Pernis: Pengertian, Jenis, dan Perbedaannya dengan Plitur

Published: 30 October 2023
Author:
Daftar Isi

Penggunaan furniture kayu pada rumah kini sangat digemari oleh banyak orang. Oleh karena itu, pernis saat ini banyak digunakan sebagai bahan pelapis material kayu agar membuatnya lebih tahan lama dan menambahkan kesan estetika.

Furniture kayu, seperti jalusi, kini banyak digunakan karena menambah kesan estetika pada rumah. Nah, pemasangan jalusi ini membutuhkan pernis sebagai bahan pelapisnya agar menampilkan kesan indah dan tahan lama.

Pada artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai pernis mulai dari pengertian, manfaat, jenis, cara finishing, dan perbedaannya dengan plitur. Simak penjelasan berikut ini sampai selesai, ya!

Apa itu Pernis?

Pernis adalah jenis larutan transparan yang berguna untuk melapisi permukaan kayu pada tahap finishing. Pernis atau disebut juga dengan varnish adalah suatu bahan pelapis yang memiliki fungsi untuk melindungi dan memberikan efek kilau pada permukaan kayu.

Penggunaan pernis sangat identik dengan pernis kayu. Kayu memiliki tekstur serat-serat yang nampak pada bahan material tersebut sehingga dibutuhkan penambahan finishing dengan pernis kayu agar lebih estetik.

Harga pernis kayu yang dijual di pasaran bervariasi tergantung pada ukuran yang dijual. Harga pernis berkisar pada Rp25.000 sampai Rp100.000 tergantung pada jenis bahan yang digunakan. Selain itu, semakin mahal harga semakin banyak juga kelebihannya.

Manfaat Pernis

Pernis bermanfaat pada proses finishing furniture dengan bahan kayu. Selain itu, terdapat juga fungsi pernis lainnya yang dijelaskan sebagai berikut.

  • Melindungi kayu dari berbagai cuaca, seperti hujan, panas, dan angin
  • Melindungi kayu dari kotoran debu dan hewan serangga
  • Melindungi kayu dari bahan kimia rumah tangga, seperti alkohol dan cuka
  • Memperkuat permukaan dan serat kayu, serta memperbaiki keretakan
  • Menambah keindahan atau estetika pada permukaan furniture dengan material kayu
  • Mempertahankan warna asli permukaan furniture yang menggunakan material kayu

Jenis-Jenis Pernis

Hasil pernis pada kayu
Pernis pada kayu (Mockup/Unsplash)

Pernis memiliki berbagai macam variasi. Kebanyakan jenisnya dibedakan berdasarkan dengan bahan baku dan juga cara penggunaannya. Berikut ini adalah jenis pernis beserta dengan penjelasannya.

1. Pernis Eksterior

Jenis ini disebut juga dengan spar varnish atau marine varnish yang sering digunakan pada cat eksterior dan furniture outdoor.

Kandungan dari jenis pernis ini adalah resin spesial dan beberapa bahan yang tahan dengan kelembaban, panas matahari, dan kondisi cuaca luar ruangan.

2. Pernis Solvent Based

Jenis ini biasa disebut juga dengan pernis kayu standar. Kelebihan dari pernis ini adalah cepat kering hanya dalam jangka waktu 20-30 menit. 

Selain itu, Pernis ini juga tidak mudah retak dan tidak menggelembung apabila terdapat udara di dalamnya. Varnish solvent based banyak mengandung resin alkyd dan berbagai jenis bahan organik lainnya.

3. Polyurethane

Jenis ini dahulu dikenal dengan nama urethanes. Kandungan di dalamnya berupa polyurethane yang kuat dan berguna sebagai pelapis kayu, meja, dan furniture. Banyak orang menyebutnya dengan bahan finishing plastik.

4. Pernis Water Based

Pernis jenis ini disebut juga dengan varnish acrylic. Bahan pelarut yang digunakan Pernis ini berbeda dengan jenis pada umumnya. Varnish ini menggunakan bahan pelarut air sehingga jenis ini sangat aman digunakan.

