12+ Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu, Menarik dan Estetik!

Published: 26 September 2023
Author:
Daftar Isi

Dekorasi atau hiasan rumah menjadi komponen utama untuk mempercantik ruangan. Ruangan yang menjadi area utama untuk memberikan kesan pada orang lain adalah ruang tamu. Oleh karena itu, hiasan ruang tamu sangat penting agar memperindah ruangan.

Dinding ruang tamu yang masih kosong dapat Anda tambahkan hiasan dan dekorasi agar terkesan lebih hidup. Dekorasi ruang tamu berupa hiasan dinding menjadi salah satu solusi untuk menjadikan ruangan lebih indah.

Berikut ini adalah contoh hiasan dinding ruang tamu yang dapat dijadikan inspirasi untuk menghias ruangan Anda. Yuk simak!

Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu yang Menarik dan Estetik

Berikut ini beberapa ide hiasan dinding ruang tamu yang bisa Anda jadikan referensi:

1. Hiasan Ruang Tamu Simple 

hiasan dinding ruang tamu simple
From Unsplash

Hiasan dinding yang simple biasanya selaras dengan rumah yang minimalis. Hiasan dindingnya pun tergolong sangat simple dan tidak ada kesan mewah atau ramai. Anda dapat menggunakan hiasan lukisan dengan tema yang tidak terlalu berat agar ruangan tetap hangat.

2. Hiasan Ruang Tamu dari Kayu 

hiasan dinding ruang tamu kayu
From Unsplash

Hiasan dari kayu ini lebih identik dengan penggunaan rak kayu. Dengan menggunakan rak kayu tersebut, bukan hanya sisi keindahan yang ditonjolkan, tetapi juga sisi fungsionalitas. Rak kayu tersebut dapat digunakan sebagai tempat menaruh hiasan-hiasan lainnya. 

3. Hiasan Ruang Tamu Gambar Binatang

hiasan dinding ruang tamu gambar hewan
From Pexels

Hiasan ini cocok bagi Anda yang menyukai alam dan hewan. Hiasan gambar hewan dapat dituangkan melalui lukisan sehingga menampilkan kesan yang lebih nyata. Selain itu, lukisan hewan juga tetap menampilkan kesan keindahan.

Hewan yang dilukis dapat berbagai macam jenisnya. Seperti, rusa, harimau, kuda, kucing, anjing, dan sebagainya.

Baca Juga: Desain Interior: Pengertian, Sejarah, Elemen, dan Contohnya

4. Hiasan Dinding Ruang Tamu Tipografi

hiasan dinding ruang tamu tipografi
From Unsplash

Tipografi pada dinding dapat ditulis dengan kata-kata motivasi dan inspiratif yang dapat memberikan kesan menarik bagi pembacanya. Selain itu, tulisan motivasi juga dapat memberikan semangat kepada siapa pun yang membacanya.

5. Hiasan Dinding Geometri 

hiasan dinding ruang tamu bentuk geometri
From Unsplash

Pola geometri ini akan menunjukkan sisi estetika dan menarik perhatian bagi yang melihatnya. Dengan memanfaatkan dinding rumah, pola geometris dapat dibuat sesuai dengan keinginan. Selain itu, penggunaan pola ini dapat membuat ruangan lebih hidup.

6. Hiasan Dinding Ruang Tamu Kaligrafi

hiasan dinding kaligrafi
From Pinterest.com

Hiasan dinding dengan nuansa islam sangat banyak digunakan di rumah-rumah di Indonesia. Dengan adanya tulisan kaligrafi ini membuat penghuni rumah selalu ingat kepada Tuhan. Selain itu, tulisan kaligrafi ini juga menampilkan kesan yang indah bagi ruang tamu.

7. Hiasan Dinding Ruang Tamu Foto Keluarga

hiasan dinding foto keluarga
From Pinterest.com

Hasan foto keluarga juga banyak ditemui di rumah-rumah Indonesia. Foto yang dipajang pun beragam sesuai dengan kenangan yang ada di dalamnya, seperti foto keluarga, pernikahan, wisuda, dan sebagainya. Adanya foto keluarga menambah kesan yang hangat di dalam rumah.

8. Hiasan Dinding Piring

hiasan dinding ruang tamu piring motif
From Pexels

Fungsi piring kini bukan hanya sebagai tempat makan saja, tetapi juga berfungsi sebagai hiasan dinding ruang tamu. Piring yang digunakan juga bukan piring yang polos, tetapi piring dengan banyak motif dan terkesan antik.

