Cara Pasang Asbes Pada Atap & 3 Tips Agar Tidak Merasa Panas

Published: 22 May 2023
Author:
Daftar Isi

Atap asbes kini mulai menjadi pilihan bagi banyak orang. Mengingat berbagai kelebihan yang dimilikinya mulai dari harganya yang terjangkau hingga daya tahan terhadap api maupun cuaca ekstrem. Di samping itu, cara pasang asbes dapat dilakukan menggunakan rangka kayu maupun baja ringan.

Apakah Anda sedang mencari informasi cara pasang asbes dan merencanakan untuk memasangnya pada atap? Atap asbes telah menjadi pilihan populer dalam konstruksi atap karena kekuatan, daya tahan, dan harga yang terjangkau. Namun, pemasangan atap asbes, baik pada baja ringan atau yang lainnya membutuhkan pemahaman dan teknik khusus agar hasilnya optimal dan tahan lama.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang serba-serbi atap asbes mulai dari manfaat dan kelebihannya, serta cara pasang asbes melalui proses langkah demi langkah yang diperlukan untuk memasangnya pada baja ringan hingga teknik pasang yang benar. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Atap Asbes?

Sebelum mempelajari tentang cara pasang asbes, ada baiknya Anda untuk mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu atap asbes. Atap asbes adalah jenis atap yang terbuat dari serat mineral alami yang dikenal sebagai asbes. Asbes telah digunakan dalam industri konstruksi selama bertahun-tahun karena kekuatannya, ketahanannya terhadap cuaca ekstrem, serta biaya yang terjangkau.

Atap asbes memiliki kekuatan yang baik dan tahan terhadap perubahan suhu ekstrem, sinar UV, hujan, dan angin kencang. Ini menjadikannya pilihan yang populer untuk berbagai jenis bangunan, termasuk rumah tinggal, pabrik, gudang, dan bangunan komersial lainnya. Selain itu, atap asbes juga dikenal memiliki daya tahan yang baik terhadap api.

Baca Juga: Mengenal Pondasi Tapak, Jenis, Fungsi, Hingga Ukurannya

Kelebihan Atap Asbes

Setelah mengetahui tentang apa itu atap asbes, selanjutnya Anda perlu mengetahui tentang kelebihan atap asbes.

1. Kekuatan dan tahan lama

Atap asbes memiliki kekuatan yang baik dan mampu menahan perubahan suhu ekstrem, sinar UV, hujan, dan angin kencang. Ini membuatnya menjadi pilihan yang tahan lama untuk berbagai jenis bangunan.

2. Harga terjangkau

Salah satu keunggulan utama atap asbes adalah harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa alternatif atap lainnya. Hal ini menjadikannya opsi yang menarik bagi mereka yang ingin membangun atau memperbaiki atap dengan anggaran terbatas.

3. Daya tahan terhadap api

Atap asbes memiliki daya tahan yang baik terhadap api, menjadikannya pilihan yang aman dalam hal perlindungan terhadap bahaya kebakaran.

4. Perawatan yang mudah

Atap asbes cenderung membutuhkan sedikit perawatan rutin. Membersihkan atap secara teratur dan memperbaiki kerusakan kecil saat terjadi sudah cukup untuk menjaga keberlanjutan kinerjanya.

Kekurangan Atap Asbes

Dibalik kelebihan yang dimiliki, kekurangan atap asbes perlu dipertimbangkan dengan hati-hati sebelum memutuskan untuk menggunakan material ini dalam proyek atap Anda. Berikut ini adalah gambaran tentang beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui.

1. Risiko kesehatan

Serat asbes yang mudah terlepas dari atap asbes dapat menjadi bahaya bagi kesehatan manusia jika terhirup. Pemaparan yang berkepanjangan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit paru-paru serius seperti asbestosis dan kanker paru-paru.

2. Larangan penggunaan

Beberapa negara telah melarang penggunaan asbes dalam konstruksi karena risiko kesehatan yang terkait dengannya. Oleh karena itu, perlu memeriksa aturan dan regulasi setempat sebelum memutuskan untuk menggunakan atap asbes.

3. Rentan terhadap kerusakan fisik

Meskipun kuat, atap asbes rentan terhadap kerusakan fisik seperti pecah, retak, atau patah. Jika terjadi kerusakan, serat asbes dapat terlepas dan menjadi bahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Plat Lantai, Jenis, Ukuran, dan Tips Untuk Memilihnya

Cara Pasang Asbes

Saat memilih menggunakan atap asbes, penting bagi Anda untuk mengetahui metode pemasangannya. Atap ini membutuhkan rangka atap rumah yang harus dibuat terlebih dahulu sebelum dapat dipasang secara langsung. Untuk cara pasang asbes yang efektif, Anda perlu mempersiapkan beberapa alat dan bahan seperti, asbes, alat ukur, palu, paku, kayu, gergaji.

