Mengenal Apa itu Nok Asbes, 3 Jenisnya, Ukuran, dan Harga

Published: 26 May 2023
Author:
Daftar Isi

Nok asbes atau penutup atap adalah material yang umumnya dimanfaatkan dalam berbagai konstruksi atap pada bangunan. Namun, apa sebenarnya nok asbes itu? Nah, pada artikel ini, kami akan memberikan penjelasan yang rini tentang nok asbes, jenis-jenisnya, ukuran yang umum digunakan, dan juga informasi seputar harga yang mungkin akan Anda temui di pasaran.

Apa itu Nok Asbes?

Penutup atap atau Nok asbes adalah salah satu jenis material yang digunakan dalam konstruksi atap bangunan. Penutup atap biasanya digunakan untuk melindungi sambungan antara dua lembar atap yang berdekatan, terutama pada atap bergelombang seperti atap logam atau atap genteng.

Asbes adalah bahan alami yang terbuat dari serat mineral. Serat asbes memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik terhadap panas, api, dan bahan kimia. Pada masa lampau, asbes sering digunakan dalam berbagai aplikasi konstruksi dan industri karena sifatnya yang tahan terhadap panas dan kekuatannya yang tinggi.

Penutup atap asbes terbuat dari serat asbes yang dikompresi menjadi bentuk strip atau lembaran panjang. Bentuknya yang khusus dirancang untuk memungkinkan penutupan dan perlindungan pada sambungan antara dua lembar atap. Penutup atap asbes ini biasanya dipasang pada puncak atap atau pada sambungan atap yang membentuk sudut, seperti sambungan atap bergelombang.

Keunggulan dari penutup atap asbes adalah ketahanannya terhadap cuaca dan lingkungan yang keras. Penutup atap asbes dapat melindungi atap dari kebocoran air hujan, debu, dan serangga. Selain itu, penutup atap asbes juga tahan terhadap panas dan api, sehingga memberikan perlindungan tambahan bagi bangunan.

Baca Juga: Cara Pasang Asbes Pada Atap & 3 Tips Agar Tidak Panas

Jenis-jenis Nok Asbes

Dalam industri konstruksi, terdapat berbagai jenis nok asbes.

Kami juga menyediakan adalah beberapa gambaran dari penutup atap asbes ini. Gambar nok asbes dapat menjadi referensi visual yang berguna untuk memahami penampilan dan bentuk penutup atap asbes yang berbeda.

Dengan melihat gambar nok asbes sesuai jenisnya, Anda dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai tampilan dan desain penutup atap asbes yang mungkin ingin Anda gunakan pada proyek konstruksi atau renovasi bangunan Anda.

Simak jenis-jenis nok asbes beserta gambarnya pada penjelasan di bawah ini:

1. Nok Asbes Gelombang Kecil

Gambar nok asbes gelombang kecil milik asbes adimas
(Photo: asbesadimas.com)

Penutup atap asbes gelombang kecil dirancang khusus untuk digunakan pada atap bergelombang dengan gelombang yang lebih kecil. Jenis penutup atap asbes ini memiliki bentuk yang sesuai dengan gelombang atap bergelombang kecil, seperti atap logam bergelombang kecil atau atap genteng bergelombang kecil. Penutup atap asbes gelombang kecil biasanya terbuat dari material asbes yang dikompresi.

2. Nok Asbes Gelombang Besar

Gambar nok asbes gelombang besar milik asbes adimas
(Photo: asbesadimas.com)

Penutup atap asbes gelombang besar, seperti namanya, cocok untuk atap bergelombang dengan gelombang yang lebih besar. Umumnya, jenis penutup atap asbes ini digunakan pada atap bergelombang dengan ukuran gelombang yang lebih besar, seperti atap logam bergelombang besar atau atap genteng bergelombang besar. Penutup atap asbes gelombang besar juga terbuat dari material asbes yang dikompresi.

Baca Juga: Mengenal Pondasi Tapak, Jenis, Fungsi, Hingga Ukurannya

Ukuran Nok Asbes

Ukuran nok asbes dapat bervariasi tergantung pada desain atap dan jenis atap yang digunakan. Penutup atap asbes biasanya tersedia dalam bentuk strip atau lembaran panjang yang dapat disesuaikan dengan panjang dan lebar atap yang akan digunakan.

