Simak Cara Perbaikan Atap Bocor yang Tepat

Terakhir Diperbarui: 11 October 2024
Penulis:
Dilihat:
Daftar Isi

Meskipun rumah bisa menjadi mimpi yang indah dengan kenyamanan dan keindahan yang diciptakan, tetapi rumah juga bisa menjadi sebuah mimpi buruk jika terjadinya sebuah kebocoran pada atap.

Pemilik rumah akan merasa kerepotan dengan adanya kebocoran di atap. Mulai dari harus membersihkan kekacauan tersebut hingga pengeluaran untuk biaya perbaikan atap bocor.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara untuk memperbaiki masalah pada atap rumah yang bocor.

Penyebab Kebocoran pada Atap Rumah

gambar atap saat hujan
Perbaikan Atap Bocor (sumber: Pexels.com)

Sering terjadi pada rumah yang baru mereka tinggali mengalami kebocoran. Hal tersebut juga membuat mereka terkejut dan keheranan akan kebocoran tersebut.

Namun, hal tersebut juga termasuk wajar karena konstruksi baru tidak menjamin atap bebas bocor.

Lalu apakah ada faktor yang menyebabkan kebocoran pada atap rumah? Untuk penjelasan lebih lengkap nya, mari kita simak bersama poin-poin di bawah ini.

1. Pemasangan Atap yang Kurang Tepat

Atap yang dipasang tidak tepat dapat menyebabkan merosot dan berbeser, menciptakan celah yang  memungkinkan air hujan masuk, sehingga menyebabkan kebocoran.

2. Keretakan pada Atap

Atap yang sudah berumur tua dapat mengalami perubahan tekstur dan kepadatan, Jika atap mengalami retak, hal tersebut memungkinkan air hujan bisa masuk perlahan yang akhirnya menyebabkan kebocoran.

3. Air Hujan Masuk Melalui Celah

Hujan yang deras dan disertai angin dapat membuat air masuk melalui celah atap, hal tersebut juga menjadi sebuah faktor terjadinya kebocoran.

4. Kotoran yang Menumpuk di Talang Air

Daun dan ranting yang jatuh ke dalam talang dapat membuat aliran air hujan terhambat yang mengakibatkan genangan. Dengan hitungan waktu, genangan air tersebut perlahan bisa meresap ke dalam retakan atap.

Biaya Perbaikan Atap Rumah

Dalam perbaikan atap bocor, terdapat beberapa komponen yang diperlukan. Berikut ini adalah sebuah rincian biaya perbaikan atap rumah.

1. Perbaikan Atap Rumah

Jika kebocoran atap tidak terlalu parah dan perlu mengganti bagian genteng yang sudah retak, berikut adalah bahan untuk perbaikan atap bocor dengan masalah tersebut dan rincian harganya.

  • Perbaikan kebocoran genteng, perapihan posisi genteng/mengganti genteng retak/pecah: Rp 100.000/m2 (belum termasuk biaya genteng).
  • Perbaikan talang seng yang bocor, termasuk proses bongkar-pasang: Rp 250.000/m.
  • Perbaikan nok/karpusan yang mengalami rembesan, serat, dan aquaproof: Rp 150.000/m.
  • Perbaikan ban-banan genteng yang retak, serat, dan aquaproof: Rp 125.000/m.
  • Perbaikan atap dak beton dengan pemasangan membran bakar: Rp 225.000/m2.

2. Perbaikan Plafon Rumah

Jika atap rumah Anda berupa plafon berikut adalah bahan untuk perbaikan atap bocor berdasarkan jenisnya dan rincian harganya.

  • Perbaikan plafon gypsum, bongkar-pasang gypsum baru: Rp 200.000/m2.
  • Pengecatan interior plafon gypsum yang terkena bocoran: Rp 45.000/m2.

3. Perbaikan Dinding Rumah

Jika atap rumah Anda berupa dinding dan mengalami kebocoran berikut adalah bahan untuk perbaikan atap bocor dan beberapa rincian harganya.

  • Perbaikan dinding luar retak rambut, dinding rembes air, dengan waterproofing aquaproof: Rp 85.000/m2.
  • Pengecatan interior dinding dalam kamar, dengan cat catylac putih: Rp 45.000/m2.

