Bordes adalah: Arti, Fungsi, Jenis, & Inspirasi Desainnya

Terakhir Diperbarui: 17 May 2024
Penulis:
Dilihat:
Daftar Isi

Pernahkah Anda mendengar istilah bordes? Mungkin, bagi sebagian besar orang masih cukup asing dengan istilah ini. Padahal, sebenarnya bordes berada di lingkungan sekitar.

Bordes adalah salah satu bagian dari tangga yang berfungsi sebagai ruang transisi pada saat naik atau turun tangga.

Artinya, bordes adalah bagian dari tangga yang biasa digunakan untuk tempat beristirahat pada saat Anda merasa lelah menaiki maupun menuruni tangga.

Umumnya, bordes merupakan pelat datar di antara anak tangga yang berfungsi untuk meminimalkan risiko terjatuh pada saat sedang menaiki tangga.

Supaya Anda lebih memahaminya, maka simak pembahasan artikel ini karena akan dijelaskan mengenai apa itu bordes, fungsi, jenis, dan beberapa inspirasi desainnya.

Pengertian Bordes adalah

Bordes adalah plat datar di antara anak tangga yang mempunyai fungsi sebagai tempat untuk mengistirahatkan kaki saat menaiki atau menuruni tangga.

Selain itu, bordes juga berfungsi sebagai tempat peralihan apabila ada sebuah tangga yang memiliki belokan, sehingga bisa meminimalisir risiko jatuh.

Artinya, Anda bisa membuat bordes pada bagian sudut tempat peralihan arah tangga yang lurus maupun berbelok. Namun, untuk menentukan posisi bordes, sebaiknya melakukan desain bagian tengah dari sejumlah anak tangga yang dibuat.

Mungkin akan ada pertanyaan, apakah tangga harus mempunyai bordes? Jawabannya adalah tidak karena ada jenis tangga yang tidak dilengkapi bordes yang mana ukurannya kecil dan berbentuk lurus.

Kendati demikian, untuk meminimalisir risiko kecelakaan pada saat melintasi tangga, disarankan untuk menggunakan bordes.

Jika dilihat sekilas, bordes ini terlihat seperti penyambung anak tangga. Meski begitu, proses pembangunannya juga harus diperhatikan dengan baik dan tepat.

Sebab, jika pembuatannya asal-asalan, maka bisa saja tangga yang dibuat dapat mencelakai penghuni rumah atau pengguna yang sedang melintasi.

Maka dari itu, pastikan bahwa cara menghitung anak tangga dan bordes dilakukan dengan tepat sesuai dengan peraturan yang ada.

Peraturan Pembuatan Bordes

Membuat bordes tidak bisa dilakukan sembarangan karena harus memenuhi peraturan yang ada. Tujuannya supaya bordes ini bisa digunakan dan berfungsi dengan baik.

Berikut beberapa peraturan yang perlu Anda ketahui:

1. Dalam proses pembuatannya, panjang bordes bisa diatur sesuai kebutuhan yang mana ukurannya mulai dari 80 – 120 cm. 

2. Maksimal sudut kemiringan bordes tangga adalah 40 derajat serta minimalnya sekitar 25 derajat.

3. Luas minimal bordes harus mencapai 1 meter karena bertujuan untuk memberikan kenyamanan saat melintasi tangga

4. Usahakan panjang pijakan anak tangga berkisar antara 20 – 30 cm

5. Sementara itu, tinggi pijakan setiap anak tangga minimal berkisar 15 – 20 cm

6. Sebaiknya, Anda menggunakan bordes apabila area tangga mempunyai lebih dari 12 anak tangga. Setiap 12 anak tangga pastikan sudah memiliki bordes.

Fungsi Bordes

Perlu Anda ketahui, pembuatan bordes tidak hanya dilakukan semata-mata untuk memberikan nilai tambah bagi ruangan. Namun, dikarenakan terdapat beberapa fungsi bordes yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Nah, fungsi bordes adalah sebagai berikut:

1. Membantu meminimalisir risiko terjatuh saat naik atau turun dari tangga

2. Sebagai tempat transisi pada saat melintas di atasnya

3. Sebagai tempat untuk beristirahat sejenak saat naik atau turun dari tangga

4. Dijadikan sebagai area belokan tangga yang bisa menjangkau area di atasnya. Hal ini biasanya digunakan jika panjang tangga tidak mencukupi

5. Sebagai area dekoratif untuk memperindah interior pada ruangan rumah

6. Bisa digunakan untuk menyimpan barang yang jarang digunakan. Hal ini bisa Anda lakukan jika area bordes pada tangga mempunyai space yang cukup luas.