Banyak keuntungan dari Pernis ini, yaitu bahannya yang cepat kering, bau tidak menyengat, dan mudah diaplikasikan dengan kuas.

Perbedaan Pernis dan Plitur

Banyak orang yang mengira bahwa Pernis dan plitur adalah dua hal yang sama. Padahal, keduanya merupakan dua hal yang berbeda dari segi karakteristik dan sebagainya.

Berikut ini adalah perbedaan plitur dan pernis beserta dengan penjelasannya.

1. Bahan Baku

Pernis dibedakan berdasarkan bahan bakunya, yaitu solvent based dan water based. Solvent based terbuat dari kombinasi drying oil, resin, thinner, dan pelarut. Sementara itu, water based tersebut dari drying oil, thinner, dan air sebagai pelarutnya.

Plitur adalah cat transparan dengan bahan utama oker. Oker adalah pewarna merah alami yang berasal dari tanah liat berpigmen hermatit atau mineral kemerahan yang mengandung besi. Pada pembuatan plitur, tidak membutuhkan pelarut di dalamnya.

2. Cara Penggunaan

Pernis kayu digunakan tanpa campuran bahan apapun. Penggunaannya hanya perlu dioleskan pada permukaan dengan menggunakan kuas.

Penggunaan plitur kayu perlu ditambah dengan campuran pelarut, seperti spirtus dan thinner sebagai media pelarutnya. Pengaplikasian plitur pada permukaan kayu dapat dilakukan dengan kuas atau bola kain.

3. Hasil Pengaplikasian

Pernis pada kayu dapat membuat permukaan lebih mengilap tanpa memberikan warna pada permukaannya. Hasil akhirnya tentu membuat warna kayu dan serat-seratnya terlihat jelas dan natural.

Pengaplikasian plitur pada kayu akan memberikan warna pada permukaan. Hal ini karena oker akan menyebabkan munculnya warna pada permukaan kayu. Penggunaan ini cocok untuk bahan kayu yang warnanya tidak merata.

proses pengerjaan pernis  dengan alat penyemprot
Proses Pengerjaan Pernis (Simon Kadula/Unsplash)

Cara Finishing Furniture Menggunakan Pernis

Terdapat beberapa tahapan yang diperlukan untuk melakukan proses Pernis ini. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan finishing kayu dengan pernis.

  • Bersihkan terlebih dahulu permukaan kayu dari furniture yang akan dilapisi dengan pernis. Pastikan tidak ada debu yang bertebangan ketika proses pernis dilakukan. Debu akan menyebabkan proses finishing tidak maksimal
  • Siapkan furniture kayu yang telah diamplas agar dihasilkan warna yang natural. Selain itu, kayu yang diamplas akan menghasilkan permukaan lebih halus
  • Pastikan proses finishing dilakukan di tempat yang terang agar semua bagian terlapisi dengan baik.
  • Pernis yang disarankan adalah biovarnish karena produk ini adalah water based yang pengaplikasiannya dengan kuas. Biovarnish wood filler dapat mengubah permukaan menjadi rata dan halus

Itulah dia penjelasan mengenai pernis mulai dari pengertian, manfaat, jenis-jenis, perbedaannya dengan plitur, dan cara penggunaannya. Pernis sangat berguna untuk melapisi dan menjaga ketahanan kayu dari segala cuaca. 

Penggunaan pernis dapat memberikan estetika pada furniture rumah. Selain itu, dalam pembangunan rumah juga dibutuhkan material yang berkualitas. Salah satu material berkualitas yang berguna untuk pembangunan rumah adalah asbes.

Adimas menyediakan asbes berkualitas dengan material bangunan yang terbuat dari campuran semen dan fiber dengan bentuk lembaran gelombang.

Produk asbes tersebut banyak digunakan sebagai atap rumah karena kualitasnya yang baik dan harganya yang relatif terjangkau. Yuk, kunjungi laman website Adimas untuk informasi selengkapnya!

Rekomendasi Artikel Terkait