Pertama-tama, penting untuk memahami bahwa penutup atap asbes dirancang untuk melindungi sambungan antara dua lembar atap. Penutup atap asbes biasanya dipasang pada puncak atap atau pada sambungan atap yang membentuk sudut, seperti sambungan atap bergelombang. Tujuan utama penutup atap asbes adalah untuk mencegah air hujan, debu, dan serangga masuk melalui sambungan antara dua lembar atap.

Dalam hal dimensi, ukuran nok asbes dapat bervariasi dalam panjang dan lebar. Panjang penutup atap asbesbiasanya disesuaikan dengan panjang sambungan atap yang akan dilindungi. Penutup atap asbes bisa memiliki panjang mulai dari beberapa meter hingga beberapa puluh meter tergantung pada kebutuhan atap. Sementara itu, lebar penutup atap asbes biasanya cukup lebar untuk menutupi sambungan atap dengan baik dan memberikan perlindungan yang memadai.

Selain itu, ada juga variasi dalam ketebalan penutup atap asbes. Ketebalan penutup atap asbes dapat berpengaruh pada kekuatan dan ketahanannya terhadap cuaca dan lingkungan. Biasanya, penutup atap asbes yang lebih tebal lebih kuat dan lebih tahan lama. Pemilihan ukuran penutup atap asbes yang tepat sangat penting untuk memastikan perlindungan yang baik pada sambungan atap. Anda perlu mempertimbangkan ukuran atap, jenis atap, dan kondisi lingkungan sekitar saat memilih ukuran penutup atap asbes yang sesuai. Berikut adalah kisaran ukuran nok asbes yang dapat menjadi referensi Anda.

UkuranKeterangan
Ukuran Nok Asbes Gelombang Kecil 80Digunakan pada asbes gelombang kecil dengan lebar 80 cm (0.8 meter)
Ukuran Nok Asbes Gelombang Besar 80Digunakan pada asbes gelombang besar dengan lebar 80 cm (0.8 meter)
Ukuran Nok Asbes Gelombang Kecil 105Digunakan pada asbes gelombang kecil dengan lebar 105 cm (1.05 meter)
Ukuran Nok Asbes Gelombang Besar 105Digunakan pada asbes gelombang besar dengan lebar 105 cm (1.05 meter)

Baca Juga: Plat Lantai, Jenis, Ukuran, dan Tips Untuk Memilihnya

Harga Nok Asbes

Untuk daftar harga nok asbes yang umumnya berlaku di pasaran seperti, penutup atap asbes gelombang kecil dan penutup atap asbes gelombang besar, Anda dapat mengetahui secara rinci pada laman kontak kami.

Perlu diingat bahwa harga dapat berbeda-beda tergantung pada merek, kualitas, dan lokasi pembelian. Selain itu, faktor-faktor seperti wilayah geografis, ketersediaan pasokan, dan fluktuasi pasar juga dapat mempengaruhi harga nok asbes.

Sebelum melakukan pembelian, disarankan untuk melakukan riset lebih lanjut dan membandingkan harga dari beberapa toko bangunan atau pemasok material konstruksi terpercaya di sekitar Anda. Pastikan juga untuk mempertimbangkan kualitas produk agar Anda mendapatkan penutup atap asbes yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi proyek konstruksi Anda.

Selalu ingatlah bahwa harga yang lebih tinggi tidak selalu menjamin kualitas yang lebih baik, dan sebaliknya, harga yang lebih rendah tidak selalu menunjukkan kualitas yang buruk. Penting untuk melakukan pemilihan dengan bijak dan mempertimbangkan aspek keamanan, keandalan, dan kualitas produk yang Anda beli.

Berikut adalah informasi yang dapat kami berikan terkait nok asbes mulai dari pengertian, jenis, gambar, ukuran, hingga harganya.

Setelah mengetahui informasi tersebut, Anda dapat menggunakan asbes gelombang kecil dari Adimas untuk melengkapi atap impian Anda, karena memiliki umur pemakaian yang lama karena tahan terhadap cuaca ekstrem.

Rekomendasi Artikel Terkait