Kuda Kuda Baja Ringan: Kelebihan & Cara Menghitungnya

Published: 1 March 2024
Author:
Daftar Isi

Sebuah bangunan, kuda kuda baja ringan menjadi struktur dengan peranan yang cukup penting dan vital, sehingga tidak boleh disepelekan.

Apalagi, konstruksi kuda-kuda baja ringan pada atap yang berfungsi untuk menopang beban atap sekaligus memberikan bentuk pada atap bangunan.

Terlebih lagi, atap menjadi salah satu struktur bangunan yang sangat penting karena mempunyai peran untuk melindungi bangunan di bawahnya.

Tentu, pemasangan atap ini harus dilakukan dengan baik supaya konstruksinya menjadi kuat, awet, dan kokoh. Terlebih lagi, jika menggunakan bahan baja ringan yang lebih kuat dan tahan terhadap karat.

Bahkan, bahan atau material tersebut juga memiliki keunggulan lain dari pada kayu untuk membuat rangka atap yang kokoh.

Lantas, apa sebenarnya kuda kuda baja ringan ini? Berikut pembahasan lengkap mengenai pengertian, kelebihan, dan cara menghitungnya!

Apa itu Kuda Kuda Baja Ringan?

Perlu Anda pahami, kuda kuda baja ringan adalah salah satu elemen struktural yang digunakan dalam konstruksi atap bangunan. 

Struktur ini berperan sebagai rangka yang berfungsi untuk menopang beban atap, seperti genteng, bahan penutup atap, dan lainnya.

Secara sederhana, supaya atap bangunan bisa berdiri dengan tegak dengan bentuk sesuai desain, maka dibutuhkan struktur rangka kuat yang biasa disebut dengan kuda-kuda.

Sementara itu, baja ringan berarti material atau bahan yang digunakan untuk membuat struktur rangka atau kuda-kuda tersebut. 

Berikut contoh kuda kuda baja ringan:

Penggunaan kuda kuda baja ringan pada atap
Contoh pengunaan kuda kuda baja ringan (Sumber: Freepik.com)

Ukuran ketebalan detail kuda kuda baja ringan yang digunakan pun bervariasi, mulai dari 0,75 mm – 1 mm. Kuda-kuda ini nanti akan dipasangkan di atas tumpuan struktur yang sudah dibuat sebelumnya.

Sementara itu, untuk panjang kuda kuda baja ringan bisa disesuaikan dengan luas atap bangunan. Biasanya, ukuran 6 – 8 m lebih cocok untuk bangunan konstruksi kecil dan 8 – 10 m untuk bangunan besar.

Kuda kuda pada atap bangunan sendiri bisa berasal dari beberapa material, salah satunya kayu. Namun, semakin berkembangnya zaman, kehadiran baja ringan menjadi pilihan utama saat ini karena menawarkan berbagai keunggulan.

Kelebihan Kuda Kuda Baja Ringan

Menjadi material yang populer saat ini, kuda kuda baja ringan mempunyai beberapa kelebihan dari pada bahan lainnya. Salah satunya adalah bobotnya yang ringan dan tidak mengurangi kepadatannya yang tinggi.

Tidak hanya itu saja, masih terdapat beberapa kelebihan lain yang perlu Anda ketahui. Berikut ini kelebihan kuda kuda baja ringan pada atap bangunan:

1. Lebih awet dan homogen

Kelebihan utama dari material baja ringan adalah lebih awet dan mempunyai tingkat keseragaman yang tinggi.

Sebab, material ini mempunyai sifat homogen yang bisa memastikan bahwa setiap bagian struktur rangka mempunyai daya tahan yang sama.

Kemudian, baja ringan juga memiliki sifat yang lebih tahan terhadap korosi, sehingga penggunaannya bisa dalam jangka panjang.

2. Pemasangan cepat dan efisien

Meskipun dari baja, proses pemasangan atau penyambungannya cukup mudah, sehingga tidak memerlukan waktu yang lama.

Kondisi tersebut karena menggunakan metode penyambungan dengan baut atau las. Tentu, pekerjaannya menjadi lebih cepat selesai dengan biaya yang lebih rendah.

3. Lebih ringan

Sama seperti namanya, material ini memiliki berat yang lebih ringan dari pada jenis baja lainnya. Hal ini memudahkan proses pemasangan pada bangunan karena tidak terlalu berat.

4. Kekuatan tinggi

Meskipun beratnya ringan, tetapi material baja ringan mempunyai kekuatan yang tinggi serta mampu menopang beban atap dengan baik.

Umumnya, kuda-kuda baja ringan mempunyai kekuatan tarik dan tekan yang tinggi, sehingga akan memberikan keamanan dan stabilitas pada struktur bangunan.