Setelah alat dan bahan sudah siap, Anda dapat memulai memasang atap asbes. Cara pasang atap asbes pun beragam, mulai dari menggunakan kayu hingga baja ringan. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Cara Pasang Asbes Pakai Rangka Kayu

terdapat gording atau purlin kayu yang menggambarkan cara pasang Asbes pada rangka kayu
(Photo: Pinterest.com)

Berikut ini adalah cara pasang asbes menggunakan rangka kayu. Simak langkah-langkahnya pada penjelasan berikut.

Langkah 1: Persiapan dan Pengukuran

Sebelum memulai pemasangan asbes, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan:

  • Periksa Rangka Kayu: Pastikan rangka kayu yang akan digunakan kuat, stabil, dan tidak rusak. Jika ditemukan kerusakan, segera perbaiki atau gantilah sebelum melanjutkan.
  • Siapkan Alat dan Bahan: Pastikan Anda telah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan seperti asbes, palu, paku, gergaji, dan alat ukur. Pastikan semua alat dalam kondisi baik dan siap digunakan.
  • Ukur dan Rencanakan: Ambil ukuran yang akurat dari area atap yang akan dipasangi asbes. Buatlah rencana pemasangan yang rinci untuk memastikan hasil yang memuaskan.

Langkah 2: Persiapan Asbes

Sebelum memasang asbes, lakukan persiapan sebagai berikut:

  • Potong Asbes: Gunakan gergaji untuk memotong asbes sesuai dengan ukuran yang Anda butuhkan. Pastikan Anda menggunakan alat pelindung pernapasan dan melakukannya di area yang terventilasi dengan baik.
  • Lubangi Asbes: Buatlah lubang pada asbes menggunakan paku sesuai dengan pola pemasangan yang telah Anda rencanakan. Pastikan lubang yang Anda buat cukup besar untuk menampung paku dengan aman.

Langkah 3: Pemasangan Asbes

Sekarang saatnya memasang asbes pada rangka kayu. Ikuti langkah-langkah atau cara pasang asbes berikut:

  • Mulai dari Bawah: Mulailah memasang asbes dari bagian bawah atap. Letakkan asbes dengan hati-hati di atas rangka kayu dan sesuaikan dengan posisinya.
  • Pasang dengan Paku: Gunakan palu dan paku untuk memasang asbes ke rangka kayu. Pastikan asbes terpasang dengan kuat dan stabil. Masukkan paku ke dalam lubang yang telah Anda buat pada asbes.
  • Lanjutkan ke Bagian Berikutnya: Setelah asbes pertama terpasang dengan baik, lanjutkan pemasangan ke bagian berikutnya dengan mengikuti langkah-langkah yang sama. Pastikan setiap lembar asbes terhubung dengan rapat dan rapi.

2. Cara Pasang Asbes Pakai Baja Ringan

tampak bawah atap dengan asbes yang dipasang menggunakan Baja Ringan
(Photo: Pinterest.com)

Berikut ini adalah cara pasang asbes menggunakan rangka kayu. Simak langkah-langkah atau cara pasang asbes pada penjelasan berikut.

Langkah 1: Persiapan dan Pengukuran

Sebelum memulai cara pasang asbes dengan baja ringan, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan:

  • Periksa Kondisi Baja Ringan: Pastikan baja ringan yang akan digunakan dalam kondisi baik, tidak rusak, dan sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan. Jika terdapat kerusakan atau kekurangan, segera gantilah sebelum memulai pemasangan.
  • Alat dan Bahan: Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan seperti asbes, baja ringan, palu, paku, meteran, gergaji, dan alat pengukur lainnya. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan siap digunakan.
  • Ukur dan Rencanakan: Lakukan pengukuran yang akurat pada area atap yang akan dipasangi asbes dengan baja ringan. Buatlah rencana pemasangan yang rinci untuk memastikan kesiapan dan keberhasilan proyek.

Langkah 2: Pemasangan Baja Ringan

Setelah persiapan selesai, berikut adalah langkah-langkah untuk memasang asbes dengan menggunakan baja ringan:

  • Pasang Rangka Baja Ringan: Mulailah dengan memasang rangka baja ringan pada struktur atap. Pastikan baja ringan terpasang dengan kokoh dan rapi, sesuai dengan rencana yang telah Anda buat sebelumnya.
  • Potong Asbes: Gunakan gergaji untuk memotong asbes dengan ukuran yang sesuai. Pastikan Anda menggunakan alat pelindung pernapasan saat melakukan proses ini.
  • Tempatkan Asbes: Letakkan lembaran asbes dengan hati-hati di atas rangka baja ringan. Pastikan asbes terletak dengan benar dan sesuai dengan pola pemasangan yang telah direncanakan.
  • Pasang dengan Paku: Gunakan palu dan paku untuk memasang asbes pada rangka baja ringan. Pasang paku dengan jarak yang sesuai dan pastikan asbes terpasang dengan kuat dan stabil.
  • Lanjutkan Pemasangan: Lanjutkan proses pemasangan dengan mengikuti langkah-langkah di atas untuk setiap lembar asbes hingga seluruh atap terpasang dengan sempurna.

