Pergola adalah: Definisi, Fungsi, Desain, & Tips Membuatnya

Published: 26 April 2024
Author:
Daftar Isi

Pernahkah Anda mendengar istilah pergola? Mungkin, istilah ini masih cukup asing dan sangat familiar bagi Anda.

Namun, bagi seorang arsitektur, tentunya sudah tidak asing lagi. Sebab, pergola adalah salah satu elemen arsitektur luar ruangan yang mampu memberikan sentuhan elegan.

Selain itu, ada sebutan lain yang menyatakan bahwa pergola adalah konstruksi luar ruangan yang terdiri dari kolom dan berfungsi sebagai penyangga atap.

Kendati demikian, pada intinya pergola adalah sebuah elemen dalam konstruksi bangunan luar yang mempunyai banyak fungsi bagi rumah Anda.

Lebih jelasnya, kami akan memberikan pembahasan lengkap pada artikel kali ini. Berikut penjelasan mengenai apa itu pergola, fungsi, jenis, hingga inspirasi desainnya!

Apa itu Pergola?

Istilah pergola berasal dari bahasa latin, yakni “pergula” yang mana merujuk pada atap yang menonjol. Dalam hal ini, arti dari pergola adalah sebuah konstruksi luar ruangan yang berfungsi sebagai pelindung dari panas matahari.

Konstruksi ini terdiri dari kolom-kolom yang nantinya berfungsi sebagai penyangga atap dan tidak mempunyai lantai serta dirancang seperti gazebo.

Biasanya, pergola digunakan pada desain taman atau ruang luar sebagai elemen dekoratif maupun penghalang sinar matahari.

Kemudian, untuk menghalangi panasnya sinar matahari, konstruksi ini dilapisi dengan bahan penutup, seperti bambu, terpal, dan lainnya.

Bahan penutup tersebut nantinya disusun secara horizontal dan berfungsi untuk menciptakan bayangan yang menarik.

Namun, bahan yang digunakan untuk membuat pergola sendiri berasal dari kayu, pipa logam, fiberglass, vinyl, dan lain sebagainya.

Pada umumnya, pergola dipasang di lokasi luar ruangan, seperti halaman belakang, teras, sekitar kolam renang, atau lainnya supaya menciptakan ruang teduh untuk bersantai.

Sebab, selain diberikan bahan penutup, biasanya pergola juga dilengkapi dengan tanaman merambat yang mengelilinginya.

Dengan begitu, suasananya menjadi lebih sejuk dan hangat serta terlihat menjadi lebih menarik karena terdapat tumbuhan hijau yang menyegarkan mata.

Hal itulah kenapa konstruksi ini juga sering disebut sebagai elemen pendukung di luar ruangan yang mampu memberikan sentuhan elegan dan mewah.

Terdapat beberapa desain pergola dengan ukuran yang bervariasi, sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan di rumah Anda.

Fungsi Pergola

Perlu Anda ketahui, jika konstruksi pergola memiliki beberapa fungsi jika digunakan dalam rumah maupun kantor.

Nah, beberapa fungsi pergola adalah sebagai berikut:

1. Tempat berteduh

Fungsi utama pergola adalah sebagai tempat berteduh karena dilengkapi dengan bahan penutup yang berada di area atau ruangan terbuka.

Dengan konsep rangka kayu yang membentuk bayangan, maka pergula bisa melindungi Anda dari paparan sinar matahari.

2. Estetika dan dekorasi

Selain sebagai tempat berteduh, pergola adalah salah satu elemen dekoratif yang biasanya digunakan untuk mempercantik taman, sehingga nilai estetika akan semakin bertambah.

Apalagi, jika desain yang digunakan unik dan menarik, maka akan semakin membuat area luar ruangan Anda semakin aesthetic dan mewah.

3. Pencahayaan alami

Selanjutnya, fungsi dari pergola adalah menyediakan pencahayaan alami di area luar ruangan rumah Anda.

Sebab, konstruksi ini mengusung konsep terbuka dan didukung dengan balok melintang, maka dapat menghasilkan pola bayangan, tetapi tetap memberikan perlindungan dari terik matahari.

Inspirasi Desain Pergola

Pergola yang berada di taman
Pergola yang memiliki tanaman merambat (Sumber: flickr.com)

Terdapat beberapa inspirasi desain atau contoh pergola yang perlu Anda ketahui dan bisa dijadikan referensi di rumah.

Tentunya, contoh pergola ini mempunyai karakteristik, desain, dan gaya yang unik sesuai kebutuhan pemilik rumah.

