Rumah Industrial: Definisi, Ciri-Ciri, & Inspirasi Desainnya

Published: 5 April 2024
Author:
Daftar Isi

Sekarang ini, desain rumah sangat diperhatikan oleh masyarakat, terutama pasangan muda-mudi. Sebab, desain yang elegan akan menambah kesan mewah pada bangunan.

Biasanya, mereka menggunakan desain rumah minimalis supaya tampak lebih aesthetic. Namun, sekarang hadir konsep baru yaitu desain rumah industrial yang juga sangat populer.

Sebab, desain tersebut seringkali diterapkan untuk bangunan komersial, seperti restoran maupun cafe modern. Tentu, membayangkan saja sudah sangat cantik dan mewah.

Konsep industrial menghadirkan desain interior yang unik karena menampilkan sisi raw bangunan, tetapi dengan suasana yang nyaman dan menarik dipandang.

Maka dari itu, membutuhkan sebuah keberanian untuk membuat rumah dengan konsep industrial. Apalagi, desain semacam ini akan menghadirkan suasana ala pabrik dengan material ekspos.

Tentu, desain tersebut membuat tampilannya menimbulkan unfinished, sehingga desainnya akan terlihat berbeda dengan yang lainnya.

Lantas, apa itu rumah industrial? Berikut ini kami berikan penjelasan mengenai pengertian, ciri-ciri hingga inspirasi desainnya!

Pengertian Rumah Industrial

Rumah industrial adalah sebuah desain bangunan bergaya yang hadir pada abad ke-19 sampai 20 dan identik dengan desain interior pabrik industri yang mana bangunannya belum di pernis dan terbuka.

Namun, seiring berkembangnya zaman, gaya industrial pada bangunan dikembangkan oleh para arsitektur dengan menerapkan konsep modern, tetapi tetap unik dan simpel.

Desain gaya industrial ini juga melekat dengan rumah minimalis. Sebab, perpaduan warna yang senada serta monoton menjadi konsep paling cocok. Hal inilah yang membuat konsep industrial sering diterapkan untuk cafe, restoran, hingga kantor.

Pada dasarnya, konsep rumah industrial adalah sebuah gaya bangunan yang memberikan elemen industri sebagai inspirasi dalam desain rumah.

Biasanya, model rumah industrial ini mempunyai desain terbuka, minimalis, serta tidak terlalu formal seperti pada umumnya.

Kemudian, material yang digunakan untuk membuat rumah ini adalah bahan-bahan alami, seperti kayu, baja, hingga batu sekalipun.

Selain itu, model industrial juga sering menampilkan elemen yang terlihat seperti ruang produksi maupun gudang, yakni lantai beton dan dinding beton terbuka.

Sementara itu, salah satu keunggulan menerapkan desain rumah industrial adalah biaya pembuatan cenderung lebih murah dari pada hunian pada umumnya.

Selain itu, model rumah industrial juga menawarkan keunggulan lain, yakni lebih ramah lingkungan, sirkulasi udara lancar, hingga mampu menciptakan suasana ruangan nyaman.

Kondisi tersebutlah yang membuat hunian semacam ini menjadi sangat populer dan banyak diterapkan oleh masyarakat, terutama pasangan muda-mudi.

Ciri-Ciri Rumah Industrial

Ruang tamu yang memiliki konsep industrial
Gaya industrial pada ruang tamu (Sumber: Unsplash.com)

Menjadi desain rumah pilihan, gaya industrial ini mempunyai ciri-ciri yang mudah dikenali. Sebab, konsep hunian ini menghadirkan gaya yang berbeda dari pada rumah pada umumnya.

Maka dari itu, berikut ciri-ciri yang perlu Anda ketahui:

1. Bagian depan rumah mudah dikenali

Ciri pertama dari hunian industrial adalah bagian depan rumah yang mudah dikenali. Sebab, bagian dinding bangunan sering menggunakan batu bata ekspos maupun tembok plesteran tanpa di cat.

Pada intinya, konsep industrial ini lebih dikenal dengan menampakkan elemen struktural bangunan, seperti balok dan kolom.

2. Material bangunan kuat

Jika Anda menemukan bangunan dengan menggunakan material kuat, seperti beton, besi, dan baja, kemungkinan itu adalah rumah industrial.

Sebab, tujuan menggunakan material tersebut adalah supaya bertahan lebih lama. Selain itu, banyak juga hunian semacam ini yang memanfaatkan kayu untuk materialnya.

