Batu Andesit: 5 Jenis, Manfaat, Cara Pemasangan dan Harganya

Published: 8 June 2023
Author:
Daftar Isi

Batu Andesit adalah salah satu jenis batu yang menjadi pilihan arsitek karena memiliki ketahanan yang baik.

Selain kuat, batu ini juga memiliki nilai estetika sehingga bisa menambah keindahan suatu bangunan. Nah, pada artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang batu andesit, jenis-jenisnya, manfaat, cara pemasangan dan juga informasi seputar harga batu ini.

batu andesit yang ditemukan di sekitar pegunungan
Gambar Batu Andesit (from Unsplash)

Pengertian Batu Andesit

Andesite rock atau batu andesit adalah salah satu jenis batuan alam yang sering digunakan sebagai material bangunan.

Batu ini digunakan sebagai material bangunan karena jenis batu ini memiliki tingkat kekuatan yang baik juga memiliki nilai estetika yang dapat mempercantik bangunan.

Nama Andesit sendiri diambil dari Pegunungan Andes karena mayoritas batu andes ditemukan di dekat Pegunungan Andes.

Jenis batuan alam ini merupakan batuan vulkanik yang pembentukannya terjadi di atas permukaan tanah. Batu ini terbentuk dari magma dengan suhu antara 900 hingga 1.100 derajat Celcius. Material batu andesit adalah mineral dengan butiran kristal yang halus. 

Terbentuknya butir-butir mineral halus ini disebabkan oleh cepatnya pembentukan andesit dari lava yang mengalir di permukaan bumi.

Setidaknya, ada 5 wilayah di Indonesia yang merupakan penghasil andesite rock terbanyak, meliputi Cirebon, Banjarnegara, Wadas, Bogor, dan Kulon Progo. 

Belakangan ini, batu andesit Wadas menjadi sengketa lantaran beberapa penduduknya menolak penggunaan batuan alam di desa ini untuk dijadikan pondasi bendungan yang akan dibangun oleh Pemerintah Jawa Tengah.

Pemerintah Jawa Tengan memilih batu andesit Wadas karena batu di wilayah ini merupakan jenis yang ketahanannya sangat kuat.

Jenis-jenis Batu Andesit

batu andesit yang digunakan sebagai tatakan teapot
Batu alam andesit untuk tatakan (from Unsplash)

Dilansir dari situs batu alam serpong, andesite rock memiliki beberapa jenis dengan karakteristik dan penggunaan yang berbeda-beda. Adapun berdasarkan proses finishing-nya, beberapa jenis batu andesit adalah sebagai berikut:

1. Batu Andesit Basalto

Andesit Basalto memiiki corak yang menarik dengan kualitas yang baik yang menjadikan batu ini memiliki range harga lebih tinggi daripada batu andesit lainnya. Warna serta corak pada batu andesit basalto memberikan kesan mewah sehingga batu ini lebih banyak dicari oleh masyarakat.

2. Batu Andesit Alur

Motif pada batu andesit saagat bervariasi, begitu juga dengan motif alurnya yang memiliki berbagai corak.

Pemberian motif alur pada andesite rock melalui proses kusus dengan sebuah mesin. Motif alur pada batuan alam ini dapat menikmat kalangan yang tertarik pada interior design.

3. Batu Andesit Acak RTA

Batu alam acak adalah salah satu jenis batu alam yang paling populer. Bentuknya yang acak menciptakan kesan yang lebih alami dari batu ini.

Batu alam jenis ini lebih sering digunakan untuk dinding luar terutama pagar dan dinding pilar, namun batu alam jenis ini tidak menutup kemungkinan untuk diaplikasikan pada dinding bagian dalam bangunan. 

4. Batu Andesit Rata Alam

Beberapa orang lebih memilih konsep natural untuk interior rumah. Andesit rata alam merupakan salah satu pilihan jika menginginkan konsep natural untuk interior design.

Corak semi-rata pada batu ini memberikan kesan natural dan menyatu jika dipakai sebagai interior rumah, terutama interior taman atau halaman rumah.

5. Batu Andesit Rata Mesin

Apabila andesit rata alam memiliki permukaan yang semi-rata, maka rata mesin memiliki permukaan yang datar. Pada batu ini terdapat corak goresan yang menjadi ciri khas dari jenis batu ini. Corak goresan diperoleh dari bekas potogan geraji yang belum dipoles lebih lanjut.

Baca Juga: Pondasi Batu Kali: Pengertian, Ukuran, Fungsi dan Kelebihan

Ciri – Ciri Batu Andesit

Batu andesit adalah jenis batuan beku yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Berwarna abu-abu hingga abu-abu kehijauan. Warna batuan ini bergantung pada komposisi mineralnya.
  • Memiliki tekstur yang krelatif kasar dengan butiran mineral yang biasanya terlihat dengan mata telanjang.
  • Merupakan batuan yang kuat sehingga cocok untuk berbagai penggunaan konstruksi, termasuk pembuatan lantai, dinding, dan pavers.
  • Memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca dan erosi.
  • Mengandung mineral-mineral seperti feldspar, hornblende, piroksen, dan biotit.