Teknik Pemasangan Atap Asbes

Dalam cara pasang asbes, terdapat beberapa teknik yang harus diterapkan agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai dan baik. Simak beberapa teknik cara pasang asbes berikut.

1. Hitung Jumlah Lembaran

Pertama, tentukan jumlah lembaran yang diperlukan dengan menghitung berdasarkan perhitungan berikut:

  • Bagi panjang atap dengan lebar efektif untuk mendapatkan jumlah lebar per kolom (X).
  • Bagi lebar atap dengan ranjang efektif untuk mendapatkan jumlah lebar per baris (Y).
  • Jumlah lembaran yang dibutuhkan adalah hasil perkalian antara X dan Y. Dengan melakukan perhitungan ini, Anda akan dapat menentukan jumlah lembaran asbes yang tepat untuk pemasangan atap Anda secara efisien.

2. Pemakaian gording

Pastikan gording (purlin) yang Anda gunakan dalam kondisi lurus dan rata. Selain itu, tentukan jarak antara gording dan atap asbes semen sesuai dengan petunjuk teknis yang tersedia pada tabel di bawah ini. Selain itu, perhatikan juga sudut kemiringan atap, yang disarankan antara 10º hingga 40º. Pastikan kemiringan atap sesuai dengan range yang direkomendasikan untuk memastikan pengaliran air yang optimal dan kekokohan atap.

Ukuran AsbesTebal (mm)Jarak Gording (cm)
Gelombang besar 065Maksimal 120 cm
Gelombang kecil 144Maksimal 80 cm
Gelombang kecil 113,5Maksimal 60 cm

3. Cara pemasangan paku atau baut

Untuk cara pasang asbes pada atap, Anda dapat menggunakan paku payung atau baut sebagai aplikasi pengikat. Cara pemasangan yang umum adalah dengan melubangi terlebih dahulu menggunakan mesin bor sebelum memasang paku atau baut.

4. Pemasangan pemotongan sudut

Terdapat 2 cara yang dapat digunakan untuk memotong rapi sudut, yaitu menggunakan tumpangan samping dan tumpangan akhir.

  • Tumpangan samping bertujuan untuk menghindari tumpukan lembaran asbes yang tebal berlipat empat, sehingga memungkinkan setiap lembaran duduk dengan baik dan rata serta potongan sudut harus disesuaikan dengan panjang tumpangan akhir yang Anda inginkan.
  • Sedangkan, tumpangan akhir mengacu pada bagian lembaran atap yang tergantung di ujung kemiringan atap. Untuk memastikan pemasangan yang tepat, tumpangan akhir harus disesuaikan dengan kemiringan atap yang digunakan.

Baca Juga: Mengenal Rabat Beton, Spesifikasi, Fungsi, dan Kelebihannya

Tips agar Atap Asbes Tidak Panas

Setelah mengetahui tentang cara pasang asbes menggunakan berbagai rangka, baik dari kayu maupun baja ringan, selanjutnya adalah tips yang bisa Anda terapkan agar Atap Asbes yang sudah anda pasang tidak terasa panas. Simak beberapa tips di bawah ini.

1. Cat menggunakan warna putih

Salah satu cara efektif untuk mengurangi panas pada atap asbes adalah dengan menggunakan cat berwarna putih. Warna putih memiliki sifat reflektif yang baik, sehingga dapat memantulkan sinar matahari dan mengurangi penyerapan panas oleh atap. Dengan cat berwarna putih, suhu di bawah atap akan lebih rendah, sehingga lingkungan di dalam bangunan juga lebih nyaman.

2. Manfaatkan berbagai tanaman

Tanaman hijau dapat berperan dalam mengurangi panas di sekitar atap asbes. Anda dapat menanam berbagai jenis tanaman seperti pohon, semak, atau tanaman rambat di sekitar atap. Tanaman tersebut dapat memberikan perlindungan dari sinar matahari langsung dan membantu mengurangi suhu di sekitar atap. Selain itu, tanaman juga memberikan suasana yang segar dan alami bagi lingkungan sekitar.

3. Perbanyak ventilasi udara

Ventilasi yang baik sangat penting dalam menjaga suhu di bawah atap asbes tetap sejuk. Pastikan ada sirkulasi udara yang cukup dengan menginstal ventilasi tambahan seperti ventilasi atap atau kipas langit-langit. Ventilasi akan membantu mengeluarkan udara panas yang terperangkap di dalam ruang atap, sehingga suhu di bawah atap akan lebih rendah. Hal ini akan membantu menjaga suhu dalam bangunan agar tetap nyaman.

Berikut adalah informasi yang dapat kami berikan terkait tutorial pemasangan asbes, kelebihan, kekurangan, dan berbagai tips untuk menyiasati agar ruangan dengan atap asbes tidak terasa panas. Setelah mengetahui cara pasang yang tepat, Anda dapat menggunakan asbes gelombang kecil atau asbes rata dari Adimas untuk melengkapi atap impian Anda, karena memiliki umur pemakaian yang lama karena tahan terhadap cuaca ekstrem.

Rekomendasi Artikel Terkait