Dengan memakai piring sebagai hiasan, dinding akan lebih menarik dan eye-catching. Pastikan untuk memasang piring pada dinding dengan aman agar tidak jatuh atau pecah. 

9. Hiasan Dinding Ruang Tamu Estetik

hiasan dinding ruang tamu rumah minimalis
From Unsplash

Istilah estetik kini telah menjamur di berbagai bidang. Salah satunya adalah hiasan dinding estetik yang kini banyak dicari oleh berbagai kalangan. Dengan hiasan yang estetik, Anda dapat menghidupkan ruangan menjadi lebih menarik.

Hiasan estetik dapat menggunakan beberapa lukisan dengan tema yang abstrak. Tema-tema yang abstrak inilah dapat membangun dan menambah kesan estetik. Selain hiasan dinding, penambahan furniture yang unik juga menambah kesan keindahan.

Baca juga: 5 Model Kanopi Minimalis dan Tips untuk Desain Rumah Modern

10. Hiasan Dinding Tanaman Hias 

hiasan dinding ruang tamu dengan tanaman hias
From Unsplash

Hiasan ini lebih mengarah ke tema natural karena menggunakan tanaman hias sebagai unsur utamanya. Penambahan hiasan tanaman ini memberikan kesan ruangan lebih segar dan alami. Selain itu, ruangan menjadi lebih estetik dengan adanya tanaman ini.

Selain memberikan kesan yang estetik, penggunaan tanaman hias juga memiliki fungsi lainnya. Tanaman seperti sirih gading, lidah mertua, lili paris, dan sebagainya bermanfaat untuk menyerap polutan kimiawi dan menghasilkan udara yang segar.

11. Hiasan Dinding Ruang Tamu Cermin

hiasan dinding cermin atau kaca
From Pexels

Hiasan dinding kaca atau cermin menjadi inspirasi untuk hiasan dinding ruang tamu karena sisi estetikanya. Selain itu, cermin juga memiliki sisi fungsionalitasnya, yaitu menjadi tempat berkaca bagi tamu atau diri sendiri.

Fungsi lainnya dari cermin adalah dapat membuat ruang tamu menjadi lebih lebar dari segi visual. Frame atau bingkai cermin dapat Anda sesuaikan dengan rumah Anda agar mendapat kesan lebih nyaman dan nyaman dilihat.

12. Hiasan Dinding Klasik 

hiasan dinding rumah klasik
From Unsplash

Hiasan dinding pada rumah klasik identik dengan lampu-lampu klasik. Lampu klasik inilah yang menimbulkan kesan rumah lebih mewah dan elegan. Gaya rumah klasik disebut dengan rumah yang tak lekang oleh zaman.

Konsep hiasan ruang tamu klasik ini elegan dan stylish. Interior yang digunakan pada rumah klasik adalah furniture-nya yang elegan dan banyak penggunaan warna emas.

13. Hiasan Dinding Ruang Tamu Minimalis

hiasan dinding rumah minimalis
From Unsplash

Dekorasi ruang tamu minimalis tentu mengedepankan konsep sederhana, tetapi juga menampilkan kesan estetik. Desain rumah minimalis biasanya identik dengan warna yang netral dan penggunaan furniture yang sederhana.

Hiasan dinding rumah minimalis tidak memerlukan banyak dekorasi karena rumah minimalis juga mengedepankan kesan rumah yang luas dan lebar. Oleh karena itu, dekorasi ruang tamu menggunakan hiasan dinding yang sederhana membuat kesan lebar pada rumah minimalis.

Baca Juga: 7 Contoh Desain Rumah Modern Minimalis dan Karakteristiknya

Itulah pembahasan mengenai contoh-contoh hiasan dinding ruang tamu yang dapat Anda jadikan inspirasi.

Pada intinya, hiasan dinding akan menambah kesan estetik dalam ruangan. Oleh karena itu, pilihlah hiasan dinding yang tepat agar ruang tamu makin indah.

Selain pemilihan dekorasi dan hiasan dinding, rumah yang indah perlu juga didukung dengan material yang berkualitas, salah satunya adalah penggunaan material atap yang berkualitas akan menciptakan ruangan yang nyaman dan aman.

Untuk kebutuhan atap yang berkualitas, solusinya adalah Asbes Adimas. Asbes Adimas menyediakan berbagai macam jenis asbes yang aman bagi material bangunan Anda. Yuk, kunjungi laman web Adimas untuk informasi lebih lanjut!

Rekomendasi Artikel Terkait