Plafon Eternit: Kelebihan, Kekurangan, Cara Pemasangan dan Harganya

Published: 21 July 2023
Author:
Daftar Isi

Anda mungkin jarang mendengar istilah plafon eternit. Plafon eternit sendiri merupakan jenis platform yang sering digunkan sebagai material bahan konstruksi karena fungsi dan biayanya yang cukup murah.

Pada artikel berikut ini, kita akan membahas tentang plafon eternit, simak selengkapnya pada artikel berikut!

Pengertian Plafon Eternit

gambar plafon eternit warna putih
Gambar Plafon Eternit (from Freepik)

Plafon eternit adalah jenis konstruksi plafon yang menggunakan lembaran eternit. Dimana eternit sendiri mrupakan bahan bangunan umum yang terbuat dari plester gipsum yang dikompres di antara dua lembar kertas tebal.

Plafon eternit atau yang lebih dikenal dengan plafon drywall atau plafon gipsum banyak digunakan dalam konstruksi interior bangunan juga proyek renovasi.   

Plafon eternit bisa menjadi opsi yang bagus untuk melengkapi interior bangunan. Di sebagian besar rumah dan properti komersial, plafon eternit dipasang untuk menyembunyikan kabel dan saluran. Di sisi lain, mereka juga menambahkan sentuhan estetika yang menarik.

Baca Juga: Seputar Fiber Cement Board: Komposisi, Karakteristik, Fungsi, dan Tips Memilih

Kelebihan Plafon Eternit

Plafon Eternit adalah salah satu bahan konstruksi yang paling sederhana di dunia. Dibuat dengan menempelkan lapisan gipsum plester di antara dua lembar kertas konstruksi tebal. Plafon jenis ini menawarkan berbagai manfaat seperti:

1. Kemudahan Pemasangan

Penggunaan plafon jenis ini bisa mempercepat proses konstruksi bagian dalam bangunan. Lembaran eternit tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, menjadikannya mudah disesuaikan dalam pemasangan interior.

Untuk mempermudah pemasangan, eternit dapat ditempelkan pada rangka kayu dengan menggunakan sekrup atau paku sederhana.

2. Terjangkau

Mayoritas eternit terbuat dari debu gipsum dan beberapa bahan tambahan lainnya. Sebagai batuan sedimen yang umum, gipsum melimpah dan mudah diperoleh, yang berarti produsen dapat memproduksi eternit dengan skala besar.

Seiring dengan kemudahan pemasangannya, hal ini membuat plesteran menjadi salah satu jenis material yang paling sering digunakan dalam membangun rumah.

3. Kualitas yang Unggul

Plafon Eternit dapat dengan mudah dipoles menjadi berbagai macam tekstur karena eternit terkenal karena memiliki tekstur permukaan yang halus yang notabenenya tidak bisa ditemukan pada material modern lainnya.

4. Bersifat Ringan

Eternit merupakan material yang sangat ringan dan dapat dengan mudah diangkut dan dipasang dengan juga cenderung membutuhkan sedikit tenaga kerja.

Hal ini tidak hanya membuat pemasangan dan pengangkutan menjadi lebih mudah namun juga dapat menghemat biaya.

5. Tahan Api

Kebakaran tetap menjadi salah satu ancaman terbesar bagi keselamatan keluarga. Eternit bisa menjadi jawaban atas keresahan Anda karena material satu ini tahan terhadap api. Eternit gipsum bersifat tidak mudah terbakar, dan akan mulai mengelupas atau hancur saat terkena api. 

Kekurangan Plafon Eternit

Setiap material bangunan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan begitu juga dengan plafon eternit. Berikut beberapa kekurangan dari plafon jenis ini:

1. Rapuh dan Cenderung Mudah Pecah

Permukaannya yang halus dan keras menjadikannya sebgai material plafon yang ideal untuk sebagian besar proyek konstruksi. Namun, plester gipsum kurang dalam aspek kekuatan, dan rentan retak dan pecah. 

2. Rentan Terhadap Air

Jenis eternit standar yang digunakan saat membangun rumah sangat rentan terhadap air. Air yang meresap ke dalam plafon eternit akan dengan cepat mengikis dan merusak permukaannya. Dengan demikian, plafon jenis ini tidak cocok digunakan pada daerah yang lembab.

3. Tidak Fleksibel

Mayoritas eternit yang umum digunakan memiliki kekurangan yaitu tidak fleksibel. Eternit memiliki tekstur yang keras sehingga tidak bisa dibentuk ataupun dilenturkan dan juga material bangunan satu ini cenderung mudah patah.

Cara Pemasangan Plafon Eternit

gambar dua pekerja konstruksi sedang memasang plafon sebagai ilustrasi cara pasang plafon eternit
Pekerja Konstruksi sedang Memasang Plafon Eternit (from Freepik)

Melansir dari situs buildingmaterials, berikut beberapa cara pemasangan plafon eternit:

1. Pelapis Plafon yang Sudah Ada

Ada beberapa alasan utama untuk memasang eternit untuk melapisi plafon yang sudah ada. Mungkin sebagai insulasi untuk menambah kehangatan, dan sebagai lapisan kedap suara. Berikut beberapa cara pemasangannya:

  • Langkah pertama, tentukan bagian plafon yang ingin dilapisi plafon gipsum.