Manfaat Batu Andesit

gambar batu andesit di sekitar sungai pegunungan
Gambar andesite rock (from Unsplash)

Dengan kualitas andesite rock yang sudah tidak diragukan lagi tentunya dilatar belakangi oleh segudang maanfaat yang ditawarkan batuan alam ini. Adapun kegunaan batu andesit adalah:

1. Pondasi Bendungan

Mengingat bahwa bendungan memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia, maka material yang digunakan juga tidak boleh asal.

Andesite rock memiliki struktur padat dan rapat sehingga memiliki ketahanan yang baik dan tidak gampang bocor.

Oleh karenanya, batu andesit adalah jenis batuan alam yang dipilih sebagai bahan utama dalam pembuatan bendungan.

2. Pembangunan Lantai

Kesan elegan yang dimiliki oleh andesite rock menarik minat para interior designer. Hal ini karena andesite rock memiliki corak indah dan tahan akan cuaca ekstrim. Oleh karena itu batu ini seringkali dipilih karena memiliki nilai estetika serta kualitas barang yang bagus.

3. Meminimalisir Stress dan Anxiety

Selain untuk bahan konstruksi, andesit juga digunakan sebagai medium pemijatan. Penelitian menunjukkan bahwa batu ini bisa mengurangi stress dengan membantu menurunkan tekanan tubuh. Memijat tubuh menggunakan batu alam andesit selama kurang lebih 10 menit bisa membuat tubuh menjadi rileks.

4. Peralatan Dapur

Beberapa peralatan dapur tradisional menggunakan andesit sebagai material utama. Seperti contoh cobek serta lumpang. Tak heran jika peralatan dapur tersebut sangat awet dan kokoh karena memakai batu yang berkualitas.

5. Interior Bangunan

Motif serta corak andesite rock yang beragam cocok digunakan sebagai interior bangunan untuk menambah nilai keindahan bangunan. Beberapa motif dan corak bisa dipilih sesuai dengan taste serta tema bangunan.

Baca Juga: Desain Interior: Pengertian, Sejarah, Elemen, dan Contohnya

Kelebihan Batu Andesit

Beberapa kelebihan dari batu andesit adalah sebagai berikut:

  • Memiliki tingkat ketahanan yang tinggi sehingga sangat cocok digunakan dalam konstruksi bangunan, lantai, dinding, dan berbagai aplikasi lainnya yang membutuhkan kekuatan dan daya tahan.
  • Memiliki variasi warna dan corak sehingga dapat dijadikan sebagai dekorasi ataupun interior/eksterior yang dapat menambah estetika.
  • Tahan terhadap berbagai jenis cuaca sehingga cocok digunakan sebagai material eksterior.
  • Pemeliharaan yang relatif mudah.

Cara Pemasangan Batu Andesit

Banyak orang menggunakan batu alam ini sebagai lantai rumah, berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memasang andesite rock sebagai lantai rumah:

  1. Pastikan bagian lantai yang akan dipasang andesit bersih terlebih dahulu. Hal ini sangat perlu diperhatikan mengingat untuk memasang jenis batu alam ini pada lantai menggunakan semen basah sebagai perekat.
  2. Siapkan material beserta bahan dan kelengkapan lainnya untuk instalasi batu.
  3. Pasang benang lurus yang sudah disesuaikan dengan tinggi batu secara melintang di lantai.
  4. Untuk menambah tingkat kelengkatan saat pemasangan dengan semen, rendam andesit terlebih dahulu.
  5. Ratakan adukan semen ke bagain lantai yang akan dipasangi batu kemudian pasangkan batu di atas semen yang telah diratakan. Beri ketukan di atas batu alam agar lebih kuat.
  6. Untuk mendapatkan tingkat pengeringan yang sesuai, diperlukan kurang lebih 3 hari. Jangan memakai lantai yang sudah dilapisi batu andesit sebelum benar-benar kering.

Cara pemasangan batu andesit pada dinding dan lantai hampir mirip, yang perlu diperhatikan adalah anda perlu berhati-hati dan teliti saat proses pemasangan.

Harga Batu Andesit

Adapun berdasarkan ukuran dan tebalnya, daftar kisaran harga batu andesit adalah sebagai berikut:

Ukuran (cm)Tebal (cm)Harga /m2
10 x 101,2Rp 150.000
10 x 201,2Rp 150.000
15 x 301,2Rp 170.000
20 x 401,2Rp 175.000
30 x 301,2Rp 180.000
30 x 601,2Rp 190.000

Perlu diingat bahwa harga batu yang kuat dan indah ini berbeda-beda, tergantung dari wilayah, ukuran, jenis, dan motifnya. Hindari membeli batu alam ini secara online dan jangan lupa selalu cek kualitas produk agar terhindar dari produk yang kurang berkualitas. 

Komponen bahan bangunan rumah selain batu alam andesit yang bisa digunakan sebagai interior ruangan serta lantai, anda juga perlu menyiapkan bahan bagunan untuk interior lain seperti atap. Adimas menyediakan asbes gelombang kecil atau asbes rata untuk mewujudkan atap rumah impian anda.

Rekomendasi Artikel Terkait