4. Perbaikan Instalasi Listrik

Jika terjadinya kebocoran atap, dapat memungkinkan juga kerusakan pada instalasi listrik. Oleh karena itu berikut beberapa rincian perbaikan instalasi listrik.

  • Penambahan instalasi titik lampu (belum termasuk lampu/TL neon): Rp 250.000/titik.
  • Penambahan instalasi stop kontak dengan kabel 3×2,5 m: Rp 275.000/titik.
  • Penambahan stop kontak (AC, water heater, pompa jet pump): Rp 300.000/titik.
  • Pemasangan kembali lampu plafon: Rp 100.000/lampu.

5. Perbaikan Instalasi Pipa Air

Salah satu penyebab terjadinya kebocoran adalah kotoran yang menyumbat pada pipa yang menjadi jalan keluarnya air. Penyumbatan tersebut juga memungkinkan pipa yang digunakan mengalami kerusakan, berikut ini adalah cara mengatasi masalah tersebut serta biaya yang harus dikeluarkan.

  • Penggalian dinding jika terjadi kebocoran pipa dalam dinding: Rp 250.000/m (sudah termasuk tambal plester/aci, belum termasuk pengecatan).
  • Tambal pipa bocor: Rp 250.000/titik.

Cara Mengatasi Atap yang Bocor

Agar tidak terjadinya kejadian yang sama, perlunya sebuah perawatan pada atap rumah kita guna meminimalisir masalah tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi terjadinya atap yang bocor

1. Membersihkan Kotoran/Sampah

gambar sampah berupa kertas dan kaleng
Perbaikan Atap Bocor (sumber: Pexels.com)

Debu, daun, ranting, dan berbagai kotoran lainnya di sekitar atap dapat menyumbat saluran air dan menyebabkan kebocoran. Anda sebaiknya melakukan pembersihan ini sebagai langkah pertama.

Setelah semuanya bersih, periksa kembali untuk melihat apakah ada kerusakan pada atap atau kualitas waterproofing yang mungkin sudah berkurang.

2. Menambahkan Lapisan Waterproofing

Jika setelah membersihkan atap dan melakukan pemeriksaan masih terdapat kebocoran, langkah selanjutnya adalah memberikan lapisan waterproofing di area yang mengalami keretakan atau kebocoran. Pilihlah cairan anti bocor yang sesuai dengan jenis atap Anda dan memiliki tingkat ketahanan yang tinggi.

3. Memperbaiki Keretakan dengan Sealant

Sebagai alternatif waterproofing, Anda juga dapat menggunakan sealant untuk memperbaiki keretakan pada atap. Oleskan sealant pada bagian yang retak, pastikan penerapannya tidak meninggalkan celah. Jika diperlukan, ulangi aplikasi tersebut.

4. Memasang Roof Flashing

Roof flashing adalah lembaran metal yang dipasangkan di ceruk atap atau di sudut pertemuan bidang atap. Fungsinya adalah untuk mengalirkan air hujan ke talang atau jalur pembuangan, sehingga air tidak menggenang atau masuk di bawah genteng, yang dapat menimbulkan rembesan.

5. Mengganti dengan Atap Baru

Jika semua upaya perbaikan sudah dilaksanakan namun kebocoran tetap terjadi, mungkin saatnya mempertimbangkan untuk mengganti atap rumah Anda dengan yang baru.

Jenis Genteng Tahan Bocor

Di antara banyak pilihan material genteng, berikut adalah beberapa jenis-jenis genteng yang dikenal tahan bocor dan banyak diminati:

  • Genteng Tanah Liat: Sangat populer di Indonesia.
  • Genteng Metal: Terbuat dari bahan logam.
  • Genteng Keramik: Memiliki ketahanan terhadap kebocoran.
  • Genteng Aspal: Dikenal juga memiliki daya tahan terhadap kebocoran.

Selain jenis yang sudah disebutkan sebelumnya, kami juga memiliki material yang memiliki ketahanan yang lama dan juga kokoh yang pastinya tidak kalah kualitasnya, yaitu asbes gelombang kecil dan nok.

Selain itu, kami juga menyediakan material yang sama-sama kokoh dan tahan dengan air maupun api, yaitu asbes rata.

Rekomendasi Artikel Terkait