Balkon Rumah: Definisi, Manfaat, dan Inspirasi Desain

Published: 13 March 2024
Author:
Daftar Isi

Rumah impian tidak hanya dibangun dengan lahan yang luas saja. Melainkan lahan terbatas juga bisa mewujudkannya dengan memberikan balkon rumah minimalis dan mewah.

Balkon adalah teras yang berada di lantai atas rumah maupun apartemen. Teras ini bisa menambah kesan rumah terasa lebih lebar, sehingga cocok bagi mereka yang membangun rumah dengan lahan sempit.

Selain itu, membuat balkon rumah juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai bersama keluarga atau sekedar menghabiskan waktu libur.

Tak hanya itu saja, balkon yang didesain modern juga bisa mempercantik eksterior serta menambah kesan mewah pada rumah.

Tak heran, jika teras rumah di lantai atas ini semakin membuat nyaman penghuninya. Hal inilah kenapa rumah sekarang diberikan balkon.

Lantas, apa itu balkon rumah sebenarnya? Berikut ini kami berikan penjelasan lengkap mengenai definisi, manfaat, hingga inspirasi desainnya untuk Anda.

Apa itu Balkon Rumah?

Secara sederhana, balkon rumah adalah sebuah teras yang terletak di lantai atas dan biasanya berada di bangunan bertingkat.

Teras ini umumnya dilengkapi dengan pembatas pagar serta ukurannya tidak terlalu besar. Biasanya, balkon ini terhubung dengan kamar atau ruangan tertentu.

Balkon rumah sederhana mempunyai berbagai jenis ukuran, bentuk, dan gaya serta berfungsi untuk menambah kesan aesthetic pada bangunan.

Selain itu, fungsi utama balkon adalah untuk menyediakan ruang terbuka di luar ruangan. Kemudian, juga berfungsi untuk memberikan akses pemandangan di sekitar rumah.

Desain balkon sangat bervariasi, mulai yang minimalis dengan teras kayu serta balkon rumah mewah menggunakan kaca transparan.

Manfaat Balkon Rumah

Rumah dengan balkon yang menghadap kelautan luas
Balkon rumah tepi laut (Sumber : Pexels.com)

Selain menambah nilai estetika pada eksterior rumah, balkon mempunyai beberapa manfaat lain yang perlu Anda ketahui. Beragam manfaat ini dijamin semakin membuat Anda yakin untuk menambahkan balkon di rumah.

Berikut beberapa manfaat balkon rumah:

1. Memberikan kesan mewah pada rumah

Desain dan bentuk yang unik pada balkon, akan semakin menambah kesan mewah pada rumah Anda. Apalagi, balkon rumah minimalis yang Anda gunakan membuat tampilan bangunan tampak lebih elegan.

Sebagai contoh, Anda membuat balkon dari besi yang dipadukan dengan kawat maupun kaca bening, maka perpaduan ini semakin menciptakan kesan lebih mewah.

2. Tempat bersantai

Umumnya, balkon akan didesain lebih menarik karena bisa bermanfaat untuk tempat bersantai bersama keluarga tercinta. 

Balkon rumah yang sudah dilengkapi dengan sofa cantik dan tanaman hias, semakin menambah suasana hangat bersama keluarga. Apalagi, bersantai di kala sore hari sambil menikmati pemandangan sekitar hingga terbenamnya matahari.

3. Maksimalkan masuknya sinar matahari

Perlu Anda ketahui, biasanya teras rumah dibuat dengan ukuran yang lebih besar. Tujuannya supaya bisa memaksimalkan cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan.

Kondisi tersebut membuat sirkulasi udara di dalam ruangan akan terjaga dengan baik, sehingga tidak membuat rumah menjadi lembab.

4. Membuat ruangan lebih luas

Jika Anda mempunyai luas rumah yang tidak terlalu besar, maka balkon bisa menjadi solusinya. Sebab, balkon rumah minimalis bisa memperluas ruangan dengan menempatkan di samping ruang lantai atas.

Sebagai contoh, Anda bisa memperluas kamar di lantai atas dengan menempatkan balkon tepat di sisi kamar. Tentunya, kamar Anda akan tampak lebih luas dan cocok sebagai tempat untuk bersantai.

5. Desain rumah menjadi lebih baik

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika membangun rumah adalah desain interior dan eksteriornya. Maka dari itu, Anda bisa membuat desain rumah menjadi lebih baik dengan mempercantik eksteriornya.

