Mengenal Partisi Ruangan beserta Fungsi, Jenis dan Tipsnya

Published: 22 June 2023
Author:
Daftar Isi

Sebagian masyarakat yang menginginkan ruang kerja tersendiri di rumah namun tidak memliki cukup biaya untuk membangunnya, lebih memilih untuk meggunakan partisi ruangan. Dalam artikel berikut ini, akan dibahas tentang partisi ruangan, fungi, jenis dan juga tips cara memilih partisi ruangan yang tepat. Simak selengkapnya pada artikel berikut!

contoh model wall partition laser cutting warna hitam
Partisi Tembaga Laser Cutting (from Lightwave Laser)

Pengertian Partisi Ruangan

Partisi ruangan atau pembatas ruangan merupakan sebuah benda yang difungsikan sebagai dinding atau sekat yang bersifat praktis, ekonomis, dekoratif, dan tidak permanen. Partisi biasanya memberikan batasan antar ruangan atau membagi sebuah ruangan yang besar menjadi area yang lebih kecil. Pemisah ruangan ini dapat membantu memaksimalkan area ruangan.

Pembatas ruangan ini juga bisa memberikan privasi ketika dibutuhkan ruangan yang kondusif untuk bekerja, namun tidak ingin membangun dinding, sehingga menambah fungsionalitas rumah. Sekat ruangan ini merupakan opsi yang tepat jika ingin membagi ruangan namun tidak memiliki cukup biaya ataupun hanya sebagai tujuan dekoratif untuk mengubah fungi ruangan jika merasa jenuh dengan desain yang monoton.

Baca Juga: Seputar Foyer sebagai Penambah Estetika, Fungsi, dan Tips Desain Foyer yang Baik

Fungsi Partisi Ruangan

Berikut beberapa fungsi partisi ruangan:

1. Sebagai Tempat Penyimpanan

Partisi adalah cara yang sempurna untuk memanfaatkan ruang kecil yang kosong di sela-sela lemari dan dinding. Dengan mengandalkan kreativitas, ruang kosong ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan dengan menggunakan partisi ini.

Dengan membentangkan partisi ruangan dari lantai ke langit-langit, Anda bisa memaksimalkan ruang kosong ini menjadi tempat yang memiliki fungsionalitas yang baik. Partisi ruangan merupakan solusi yang bagus untuk kamar kos ataupun kios yang memiiki ruang terbatas, sebagai tempat menyusun barang dengan rapi.

2. Sebagai Dekorasi

gambar partisi ruangan kaca
Partisi Kaca Sebagai Dekorasi Sekaligus Dinding (from Unsplash)

Selain fungsinya sebagai pembatas ruangan, partisi ruangan juga dapat digunakan sebagai dekorasi. Partisi yang cukup serbaguna juga bisa berfungsi sebagai aksen ruangan. Dengan sentuhan kreativitas memadupadankan partisi ruangan yang berbeda warna namun masih senada dalam satu ruangan dapat menambah keindahan ruangan. Pemisah ruangan yang memiliki detail yang bagus dapat menambah kenyamanan pengguna.

3. Digunakan di Ruang Kelas

Ada beberapa gedung sekolah yang memiliki ruang terbatas memanfaatkan pembatas ruangan untuk memisahkan satu kelas dengan yang lainnya. Sehingga parasiswa dapat berkonsentrasi pada kelas mereka tanpa gangguan dari luar.

Selain itu, ketika sedang melaksanakan ujian praktik di dalam kelas, partisi ruangan juga dapat digunakan agar setiap siswa yang sedang melaksanakan ujian dapat berkonsentrasi dengan tenang tanpa ada gangguan.

4. Sebagai Pemisah Ruangan

Partisi sangat cocok untuk menutup ruangan yang tidak ingin dikunjungi orang. Pembatas ruangan ini bisa dilepas kapanpun karena hanya digantung pada serangkaian tiang.

Partisi akan sangat cocok untuk memisahkan ruangan di ruang kantor. Satu ruangan bisa menjadi tempat penyimpanan berkas dan dokumen, sementara ruangan di sebelahnya menjadi tempat penyimpanan komputer dan meja tempat mereka bekerja.

Jenis-Jenis Partisi Ruangan

Melansir dari situs the spruce, sekat ruangan tersedia dalam berbagai desain, sesuai denganukuran, bahan, dan ketinggian.

Berikut beberapa jenis partisi yang dapat Anda jadikan referensi:

1. Partisi Ruangan Lipat 

partisi lipat dari anyaman di kamar tidur
Partisi lipat (from MyDomaine)

Partisi jenis ini dibuat dari berbagai bahan, dari kain, kayu, atau sejenisnya yang dihubungkan dengan engsel yang bisa dilipat menjadi beberapa bagian. Penggunaan partisi ruangan lipat sangatlah mudah, cukup dengan membuka lipatannya dan partisi lipat ini sudah bisa digunakan. 

Partisi lipat mungkin memiliki ukuran yang panjang dan lebar. Biasanya ketebalannya sebesar 12 inci saat dibuka. Penggunaan partisi ruangan jenis ini cocok dengan ukuran ruangan yang cukup luas mengingat ukurannya yang lumayan besar. Sayangnya, jenis pembatas ruangan ini tidak cukup kokoh akibatnya ada kemungkinan sekat jenis ini akan goyah saat terkena hembusan angin ataupun benturan.

Partisi jenis lipat ini cocok sebagai pelengkap dekorasi ruangan, selain itu harganya juga bersahabat karena tidak memerlukan instalasi khusus untuk pemasangannya.