Cara Menghitung Kuda Kuda Baja Ringan

Stuctur kuda kuda baja ringan pada atap
Structur kuda kuda baja ringan (Sumber: Freepik.com)

Proses pemasangan struktur rangka pada bangunan, harus dilakukan perhitungan terlebih dahulu supaya sesuai dengan desain dan tidak terdapat kesalahan.

Cara menghitung kuda kuda baja ringan harus menggunakan kalkulator ilmiah karena memakai konsep trigonometri, sehingga perlu ketelitian dalam menghitungnya.

Selain itu, Anda juga memerlukan alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui panjang dan lebar dari atap bangunan, sehingga bisa disesuaikan dengan struktur rangkanya.

Terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan pada perhitungan rumus kuda kuda baja ringan, yakni ketinggian atap, kemiringan atap, dan overstek. 

Berikut cara menghitung kuda kuda baja ringan yang perlu Anda pahami:

1. Ketinggian atap

Pertama, Anda perlu menghitung ketinggian atapnya terlebih dahulu. Tujuannya, untuk menentukan jenis penutup atap yang akan digunakan nantinya.

Sebab, jenis penutup atap mempunyai batasan sudut minimal yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu menyesuaikan dengan ketinggian atap pada konstruksi bangunannya.

Rumus perhitungan ketinggian atap rumah adalah, sebagai berikut:

½ x lebar bangunan atap x tangen a (kemiringan sudut atap)

2. Kemiringan atap

Setelah mengetahui ketinggian atap pada bangunan, Anda juga perlu menghitung kemiringan atapnya. Hal ini bertujuan supaya struktur rangka bisa menyesuaikan dengan kemiringan atap bangunan.

Berikut rumus perhitungan kemiringan atap:

½ x lebar bangunan atap : cosinus a (kemiringan sudut atap)

3. Overstek

Overstek sendiri biasa disebut dengan topi-topi pada bagian sisi atap yang berfungsi untuk meminimalisir paparan sinar matahari dan air hujan yang mungkin bisa masuk.

Berikut rumus perhitungan overstek atap:

Panjang overstek miring : cosinus a (Kemiringan sudut atap)

Keterangan:

Panjang overstek miring adalah jarak horizontal dari dinding luar bangunan ke titik terluar overstek rangka atap.

Ragam Bentuk Kuda Kuda Baja Ringan

Perlu Anda ketahui, jika ingin menggunakan struktur rangka baja ringan, pastikan memilih bentuk yang sesuai kebutuhan. Sebab, rangka ini memiliki beberapa bentuk yang berbeda-beda.

Berikut beberapa bentuk kuda kuda baja ringan:

1. Kuda kuda baja castellated

Pertama, ada kuda kuda baja castellated yang biasa disebut dengan HCO atau Honeycomb. Biasanya, kuda-kuda ini sering digunakan pada bangunan pabrik atau gedung dengan atap pelana.

2. Kuda-kuda cremona siku

Terdapat bentuk kuda-kuda yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan merupakan peninggalan kolonial belanda.

Namanya kuda-kuda cremona siku yang biasa digunakan untuk atap bangunan rumah, kantor, gedung sekolah, dan lainnya.

Bentuk kuda-kuda ini, biasa diaplikasikan pada bangunan yang mempunyai bentuk atap joglo, pelana, dan limasan.

3. Kuda-kuda baja IWF

Sementara itu, untuk bangunan pabrik dan gudang biasa menggunakan kuda-kuda baja IWF. Sebab, bentangan bangunan yang besar membutuhkan bentuk kuda-kuda yang sesuai serta bentuknya pelana.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai kuda-kuda baja ringan yang biasa digunakan pada atap bangunan. Pada dasarnya, kuda-kuda ini merupakan struktur rangka yang cukup penting dalam sebuah bangunan.

Sebab, jika tidak ada struktur rangka tersebut, maka tidak bisa diberikan atap pada bangunan, sehingga bangunan tidak bisa berdiri sebagaimana mestinya.

Jika kuda-kuda sudah terpasang dengan baik, maka selanjutnya melakukan pemasangan atap. Biasanya, di Indonesia menggunakan atap asbes untuk melindungi bangunan karena dipercaya lebih tahan lama.

Apabila Anda ingin menggunakan atap asbes, bisa langsung melakukan pembelian di perusahaan kami, yakni Adimas karena menyediakan berbagai produk asbes yang bisa dipilih.

Kami menyediakan asbes gelombang yang terbuat dari campuran semen serta fiber dengan bentuk lembaran gelombang.

Selain itu, ada juga asbes plafon yang dikenal asbes rata karena berbentuk lembaran dengan permukaan datar.

Jika ingin menggunakan asbes tersebut, silakan hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda secara gratis.

Rekomendasi Artikel Terkait