3. Warna cenderung netral

Selanjutnya, palet warna yang mendominasi desain hunian industrial ini adalah warna netral. Misalnya, warna abu-abu, putih, hitam, hingga nuansa coklat pada dinding bangunan.

Sebab, semakin gelap warna yang digunakan pada bangunan, maka kesan industrial akan semakin terlihat dan tampak lebih elegan.

4. Ruang terbuka

Salah satu aspek utama dari rumah gaya industrial adalah ruang terbuka yang mungkin menghindari adanya sekat antar ruangan. Hal ini membuat rumah Anda terlihat lebih luas.

5. Furniture simpel

Terakhir, rumah semacam ini berfokus untuk menggunakan furniture dengan desain yang simpel dan tetap fungsional. Biasanya, material yang digunakan adalah kayu dan besi.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan aksesoris untuk menonjolkan karakteristik industrial dengan menambahkan lampu-lampu gantung berbahan logam.

Contoh Inspirasi Desain Rumah Industrial

Jika ingin menerapkan gaya industrial pada hunian Anda, tetapi bingung bagaimana desain yang bagus dan cocok, maka kami akan memberikan beberapa referensinya.

Berikut ini beberapa contoh inspirasi desain hunian industrial:

1. Desain industrial monokromatik

Pertama, ada desain monokromatik yang menampilkan palet warna netral, seperti hitam, putih, abu-abu, hingga coklat. Desain ini juga menghadirkan dinding baja corten dan panel kayu sebagai elemen alami.

Desain monokromatik ini bisa dijadikan sebagai rumah industrial 2 lantai, sehingga cocok bagi Anda yang memiliki lahan sempit.

2. Desain industrial mixed materials

Rumah Industrial: Definisi, Ciri-Ciri, & Inspirasi Desainnya
Konsep Industrial pada rumah (Sumber: Freepik.com)

Desain mixed materials lebih fokus untuk menampilkan panel gelap. Dalam hal ini, lapisan vertikal mempunyai warna terang dan lapisan horizontal bisa menggunakan kayu, sehingga kesan elegan akan terlihat.

Biasanya, rumah semacam ini menggunakan bahan alami seperti batu dan beton. Kemudian, desain mixed materials lebih cocok digunakan untuk rumah industrial 1 lantai karena areanya yang luas.

3. Desain industrial cozy

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan desain cozy yang identik dengan kesan maskulin, dingin, dan tegas. Hal inilah yang membuat desain cozy sering kali disebut dengan rumah industrial modern karen terlihat sangat mewah.

Sebab, rumah desain cozy ini menggabungkan elemen dari material beton dan kayu yang menambah kesan hangat pada bangunan.

4. Desain industrial farmhouse

Jika Anda ingin desain yang lebih unik, maka farmhouse solusinya. Sebab, bangunan semacam ini memadukan dua gaya, yakni rumah ala peternakan modern dan gaya industrial.

Biasanya, bangunan ini memiliki palet warna yang monokromatik dengan beranda luas. Kemudian, bisa juga ditambahkan beberapa elemen yang menarik dipandang, seperti atap logam, panel pribadi, dan lainnya.

5. Desain industrial lake house

Terakhir, ada desain inspirasi lake house yang terlihat dari sepasang kanopi logam di atas tempat duduk serta kolom kayu modern selaras dengan pintu depan.

Dinding industrial vertikal yang di cat menggunakan warna mountain road semakin menambah kesan mewah dan elegan pada rumah.

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap mengenai apa itu rumah industrial beserta ciri-ciri dan contoh inspirasi desainnya untuk Anda.

Pada intinya, konsep rumah industrial adalah sebuah bangunan yang menambahkan elemen industri sebagai inspirasi desain rumah, sehingga tampak lebih unik dan elegan.

Rumah dengan konsep industrial seperti ini tentunya memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya. Selain tampilan yang aesthetic, biaya pembuatan cenderung lebih murah menjadi alasan banyak orang menggunakan desain ini.

Salah satu elemen penting rumah adalah atap yang berfungsi untuk menahan air supaya tidak masuk ke dalam rumah. Maka dari itu, Anda harus menggunakan jenis atap yang berkualitas, seperti asbes.

Sebab, atap asbes menawarkan kualitas yang premium dengan harga cenderung lebih murah. Apalagi, Adimas sudah menyediakan produk atap asbes yang telah lolos uji kelayakan konstruksi, sehingga aman digunakan.

Jika ingin menggunakannya, silakan hubungi kami untuk membeli produk maupun melakukan konsultasi kebutuhan Anda!

Rekomendasi Artikel Terkait