Kelebihan Partisi LipatKekurangan Partisi Lipat
Mudah disesuaikan dan dipindahTidak cocok digunakan pada ruangan yang terbatas
Menambah dekorasi ruanganMudah roboh
Tersedia dalam berbagai model

2. Partisi Ruangan Kain atau Kertas

Sekat ruangan jenis ini terbuat dari kain atau kertas, mirip dengan tirai yang memisahkan ruang. Jenis partisi ini mungkin tidak terlalu besar dan terkadang harganya paling terjangkau dari jenis lainnya, namun bisa menjadi mahal tergantung pada bahannya.

Partisi kain ini bisa menjadi mahal apabila terbuat dari kain yang tebal seperti kain beludru dimana diperlukan penahan yang kuat  seperti beton sehingga perlu menambah biaya untuk  instalasinya. 

Partisi jenis ini mudah dibuka atau ditutup. Tirai atau partisi kertas juga dapat digantung pada sistem gantung yang dapat berupa lintasan langit-langit dengan pengait atau pada tiang panjang yang menempel pada dinding yang berlawanan, seperti tirai jendela.

Kelebihan Partisi KainKekurangan Partisi Kain
Mudah dibuka dan ditutupKain atau kertas yang titpis mudah robek
Untuk beberapa jenis dapat meredam suaraMudah tersingkap jika terkena angin
Dapat melindungi privasi untuk jenis kain yang tebalPerlu divakum dan dibersihkan secara berkala

3. Lembaran Partisi

Sama seperti partisi lipat, lembaran partisi juga berdiri tanpa harus dikaitkan pada dinding ataupun langit-langit. Terdapat alas sebagai penyangga lembaran partisi. Jenis sistem partisi ini biasanya terbuat dari kain ataupun bahan lainnya. Jumlah penggunaan lembaran partisi bisa disesuaikan sesuai dengan ukuran ruangan. 

Lembaraan partisi biasanya berupa bingkai plastik, PVC, ataupun sejenis logam yang berfungsi sebagai bingkai sehingga jika digunakan, privasi akan tetap terjaga. Harga lemparan partisi mungkin sama terjangkaunya dengan partisi akordeon karena tidak memerlukan tambahan peralatan instalasi apa pun.

Kelebihan Lembaran PartisiKekurangan Lembaran Partisi
Harga terjangkauTidak kedap suara
Cocok digunakan unutk ruangan yang tidak cukup luasCenderung berukuran pendek
Mudah dipindahkan

4. Partisi berupa Rak Buku

model partisi rak buku sebagai pengganti pagar tangga
Partisi Rak Buku (from Pinterest)

Partisi berupa rak buku adalah sebuah solusi yang sangat fungsional dimana rak buku yang berfungsi sebagai perabot difungsikan sebagai pembatas ruangan. Jenis sekat ini merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang menginginkan ruang privasi dengan memanfaatkan perabotan yang ada di rumah. Partisi ini juga memiliki kemampuan meredam suara apabila diisi dengan buku-buku secara penuh.

Pemisah ruangan yang menggunakan rak buku tentu berukuran cukup tinggi dan beberapa jenis menjulur hingga ke langit-langit. Rak buku yang tinggi dan sempit mungkin rentan jatuh dan perlu distabilkan dengan mendekatkannya ke dinding serta memakai penahan atau penyangga untuk menghindari masalah.

Di sisi lain, harga partisi rak buku ini mungkin agak sedikit mahal mengingat harga rak buku yang tidak murah.

Kelebihan Partisi Rak BukuKekurangan Partisi Rak Buku
Bisa meredam suaraAda kemungkinan roboh jika tidak dilengkapi pengaman
Multifungsi Relatif Mahal
Relatif panjang

5. Partisi Ruangan Solid

Partisi ruangan solid merupakan panel yang terbuat dari akrilik, resin, kayu ringan, atau bahan padat lainnya yang menggantung dari langit-langit. Terkadang, jenis ini dapat digeser terbuka atau tertutup untuk memberikan tingkat perlindungan privasi dan cahaya yang tinggi.

Pemisah ruangan yang menggantung dari langit memerlukan bantuan dari elemen plafon seperti sekrup untuk menguatkan sekat tersebut. Bagian bawah partisi dapat ditempelkan ke lantai untuk meminimalisir gerakan panel.

Namun panel jenis ini masih ada resiko goyah jika diberi beban seperti kipas. Jenis partisi solid ini bisa lebih mahal daripada pembatas lantai yang berdiri sendiri karena tidak hanya membutuhkan perangkat keras seperti plafon untuk memasangnya, tetapi juga panel-panelnya mungkin lebih berat atau lebih besar, tergantung dengan desainnya.

Kelebihan Partisi SolidKekurangan Partisi Solid
DekoratifAda kecenderungan untuk goyah
Cenderung ringanMinim privasi
Sistem pencahayaan yang cukup

Tips Memilih Partisi Ruangan

Bagian terpenting dalam memilih partisi ruangan adalah memastikan bahwa partisi tersebut sesuai dengan tinggi dan luas ruangan yang akan dipasang partisi. Ukurlah panjang dan tinggi sekat yang Anda perlukan.

Selain itu, ukurlah tinggi langit-langit rumah Anda agar Anda mendapat partisi yang cocok dan stabil. Pertimbangkan di mana pembatas harus diletakkan serta pertimbangkan stabilitas partisi.

Baca Juga: Master Plan: Fungsi, Contoh, dan Tahap Pembuatannya

Penggunaan partisi ruangan dapat dijadikan opsi apabila Anda memiliki ruang yang terbatas namun  ingin membuat ruangan privasi untuk keperluan pribadi. Adimas menyediakan Asbes Plafon dengan kualitas unggulan untuk melengkapi kebutuhan rumah anda.

Rekomendasi Artikel Terkait