Kondisi tersebut bisa Anda lakukan dengan cara menambahkan balkon rumah sederhana di lantai atas. Tentu, desain bangunan Anda akan semakin terlihat lebih berkelas dan megah.

Inspirasi Desain Balkon Rumah

Terdapat 2 kursi pada balkon rumah yang berada di tepi laut
Inspirasi balkon untuk rumah tepi laut (Sumber: Freepik.com)

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, kini saatnya masuk ke inspirasi balkon rumah minimalis untuk menambah rasa nyaman berada di rumah.

Yuk, ketahui beberapa desain inspirasi balkon rumah mewah berikut ini:

1. Letakkan sofa dengan satu warna dominan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat desain balkon minimalis adalah dengan meletakkan sofa satu warna dominan. Tujuannya untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga.

Tidak perlu berlebihan menempatkan sofa atau tempat duduk lainnya di dalam balkon. Sebab, akan membuat balkon menjadi kurang menarik dan desainnya terlalu berat.

2. Tambahkan ayunan

Selain bersantai menggunakan sofa atau tempat duduk lainnya, Anda bisa menambahkan ayunan supaya semakin betah di balkon.

Ayunan ini juga berfungsi untuk mempercantik balkon dan ditambah dengan furniture rumah yang minimalis, dijamin sama seperti apartemen mewah.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan rumput sintetis pada lantai balkon supaya terlihat semakin asri dan alami.

3. Coffee table

Jika ingin membuat balkon semakin nyaman untuk tempat bersantai, menambahkan coffee table merupakan solusi terbaiknya. Apalagi, bahan yang digunakan berupa kayu dengan furniture yang elegan.

Selain tempat bersantai, balkon rumah semacam ini juga cocok dijadikan tempat kerja maupun berdiskusi bersama rekan kerja maupun keluarga.

4. Balkon bertema Japandi

Pernah kepikiran untuk membuat balkon dengan tema Japandi? Japandi sendiri merupakan perpaduan konsep desain dari dua negara, yakni Japan dan Skandinavia.

Inspirasi desain ini akan membuat tampilan lebih bersih dan modern, sehingga nuansa nyaman dan hangat akan terpancar dari balkon rumah ini.

Anda bisa melakukan pengecatan pada dinding balkon dengan warna putih. Kemudian, tambahkan tempat duduk yang terbuat dari bahan alami, seperti rotan maupun kayu.

Tentu, ini akan semakin menambah kesan natural. Apalagi, jika Anda menambahkan tanaman hias di salah satu sisi balkon, dijamin semakin cantik dan mewah.

5. Sofa letter L

Jika Anda ingin membuat balkon rumah supaya bisa menampung banyak orang, maka desain dengan sofa letter L bisa menjadi solusinya.

Kemudian, Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias berukuran kecil di sekitar balkon atau sebelah sofa untuk menambah kesan natural dan alami.

Kendati demikian, jika menggunakan desain ini, Anda harus pandai-pandai dalam menata sofa, meja, atau yang lainnya supaya tidak terlihat sesak dan padat.

Maka dari itu, pastikan Anda benar-benar menata balkon rumah sederhana ini dengan baik supaya tidak terkesan sesak.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai balkon rumah minimalis beserta manfaat dan inspirasi desainnya untuk Anda.

Pada intinya, balkon rumah adalah teras yang terletak di lantai atas dan dijadikan sebagai tempat untuk bersantai maupun berkumpul bersama keluarga.

Sebenarnya, balkon bukanlah elemen wajib yang harus ada di setiap rumah. Hanya saja, balkon berfungsi untuk menambah nilai estetika pada bangunan.

Kendati demikian, ada satu elemen yang penting dan wajib ada pada sebuah bangunan adalah lisplang. Lisplang sendiri merupakan elemen yang mempunyai fungsi untuk menutupi bagian atas bangunan supaya terlihat rapi dari bawah.

Maka dari itu, jika Anda ingin membangun rumah, pastikan memilih jenis lisplang yang berkualitas serta tahan terhadap air maupun api.

Oleh karena itu, Anda bisa mempercayakan kualitas Lisplang GRC dari Adimas karena kualitasnya sudah memenuhi standar kelayakan konstruksi.

Jika tertarik menggunakannya, silakan hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan konstruksi rumah Anda secara gratis!

Rekomendasi Artikel Terkait