Nah, berikut beberapa inspirasi desain pergola yang bisa Anda ketahui:

1. Desain modern minimalis

Pertama, ada desain yang menggunakan balok-balok sederhana dan dipadukan dengan garis bersih. Desain ini biasanya terbuat dari bahan logam yang terlihat minimalis, sehingga cocok diaplikasikan di taman belakang rumah.

2. Desain klasik atau tradisional

Kedua, desain klasik dari pergola juga tidak kalah menarik jika diaplikasikan di era sekarang ini. Sebab, biasanya desain ini mengadopsi elemen arsitektur klasik dengan tiang penyangga balok yang dipahat, sehingga detail ornamen kelihatan.

Desain klasik pada umumnya terbuat dari kayu dan cocok diaplikasikan di teras rumah. Model pergola teras rumah ini juga bisa dilengkapi dengan beberapa elemen dekoratif lainnya supaya semakin menambah nilai aesthetic di rumah.

3. Desain modern rustik

Selanjutnya, ada desain pergola yang menggabungkan unsur modern dan rustik, sehingga akan terlihat semakin elegan dan mewah.

Biasanya, desain seperti ini menggunakan kayu dengan tekstur alami serta kombinasi bahan, seperti logam atau kaca. Tentu, akan menciptakan tampilan yang semakin menarik.

Tips Membuat Pergola di Rumah

Pergola di rumah dengan suasana malam hari.
Pergola di rumah (Sumber: publicdomainpictures.net)

Apakah Anda tertarik untuk menghadirkan desain pergola di rumah? Jika iya, maka simak beberapa tips di bawah ini supaya tidak salah dalam pembuatannya.

1. Menentukan desain atap

Langkah pertama dalam membuat pergola adalah menentukan desain atap karena akan mempengaruhi penempatan tanaman rambat yang nanti Anda gunakan.

Anda bisa memilih berbagai jenis desain sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan. Terlebih lagi, desainnya sekarang sudah sangat bervariasi.

Namun, saat menempatkan tanaman rambat hindari pada atap jenis UV roof karena akan menyerap panas, sehingga menyebabkan tanaman mati.

2. Tentukan ukuran pergola

Jika sudah menentukan desainnya, maka Anda juga harus menghitung ukuran atau luas area yang akan digunakan untuk pergola.

Biasanya, pergola ini bisa ditempatkan di area belakang rumah, teras rumah, atau lainnya yang bisa dijadikan tempat berteduh atau bersantai dengan keluarga.

3. Gunakan material terbaik

Berikutnya, tips membuat pergola adalah pastikan Anda untuk memilih dan menggunakan material atau bahan yang terbaik ketika membuat pergola.

Sebab, material ini berpengaruh terhadap estetika dan umur pakainya. Anda bisa menggunakan material seperti bambu, kayu, baja, dan lain sebagainya.

4. Tambahkan elemen pendukung

Terakhir, untuk menambah kesan yang aesthetic dan menarik pada pergola, maka Anda bisa menambahkan elemen baru supaya semakin nyaman ketika digunakan.

Selain tanaman rambat, Anda juga bisa menambahkan beberapa elemen pendukung, seperti meja, kursi, dan lainnya.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai apa itu pergola, fungsi, contoh desain, hingga tips membuatnya.

Pada dasarnya, pergola adalah sebuah konstruksi di luar ruangan yang terdiri dari kolom-kolom dan berfungsi sebagai penyangga atap.

Selain itu, pergola sering berdiri sendiri layaknya sebuah gazebo di rumah yang berfungsi sebagai tempat berteduh dan bersantai.

Terlebih lagi, pergola juga dilengkapi dengan beberapa elemen pendukung yang semakin menambah nilai aesthetic dan elegan, sehingga semakin nyaman untuk ditempati.

Jika pergola adalah bagian dari bangunan rumah yang berdiri sendiri serta biasanya menggunakan atap dari kayu maupun logam, maka untuk atap rumah Anda sebaiknya menggunakan asbes gelombang.

Sebab, asbes gelombang ini mempunyai kekuatan dan ketangguhan yang sangat baik, sehingga bisa tahan terhadap air maupun paparan sinar matahari.

Terlebih lagi, asbes gelombang dari Adimas sudah lolos uji kelayakan konstruksi, sehingga sangat aman untuk digunakan pada atap rumah Anda. Bagaimana? Sangat luar biasa, bukan? Tentu, Anda bisa menggunakan asbes tersebut dengan hubungi kami dan konsultasikan setiap kebutuhan rumah atau bangunan secara gratis.

Rekomendasi Artikel Terkait