  • Jika sudah, mulai proses pemasangan dengan memotong  papan sesuai dengan ukuran plafon yang akan dilapisi.

  • Posisikan sudut papan terlebih dahulu, kemudian pasang semua papan dengan membubuhkan tanda. 

  • Pastikan Anda telah melakukan pemasangan secara pas, setelah itu kencangkan papan menggunakan sekrup eternit.

  • Setelah semua papan terpasang pada tempatnya, Anda bisa mendekorasi plafon sesuai dengan keinginan anda.

  • Setelah Anda berhasil memasang papan, Anda dapat menggunakan selotip untuk finishing plafon.

2. Pelapis Plafon Beton

Plafon gantung pada struktur beton sering kali menggunakan eternit sebagai pengganti kisi-kisi untuk menyembunyikan pipa, saluran, kabel, dan fitur bangunan lainnya, juga untuk menahan lampu langit-langit. Berikut cara pemasangan papan eternit pada plafon beton:

  • Untuk melapisi plafon beton dengan eternit, gunakan reng kayu.

  • Potong reng kayu, kemudian pasang menggunakan sekrup batu yang kuat dan bor listrik untuk memasang reng ke langit-langit beton dengan jarak 400 mm hingga 600 mm.

  • Pasang papan menggunakan sekrup eternit untuk mengunci reng kayu ke langit-langit beton.

3. Plafon Eternit Baru

Plafon gantung pada struktur beton sering kali menggunakan eternit sebagai pengganti kisi-kisi untuk menyembunyikan pipa, saluran, kabel, dan fitur bangunan lainnya, juga untuk menahan lampu langit-langit. Berikut cara pemasangan papan eternit pada plafon beton:

  • Pastikan bahwa struktur kayu untuk plafon sudah terpasng dengan rapi.

  • Potong papan seuai dengan luas struktur kayu yang akan dilapisi papan eternit.

  • Pasang papan menggunakan sekrup. Mulai dari sudut ruangan secara bertahap ke balok langit-langit.

  • Rekatkan sambungan pada plafon yang baru dipasang.

Baca Juga: Apa itu Nok Asbes, 3 Jenisnya, Ukuran, dan Harga

Jenis Desain Plafon Eternit

Berikut beberapa jenis desain plafon eternit:

1. Eternit Untuk Keperluan Industri

Desain bangunan industri ditandai dengan adanya elemen sistem seperti pipa air, pemanas, dan ventilasi di dalam bangunan.

Penggunaan eternit dapat membuat kesan industrial pada bangunan menjadi lebih menonjol. Hal ini dikarena drywall biasanya dibiarkan tanpa lapisan cat sehingga memberikan kesan unfinished.

2. Eternit Melengkung

Untuk membuat bangunan lebih menarik secara visual, langit-langit eternit dapat dibuat berkubah. Model ini cocok jika Anda ingin membagi dua ruangan tetapi tidak ingin membangun sekat.

3. Eternit Multi-Lapisan

Struktur eternit ini biasanya dipasang pada langit-langit berlapis-lapis. Penggunaan desain ini bisa memberikan kesan megah dan mewah. Eternit jenis ini cocok digunakan paa kamar tidur hingga ruang tamu.

4. Eternit dengan Kaca atau Lampu

Eternit ini menggabungkan penggunaan kaca dan cahaya. Lampu LED biasanya digunakan sebagai sumber cahaya. Memasang drywall dapat menambah daya tarik dan menambahkan estetika ruangan.

5. Eternit Plaster Ceiling Gantung

Plaster ceiling gantung mampu menimbulkan kesan unik dan elegan. Plafon jenis ini cocok digunakan pada koridor rumah, karena bisa membuat tampilan ruangan menjadi lebih luas.

Harga Plafon Eternit

Harga plafon eternit sangat beragam dan tergantung pada ukuran dan kualitas serta jumlah yang dibutuhkan. Harga plafon eternit di pasaran dibandrol dengan harga mulai dari Rp30.000/lembar sampai dengan Rp150.000/lembar sesuai dengan jenis dan ukurannya.

Perlu diingat bahwa harga munglin berbeda di setiap wilayah. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa mengecek harga plafon eternit pada e-commerce ataupun website bahan material di sekitar wilayah anda.

Penggunaan papan eternit untuk plafon dapat Anda petimbangkan apabila mengedepankan efisiensi waktu dan biaya. Anda juga perlu menyiapkan bahan bangunan untuk rumah lainnya. Asbes Adimas menyediakan Klasikplang, Solusi Lisplang GRC terbaik dengan kualitas unggul untuk melengkapi kebutuhan rumah Anda. Hubungi kami hari ini!

Rekomendasi Artikel Terkait