng bocor juga disebabkan oleh posisi yang tidak pas atau tepat saat pemasangan. Hal ini tentunya dapat menyebabkan air hujan masuk ke rumah karena posisi yang tidak pas.

Maka dari itu, segera rapikan posisi genteng supaya tidak membuat kebocoran. Pastikan Anda merapikan posisi genteng dengan tepat.

8. Tambahkan aksesori atap

Terakhir, jika cara-cara di atas sudah Anda lakukan dan belum berhasil juga, maka solusinya adalah dengan menggunakan tambahan aksesori anti bocor, salah satunya genteng double.

Genteng double adalah salah satu jenis genteng yang dirancang khusus untuk menghalau air supaya tidak meresap ke dalam plafon. 

Dengan begitu, air akan mengalir ke talang dan jika terjadi rembesan, maka tidak akan langsung mengenai atap.

Nah, itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi genteng bocor yang perlu Anda ketahui. 

Pada dasarnya, genteng bocor adalah sebuah permasalahan yang umum dirasakan oleh setiap pemilik rumah saat musim hujan tiba.

Sebab, masalah ini dapat mengganggu kenyamanan pemilik rumah hingga membuat benda-benda di dalam ruangan menjadi rusak.

Maka dari itu, Anda wajib memilih dan menggunakan atap bangunan yang berkualitas supaya terhindar dari kerusakan dan mempunyai umur yang panjang.

Salah satunya adalah menggunakan asbes plafon dari Adimas yang dianggap tahan terhadap air dan mempunyai umur pakai yang panjang.

Apalagi, jenis asbes plafon tersebut juga sudah memenuhi syarat mutu SNI dan lolos uji kelayakan konstruksi, sehingga tentunya daya tahan sudah sangat baik.Tertarik menggunakannya? Segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda!

Rekomendasi Artikel Terkait