Baca Juga: Rumah Split Level

Jenis Bordes

Sebelum Anda menggunakan bordes untuk area tangga di rumah, maka ketahui terlebih dahulu beberapa jenisnya di bawah ini:

1. Bordes dari besi baja

Pertama, jenis bordes adalah yang terbuat dari besi baja dan memiliki daya tahan cukup tinggi terhadap karat. Biasanya, jenis bordes ini memiliki ukuran kurang lebih 1,2 x 2,4 meter.

Bahkan, bordes baja seringkali juga diberi tambahan aluminum serta baja hitam yang bertujuan untuk mencegah terjadinya karat.

Kemudian, proses pembuatannya dilakukan secara modern  menggunakan teknologi hot rolling. Jenis bordes baja ini berbentuk lembaran dengan tingkat ketebalan yang bervariasi.

2. Bordes stainless steel

Kedua, ada jenis bordes stainless steel yang mana menggunakan finishing 2B dengan warna silver doff. Bahan ini merupakan jenis bordes yang sangat modern dan mempunyai wujud yang unik.

Bahkan, ada juga bordes yang mana wujudnya menyerupai cermin dan bisa memberikan pantulan bayangan. Apalagi, motifnya juga sangat bervariasi, seperti hairline, garis memanjang, dan bening kaca.

Inspirasi Desain Bordes Tangga yang Aesthetic

Bangunan yang memiliki tangga bordes
Tangga Bordes pada Bangunan (Sumber: Freepik.com)

Jika Anda sudah mengetahui mengenai apa itu bordes beserta fungsi dan jenisnya, maka harus tahu juga mengenai inspirasi desainnya.

Nah, berikut ini beberapa contoh bordes tangga yang aesthetic dan bisa Anda jadikan referensi:

1. Bordes cermin

Pernahkah Anda berpikir bahwa bordes bisa menggunakan material cermin? Ya, ternyata cermin bisa juga dijadikan bordes tangga, loh!

Dalam hal ini, pastikan cermin yang digunakan memang khusus untuk dijadikan bordes tangga pada ruangan, sehingga tidak akan retak atau rusak jika terinjak oleh kaki.

2. Bordes dua tangga

Selanjutnya, jika Anda bermimpi untuk mempunyai hunian klasik bak istana kerajaan, maka bordes dua tangga bisa dijadikan tambahan elemennya.

Hal ini dikarenakan, bordes dua tangga secara khusus agar bisa mengarah ke dua cabang tangga sekaligus, sehingga bisa menghubungkan antara ruangan satu ke yang lainnya.

3. Bordes penyimpanan buku

Apakah Anda termasuk seseorang yang suka membaca dan mengoleksi buku, namun tidak memiliki ruang cukup untuk menyimpannya? Jika iya, Anda bisa menjadikan area bordes tangga sebagai tempat untuk menyimpan buku layaknya perpustakaan mini.

Demi mewujudkannya, Anda bisa menggunakan rak dinding bersekat sebagai pengganti rak buku dan letakkan di area bordes tangga.

4. Bordes tangga galeri foto

Selanjutnya, contoh inspirasi desain bordes adalah dengan menempatkan foto-foto di sepanjang tangga di dalam ruangan.

Namun, Anda tidak bisa menempatkan foto sembarangan di sepanjang tangga. Akan tetapi, pastikan Anda memajang foto dengan gaya dan konsep tertentu agar lebih menarik dan aesthetic.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai apa itu bordes beserta dengan peraturan pembuatan, fungsi, jenis, hingga inspirasi desainnya.

Kesimpulannya, bordes adalah plat datar di antara anak tangga yang berfungsi sebagai ruang transisi pada saat naik atau turun tangga.

Tujuan penggunaan bordes adalah untuk meminimalisir kecelakaan atau risiko jatuh saat sedang melintasi tangga, baik naik maupun turun.

Bagi bangunan dengan lebih dari dua lantai, bordes adalah salah satu aspek atau elemen penting yang berfungsi sebagai tempat untuk beristirahat sejenak saat naik atau turun dari tangga.

Selain bordes, aspek lain yang juga cukup penting dalam bangunan adalah lisplang yang berfungsi untuk menutupi bagian atas bangunan dan sebagai pelengkap struktur atap.

Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan jenis lisplang yang berkualitas untuk melindungi dari cuaca ekstrem. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan produk lisplang dari Adimas berupa Klasikplang.

Hal ini dikarenakan, klasikplang merupakan produk yang terbuat dari bahan berkualitas dan sudah memenuhi standar kelayakan konstruksi, sehingga sudah bisa digunakan sebagai pelengkap struktur atap.

Jika tertarik menggunakannya, maka segera hubungi kami dan konsultasikan semua kebutuhan Anda.

Rekomendasi Artikel Terkait